Gusi Bengkak Saat Hamil? Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gusi bengkak saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh, karena bisa menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, bahkan sampai membuat Bunda tidak nafsu makan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya

Gusi bengkak saat hamil biasanya muncul saat kehamilan memasuki trimester kedua dan akan terus berlanjut hingga trimester ketiga. Namun, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil

Gusi bengkak saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan aliran darah ke jaringan gusi. Alhasil, gusi Bunda jadi lebih sensitif serta mengalami peradangan dan perdarahan.

Perubahan hormon ini juga membuat plak lebih mudah menumpuk di gigi, sehingga membuat ibu hamil lebih rentan terkena penyakit radang gusi (gingivitis).

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan gusi bengkak saat hamil, yaitu:

1. Perubahan pola makan

Perubahan pola makan saat hamil bisa menjadi faktor penyebab gusi bengkak. Kondisi ini biasanya terjadi akibat keinginan mengonsumsi makanan tertentu, terutama makanan cepat saji atau makanan manis.

Makanan-makanan ini memiliki kandungan gula yang tinggi lho, Bun, sehingga bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi.

2. Penurunan produksi air liur

Selama hamil,produksi air liur akan mengalami penurunan dan menjadi lebih asam. Penurunan produksi air liur ini menyebabkan penumpukan plak akibat makanan yang menempel lama di gigi sehingga dapat memicu pertumbuhan bakteri. Akibatnya, Bunda bisa mengalami kerusakan gigi dan gusi saat hamil. 

3. Morning sickness

Morning sickness merupakan salah satu penyebab gusi bengkak saat hamil. Rasa mual dan muntah ini berhubungan dengan peningkatan asam lambung.Ketika Bunda mengalami mual dan muntah, cairan lambung akan memengaruhi rongga mulut.

Nah, cairan lambung yang asam ini dapat menyebabkan iritasi pada jaringan gusi. Akibatnya, gusi akan bengkak dan meradang sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Tidak hanya rasa nyeri di gusi, hal ini juga dapat melunakkan enamel gigi yang memicu masalah gigi sensitif dan gigi berlubang selama hamil.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Saat Hamil

Menjaga kesehatan mulut dan gigi selama kehamilan sangatlah penting, Bun. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai masalah di mulut dan gigi yang mungkin terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu, Bunda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini guna mengatasi gusi bengkak saat hamil:

  • Sikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, terutama setelah makan. Pilihlah sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Berkumurlah dengan air garam untuk mengurangi peradangan di gusi.
  • Gunakan benang gigi (dental floss) minimal 1 kali sehari.
  • Cukupi asupan nutrisi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur atau makanan yang mengandung kalsium, seperti yoghurt atau almond.
  • Berkumurlah dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  • Kurangi atau hindari konsumsi makanan dan minuman manis selama hamil.
  • Konsumsi vitamin prenatal atau vitamin C selama hamil.
  • Hentikan kebiasaan merokok, karena dapat memperparah pembengkakan gusi.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali untuk pemeriksaan dan pembersihan plak (karang gigi).
  • Bila mengalami morning sickness, selalu berkumur dengan air setelah muntah. Hal ini akan menghilangkan bakteri dan asam yang dapat merusak gigi.

Namun, jika pembengkakan gusi selama hamil tidak kunjung membaik atau bertambah parah, segeralah berkonsultasi ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan untuk menangani gusi bengkak saat hamil.

Sumber:

American Pregnancy Association (2023). Swollen Gums During Pregnancy.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Pentingnya Cek Kesehatan Gigi Berkala.

National Health Service UK (2022). Pregnancy. Bleeding Gums in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). Gingivitis.

Cleveland Clinic (2022). Pregnancy Gingivitis.

Mayo Clinic (2023). Gingivitis.

Baby Center (2021). Bleeding Gums During Pregnancy.

Healthline (2023). 10 Home Remedies for Gingivitis.

Healthline (2020). What to Know About Bleeding Gums During Pregnancy.

Verywell Family (2022). What Is Pregnancy Gingivitis?

Verywell Health (2022). How to Treat and Prevent Pregnancy Gingivitis.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *