5 Sunscreen untuk Ibu Hamil yang Aman dan Efektif Cegah Sinar UV

sunscreen untuk ibu hamil, diary bunda

Sunscreen untuk ibu hamil harus mengandung bahan-bahan yang aman. Soalnya, ada berbagai sunscreen yang kandungannya mungkin kurang cocok dengan kulit Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu apa saja sunscreen yang tidak hanya ampuh untuk mencegah sinar UV, tetapi juga aman dan cocok digunakan oleh ibu hamil.

Sunscreen merupakan salah satu perawatan wajah yang sangat penting digunakan oleh setiap orang, termasuk ibu hamil. Ini karena sunscreen bisa melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan berbagai kerusakan kulit, mulai dari flek hitam, keriput, hingga kanker kulit.

Rekomendasi Sunscreen untuk Ibu Hamil yang Bagus

Untuk memilih sunscreen yang aman dan bagus, Bunda harus tahu kandungan sunscreen yang perlu dihindari. Kandungan tersebut biasanya terdapat di chemical sunscreen, yaitu sunscreen yang bekerja dengan menyerap sinar UV ke kulit. Beberapa bahannya adalah oxybenzone, avobenzone, octinoxate,dan octocrylene.

Biasanya, ibu hamil akan disarankan untuk menggunakan mineral atau physical sunscreen, karena kandungannya terbukti aman dan efektif dalam mencegah sinar UV. Kandungan yang terdapat pada physical sunscreen umumnya adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Selain beberapa kandungan tersebut, sunscreen untuk ibu hamil biasanya disarankan tidak mengandung parfum atau pewangi. Nah, inilah beberapa rekomendasi sunscreen untuk ibu hamil yang bisa Bunda pilih:

1. Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer merupakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF 20++ yang juga bisa dijadikan sebagai pelembap. Sunscreen ini tergolong mineral sunscreen, sehingga aman untuk ibu hamil.

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer juga mengandung ekstrak beras dan hyaluronic acid yang membuat kulit lebih lembap, tidak kering, dan bercahaya. Untuk menggunakan sunscreen untuk ibu hamil ini, Bunda bisa mengoleskannya ke seluruh wajah pada siang hari atau setiap akan keluar rumah.

2. Expert Care Physical Sunscreen

Apabila Bunda mencari sunscreen yang memiliki perlindungan ekstra, Expert Care Physical Sunscreen bisa menjadi pilihan. Soalnya, sunscreen untuk ibu hamil ini memiliki SPF 50+ PA++ dengan kandungan yang bisa mencerahkan serta melembapkan kulit, yaitu niacinamide, sodium hyaluronate, colloidal oatmeal, dan ceramides.

Karena tidak mengandung bahan yang bisa membahayakan janin dan kehamilan, seperti paraben dan alkohol, Expert Care Physical Sunscreen sangat aman digunakan ibu hamil, nih. Bahkan, sunscreen untuk ibu hamil ini juga cocok untuk bayi.

3. Trueve True Barrier Mineral Sunscreen

Dengan kandungan UV filter yang terdiri dari zinc oxide dan titanium oxide, Trueve True Barrier Mineral Sunscreen aman digunakan oleh ibu hamil. Sunscreen untuk ibu hamil ini juga memiliki SPF 50++++ serta tidak mengandung parfum sehingga sangat cocok untuk ibu hamil, apalagi yang kulitnya memang sensitif.

Selain beberapa kandungan di atas, Trueve True Barrier Mineral Sunscreen juga memiliki SPF mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan kulit serta niacinamide yang bisa mengatasi kulit yang iritasi.

Untuk menggunakannya, Bunda bisa mengoleskan sunscreen ini ke wajah 15–30 menit sebelum keluar ruangan. Bunda juga sebaiknya mengoleskannya lagi setiap 2 jam sekali.

4. Skin 1004 Centella Air Fit Suncream

Skin 1004 Centella Air Fit Suncream merupakan salah satu physical sunscreen dengan SPF 10 PA++++yang mengandung UV filter zinc oxide. Sunscreen untuk ibu hamil ini juga mengandung centella asiatica dan ekstrak gandum yang bisa melembapkan serta mengurangi iritasi pada kulit.

Bunda bisa mengoleskan sunscreen untuk ibu hamil ini secara menyeluruh di wajah kapan saja. Sebaiknya, Skin 1004 Centella Air Fit Suncream juga dioleskan lagi apabila diperlukan.

5. Labore Biome Protect Physical Sunscreen

Labore Biome Protect Physical Sunscreen dengan SPF 45 PA+++ mengandung UV filter yang terdiri dari zinc oxide dan titanium oxide. Kandungan tersebut merupakan bahan yang cocok digunakan oleh ibu hamil, terutama yang kulitnya sensitif.

Tidak hanya bisa mencegah sinar UV, sunscreen untuk ibu hamil ini juga bisa menjaga skin barrier dan membuat wajah tampak lebih sehat karena diperkaya dengan formula microbiome technology, yaitu gabungan dari prebiotik, parabiotik, dan postbiotik.

Beberapa rekomendasi sunscreen untuk ibu hamil di atas memang bisa mencegah wajah dari paparan sinar UV. Namun, untuk memaksimalkan pencegahan terhadap paparan sinar UV, Bunda tetap perlu melakukan beberapa hal selain memakai sunscreen, yaitu:

  • Memakai topi ketika keluar ruangan pada siang hari
  • Mengenakan baju atau celana panjang agar kulit tertutupi
  • Menghindari keluar ruangan pada siang hari

Apabila masih bingung untuk memilih sunscreen, Bunda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter, kok. Dengan begitu, dokter akan menyarankan Bunda untuk memakai sunscreen yang benar-benar aman bagi ibu hamil.

Sumber:

Putra, I., Jusuf, N., & Dewi, N. (2022). Skin Changes and Safety Profile of Topical Products During Pregnancy. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 15(2), pp. 49–57.

American Cancer Society (2019). All About Cancer. How Do I Protect Myself from Ultraviolet (UV) Rays?

National Health Services UK (2022). Live Well. Sunscreen and Sun Safety.

Baby Center (2023). Best Pregnancy-Safe Sunscreens.

Healthline (2023). 9 of the Best Pregnancy-Safe Sunscreens.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *