Ibu Hamil Makan Pedas, Apakah Boleh?

ibu hamil makan pedas, diary bunda

Ibu hamil makan pedas masih sering dipertanyakan keamanannya. Soalnya, ada anggapan bahwa makan pedas saat hamil bisa melukai janin dan membuat kepala bayi botak saat dilahirkan. Apakah benar begitu? Yuk, ketahui dalam artikel ini apakah boleh ibu hamil makan pedas.

Makanan pedas dikenal sebagai makanan yang bisa memberikan sensasi panas dan perih di dalam mulut. Sensasi pedas ini berasal dari zat capsaicin yang banyak ditemukan pada aneka makanan pedas, seperti cabai, jahe, paprika, atau lada.

Nah, saat hamil tak jarang para ibu ngidam makanan pedas. Meski bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, makanan pedas justru bisa meningkatkan nafsu makan pada sebagian ibu hamil. Namun, bolehkah ibu hamil makan pedas?

Ibu Hamil Boleh Makan Pedas

Saat hamil, wajar saja bila Bunda merasa ngidam atau ingin makan sesuatu, termasuk makan makanan pedas. Namun, Bunda perlu ingat bahwa apa pun yang Bunda konsumsi akan memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karena itu, Bunda perlu selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Nah, apakah makanan pedas termasuk yang harus Bunda hindari? Jawabannya tidak. Ibu hamil masih boleh mengonsumsi makanan pedas, kok. Soalnya, makanan pedas tidak akan membahayakan janin atau membuat bayi botak ketika lahir.

Bahkan, ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa makanan pedas justru bisa memberikan manfaat bagi janin. Misalnya, janin menjadi bisa mengenali rasa pedas, karena rasanya mengalir ke plasenta.

Efek Samping Ibu Hamil Makan Pedas

Meski diketahui aman bagi janin, makanan pedas bisa menimbulkan beberapa efek samping pada ibu hamil, lho. Apalagi, bila ibu hamil memiliki penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Soalnya, efek samping makan pedas kebanyakan muncul di organ-organ dalam saluran pencernaan.

Ada beberapa efek samping yang bisa muncul apabila ibu hamil makan pedas, yaitu:

Selain beberapa efek samping di atas, ibu hamil makan pedas juga bisa memperburuk gejala morning sickness saat trimester pertama. Meski ada anggapan bahwa makan pedas saat hamil sudah cukup bulan bisa merangsang persalinan, belum ada penelitian yang secara khusus menjelaskan hal tersebut.

Jadi, apabila ingin persalinan yang lancar, Bunda bisa mencoba berolahraga ringan, seperti jalan santai, untuk merangsang rahim berkontraksi. Berhubungan seksual juga bisa Bunda lakukan dengan suami agar rahim bisa berkontraksi.

Nah, setelah mendapatkan informasi tentang ibu hamil makan pedas, kini Bunda sudah tidak perlu khawatir apabila ingin makan pedas, ya. Namun, sebaiknya tetap kurangi tingkat kepedasan yang biasa Bunda makan, karena bisa saja membuat Bunda sakit perut saat hamil.

Apabila setelah makan pedas Bunda merasakan keluhan yang parah dan tidak membaik, langsung periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, dokter akan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai kondisi Bunda.

Sumber:

Cleveland Clinic (2021). Health Essentials. Is Spicy Food Good for You?

Baby Center (2021). Spicy Food During Pregnancy.

Healthline (2020). Can You Eat Spicy Food While Pregnant?

Parents (2023). Is It Safe to Eat Spicy Food While Pregnant?

Verywell Family (2021). Can I Eat Spicy Foods While Pregnant?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *