6 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

Obat batuk alami untuk ibu hamil sering menjadi solusi awal meredakan keluhan batuk saat hamil. Obat ini umumnya mengandung bahan-bahan herbal yang relatif aman dan minim efek samping. Namun, perlu diingat nih, Bunda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum obat ini, ya.

Pilihan Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Obat batuk alami untuk ibu hamil biasanya mengandung madu, jahe, daun thyme, dan larutan saline. Bahan-bahan ini dapat menjadi pilihan yang aman dan efektif untuk meringankan keluhan batuk selama hamil. Berikut ini adalah beberapa merek obat batuk alami untuk ibu hamil:

1. HerbaKof

HerbaKof merupakan salah satu obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Obat ini mengandung berbagai bahan alami, seperti daun legundi, jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa yang dipercaya mampu meredakan batuk sekaligus melegakan tenggorokan.

Bunda dapat mengonsumsi HerbaKof sebanyak 3 sendok takar (15 ml), 3 kali sehari.

2. Madu TJ Lemon

Madu TJ Lemonjuga bisa digunakan untuk meringankan keluhan batuk selama hamil. Kandungan madu alami dan ekstrak jeruk mandarin serta lemon di dalamnya bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan, sehingga napas pun terasa lebih lega dan batuk pada ibu hamil bisa teratasi.

Selain itu, kandungan vitamin C dari jeruk mandarin dan lemon juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama Bunda batuk agar lebih cepat pulih.

Madu TJ Lemon dapat dikonsumsi 1–2 sendok makan, 3 kali sehari. Bunda bisa minum madu ini secara langsung atau mencampurnya ke dalam segelas air maupun teh hangat, ya.

3. Madu Uray Honey & Ginger

Terbuat dari madu murni yang dikombinasikan dengan jahe membuat Madu Uray Honey & Ginger bisa dijadikan pilihan obat batuk alami untuk ibu hamil. Ini karena Madu Uray Honey & Ginger dapat meringankan keluhan batuk, mengurangi dahak, dan meredakan sakit tenggorokan yang diderita oleh ibu hamil.

Tidak hanya itu saja Bun, Madu Uray Honey & Ginger juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memberikan kehangatan untuk tubuh Bunda, lho.

Jika Bunda menderita batuk, minumlah Madu Uray Honey & Ginger sebanyak 1–2 stick setiap harinya. Madu ini juga bisa diminum langsung atau dicampur dengan air hangat ya, Bun.

4. Silex

Silek merupakan obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Obat ini mengandung bahan-bahan herbal, seperti ekstrak daun thyme, primula, marshmallow, droserea, dan serpylli.

Kandungan bahan herbal tersebut dipercaya berkhasiat untuk meredakan batuk dan pilek, serta melegakan tenggorokan sehingga keinginan untuk batuk akan berkurang.

Minum Silex 1 sendok makan (15 ml), 3–4 kali sehari ya, Bun.

5. Aqua Maris Strong Nasal Spray

Aqua Maris Strong Nasal Spray merupakan semprotan hidung yang mengandung bahan aktif air laut hipertonis murni. Obat ini dapat membantu meredakan batuk yang disertai pilek atau hidung tersumbat.

Kandungan air laut hipertonis murni dalam Aqua Maris Strong Nasal Spray mampu mengeluarkan lendir yang terdapat pada dinding hidung, sehingga membuat pernapasan terasa kembali lega.

Untuk menggunakannya, Bunda cukup menyemprotkan Aqua Maris Strong Nasal Spray ke rongga hidung, 3–4 kali sehari ya.

6. Vicks VapoRub

Vicks VapoRub juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil, lho. Obat berbentuk balsam ini mengandung minyak eukaliptus, mentol, dan camphor yang dapat meredakan batuk dan melegakan pernapasan akibat hidung tersumbat.

Vicks VapoRub bisa digosokkan secukupnya di dada, leher, dan punggung, 3–4 kali sehari. Selain itu, Bunda juga bisa menghirup uap obat ini dengan cara mencampur 2 sendok teh Vicks Vaporub ke dalam air panas.

Itulah berbagai merek obat batuk alami untuk ibu hamil yang dapat dijadikan pilihan. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk beristirahat yang cukup, memperbanyak minum air putih, dan menghindari udara berpolusi, termasuk asap rokok. Tujuannya adalah untuk membantu mempercepat penyembuhan batuk.

Jika batuk yang Bunda alami belum juga mereda setelah 1 minggu atau semakin parah hingga mengganggu aktivitas dan waktu tidur, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya, guna mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sumber:

National Health Service UK (2021). Health A to Z. Cough.

Cleveland Clinic (2023). Honey for Your Sore Throat and Cough.

Cleveland Clinic (2022). Can Vitamin C Help You Fight a Cold?        

Mayo Clinic (2020). Cough.

Mayo Clinic (2019). Chronic Cough.

Healthline (2023). The Best Natural Cough Remedies.

Healthline (2019). Everything You Need to Know About Marshmallow Root.

Medscape (2023). Camphor/Menthol Topical (OTC).

WebMD (2023). Camphor-Menthol 0.5 %-0.5 % Lotion – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2023). Eucalyptus – Uses, Side Effects, and More.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *