4 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Sirsak untuk ibu hamil memiliki beragam manfaat yang baik selama kehamilan dan juga tumbuh kembang janin. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan nutrisinya yang melimpah. Nah, bagi Bunda yang sedang hamil, tidak ada salahnya memasukkan sirsak sebagai menu makan harian selama kehamilan.

Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata diketahui kaya akan kandungan nutrisi untuk ibu hamil, seperti protein, serat, kalsium, magnesium, karbohidrat, fosfor, kalium, folat, kolin, serta vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, buah sirsak bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan janin. Berikut ini adalah beberapa manfaat sirsak untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam sirsak dapat mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, serta diabetes. Selain itu, buah berkulit hijau ini juga mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh selama hamil.

2. Mencegah sembelit

Tahu nggak, di dalam satu buah sirsak mengandung sekitar 83% asupan serat harian, lho. Makanya, buah ini dapat dikonsumsi sebagai salah satu sumber nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan Bunda selama hamil. Dengan begitu, Bunda bisa terhindar dari sembelit.

3. Menstabilkan tekanan darah

Selain vitamin C dan antioksidan, sirsak untuk ibu hamil juga mengandung kalium, Bun. Kalium bermanfaat untuk mencegah mual dan muntah serta diare. Nutrisi ini juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Tidak hanya itu saja Bun, kalium juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah, lho.

4. Melawan infeksi

Memiliki sifat antibakteri, sirsak bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi, termasuk Staphylococcus. Buah ini juga dapat mengatasi bakteri penyebab radang gusi, Bun. Soalnya, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal penting selama kehamilan.

Jika kebersihan mulut dan gigi tidak terjaga, gangguan kehamilan seperti kelahiran prematur, bisa terjadi lho, Bun. Makanya, Bunda disarankan untuk mengonsumsi sirsak selama hamil.

Berbagai manfaat sirsak untuk ibu hamil di atas dapat diperoleh jika Bunda mengonsumsinya secara rutin dan tentunya dalam jumlah yang wajar ya, Bun.

Perlu diketahui juga, biji sirsak mengandung senyawa beracun yang bisa menyebabkan efek samping berbahaya untuk ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, pastikan untuk membuangnya sebelum mengonsumsi sirsak, ya.

Namun, bila Bunda ragu untuk mengonsumsi sirsak selama kehamilan atau memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ya, Bun.

Sumber:

University of Sidney (2021). News. Good Oral Health in Pregnancy Could Help Reduce Risk of Premature Birth.

Baby Center (2021). Potassium During Pregnancy.

Healthline (2023). Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses.

Verywell Fit (2022). Soursop Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2022). Health Benefits of Soursop.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *