6 Merek Cetirizine untuk Ibu Hamil yang Aman dan Efektif Meredakan Alergi

Cetirizine untuk ibu hamil bisa digunakan untuk meredakan gatal-gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan mata berair yang disebabkan oleh alergi. Obat ini perlu dikonsumsi agar gejala alergi yang Bunda alami tidak mengganggu aktivitas sehari-hari atau sampai menurunkan kualitas tidur.

Cetirizine merupakan obat antialergi yang terbilang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Obat ini bekerja dengan menghambat histamin yang memicu terjadinya alergi. Dengan begitu, semua gejala alergi yang Bunda alami bisa cepat hilang.

Nah, ingat ya, Bun, sebelum mengonsumsi cetirizine, pastikan untuk selalu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang sesuai dengan kondisi Bunda.

Rekomendasi Cetirizine untuk Ibu Hamil yang Efektif

Cetirizine untuk ibu hamil bisa dibeli tanpa resep dokter, tetapi ada juga yang harus dengan resep dokter. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, kapsul, kaplet, hingga sirop. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cetirizine untuk ibu hamil:

1. Ozen

Ozen merupakan merek cetirizine untuk ibu hamil yang mudah dibeli di apotek. Obat ini dapat membantu meringankan gejala alergi, seperti kulit atau hidung gatal, pilek, bersin, serta tenggorokan dan mata gatal.

Dengan mengonsumsi obat ini, alergi akan mereda dan Bunda bisa kembali beraktivitas. Bunda dapat minum obat ini 1 tablet, 1 kali sehari.  

2. Lerzin

Dengan kandungan cetirizine di dalamnya, Lerzin dapat mengobati gejala alergi pada ibu hamil. Obat ini memiliki tiga sediaan, yaitu drops, kaplet, dan sirop. Namun, Bunda dapat memilih Lerzin kaplet untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Lerzin dapat dikonsumsi 1 kaplet, 1 kali sehari. Bunda bisa mengonsumsi obat ini selama alergi, ya. Lerzin hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

3. Incidal-OD

Incidal-OD adalah obat antialergi yang bagus untuk mengatasi biduran, mata merah, bersin-bersin, dan hidung tersumbat akibat alergi. Oleh karena itu, obat ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebagai merek cetirizine untuk ibu hamil, Incidal-OD tersedia dalam bentuk kapsul dan sirop. Incidal-OD bentuk kapsul dapat Bunda konsumsi sebanyak 1 kapsul per hari. Jangan lupa sertakan resep dokter untuk membeli obat ini ya, Bun.

4. Cerini

Sebagai obat antialergi, Cerini bisa membantu Bunda untuk meringankan berbagai keluhan alergi yang mengganggu selama hamil. Obat ini memiliki tiga bentuk sediaan, yaitu drops, sirop, dan kaplet.

Bunda bisa memilih Cerini dalam bentuk kaplet untuk dikonsumsi, ya. Minumlah obat ini 1 kaplet sekali sehari. Cetirizine untuk ibu hamil ini harus dibeli dengan resep dokter

5. Histrine

Histirine bermanfaat untuk mengobati keluhan alergi selama kehamilan, seperti gatal-gatal, bersin-bersin, hidung gatal dan tersumbat, serta mata berair. Dengan manfaat tersebut, obat ini bisa digunakan sebagai cetirizine untuk ibu hamil.

Pilihlah Histrine bentuk tablet untuk dikonsumsi selama kehamilan. Obat ini dapat diminum sebanyak 1 tablet sehari. Ingat ya, Bunda, pembelian Histrine harus disertai resep dokter.

6. Tiriz

Tiriz juga bisa dipakai sebagai cetirizine untuk ibu hamil. Obat ini aman digunakan untuk mengatasi gatal di kulit, pilek, hidung tersumbat atau meler, dan mata berair akibat alergi.

Tiriz hadir dalam bentuk kaplet dan obat tetes oral (drops) yang bisa diminum 1 kali sehari. Untuk membeli obat ini, Bunda memerlukan resep dokter

Berbagai merek cetirizine di atas memang dapat meredakan gejala alergi. Namun, perlu diketahui, cara terbaik untuk mencegah terjadinya alergi adalah dengan menghindari pemicunya ya, Bun.

Perlu diingat pula bahwa penggunaan cetirizine harus disesuaikan dengan petunjuk pemakaian pada kemasan atau instruksi dari dokter ya, Bun. Jangan lupa untuk berhenti mengonsumsi obat ini ketika gejala alergi sudah membaik.

Cetirizine pada umumnya dapat menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, Bunda tidak boleh melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan, misalnya mengemudi, setelah mengonsumsi obat ini.

Konsultasikan ke dokter jika gatal alergi yang Bunda alami tidak sembuh atau makin parah meski sudah mengonsumsi cetirizine untuk ibu hamil.

Sumber:

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2023). Cek Produk. Cerini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2023). Cek Produk. Incidal-OD.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2023). Cek Produk. Lerzin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2023). Cek Produk. Tiriz.

Mayo Clinic (2022). Seasonal Allergies: Nip Them in the Bud.

Drugs (2023). Cetirizine.

Healthline (2023). Cetirizine.

MIMS Indonesia (2023). Cerini.

MIMS Indonesia (2023). Cetirizine.

MIMS Indonesia (2023). Lerzin.

MIMS Indonesia (2023). Ozen.

WebMD (2023). Cetirizine HCL – Uses, Side Effects, and More.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *