6 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil

Ada beragam buah untuk menghilangkan pusing saat hamil. Buah-buahan ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang mampu mengatasi keluhan pusing selama kehamilan. Apa saja ya buahnya?

Pusing saat hamil memang cukup mengganggu ya, Bun? Namun, kondisi ini bukan hal yang perlu terlalu dikhawatirkan kok Bun, karena biasanya disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat pembuluh darah mengendur dan melebar. Akibatnya, tekanan darah menurun dan menyebabkan pusing sementara.

Terkadang, pusing selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh morning sickness, rendahnya kadar gula darah, dan anemia. Bahkan, pusing bisa saja disertai dengan lemas sehingga bisa mengganggu aktivitas Bunda.

Nah, untungnya Bunda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan mengonsumsi buah untuk menghilangkan pusing saat hamil.

Aneka Buah untuk Menghilangkan Pusing saat Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan menghasilkan lebih banyak darah guna mencukupi kebutuhan nutrisi janin. Ini berarti Bunda memerlukan asupan makanan tinggi zat besi dan asam folat untuk meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga masalah kurang darah (anemia) dapat dicegah.

Selain itu, Bunda juga perlu mencukupi asupan karbohidrat dan lemak selama hamil, ya. Soalnya, karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi bagi tubuh, sehingga rasa pusing dan lemas selama kehamilan bisa diatasi.

Nah, makanan yang mengandung nutrisi penting tersebut bisa Bunda peroleh dari buah-buahan, seperti:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah untuk menghilangkan pusing saat hamil yang mengandung 0,5 mg zat besi di dalam 100 gramnya. Selain itu, buah ini juga kaya akan karbohidrat, asam folat, dan lemak yang baik untuk menambah energi.

Zat besi dan asam folat adalah nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, jumlah darah di tubuh Bunda bisa tercukupi, sehingga otak bisa mendapatkan cukup oksigen dan Bunda pun tidak mudah pusing.

2. Pisang

Selain alpukat, Bunda juga bisa mengonsumsi pisang untuk mengatasi keluhan pusing. Ini karena pisang memiliki beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, kalium, asam folat, dan vitamin B6. 

Aneka nutrisi tersebut dapat memberi energi bagi tubuh, melancarkan aliran darah, serta mengatasi mual dan muntah saat hamil. Oleh karena itu, pisang termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menghilangkan keluhan pusing saat hamil.

3. Kiwi

Seperti pisang, buah kiwi juga mengandung zat besi dan asam folat. Tak hanya itu, kiwi juga mengandung vitamin yang sangat penting, yaitu vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga proses pembentukan sel darah merah akan lebih optimal.

Kiwi juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk memperkuat imunitas tubuh dan meringankan keluhan morning sickness. Jadi, kiwi dapat Bunda konsumsi sebagai buah untuk menghilangkan pusing saat hamil.

4. Apel

Pusing saat hamil mungkin disebabkan oleh kurangnya asupan karbohidrat yang membuat kadar gula darah rendah. Keluhan ini cukup umum dialami oleh ibu hamil, terutama ketika sedang susah makan karena mual dan muntah.

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau karbohidrat adalah sumber energi yang mampu membuat tubuh lebih fit dan dapat meningkatkan kadar gula darah yang rendah. Jadi, jika sering pusing, cobalah untuk makan buah apel untuk mengatasi keluhan tersebut, Bun.

5. Kelapa

Kelapa kaya akan berbagai nutrisi, mulai dari karbohidrat, lemak sehat, protein, antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral, termasuk vitamin B6, kalium, dan selenium.

Baik buah maupun air kelapa, keduanya sama-sama baik untuk menghilangkan pusing saat hamil. Ini karena buah sehat ini bisa menambah energi, mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh, serta membantu meringankan morning sickness.

6. Buah beri

Buah beri, seperti blueberi, raspberi, dan stroberi, juga mengandung banyak nutrisi lho, Bun. Di dalam buah ini terkandung karbohidrat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh selama hamil. Dengan begitu, Bunda jadi lebih fit dan keluhan pusing saat hamil dapat berkurang.

Selain mengonsumsi buah untuk menghilangkan pusing saat hamil, Bunda juga perlu mempertimbangkan makanan penambah darah, suplemen dan vitamin, atau obat untuk mengatasi penyebab pusing. Namun, sebelum melakukan beberapa cara tersebut, Bunda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Sumber:

American Family Physician (2023). Family Doctor. Anemia.

American Pregnancy Association. Dizziness During Pregnancy.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia.

National Health Service UK. Have A Healthy Diet in Pregnancy.

Victoria State Government of Australia (2022). Betterhealth Channel. Iron and Iron Deficiency.

Lewsley, J. Baby Centre UK. Dizziness in Pregnancy.

Arnarson, A. Healthline (2023). Bananas 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Garone, S. Healthline (2020). 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy.

Gotter, A. Healthline (2023). Treatments for Dizziness.

Tan, V. Healthline (2023). How to Increase the Absorption of Iron from Foods.

Silver, N. Healthline (2019). What Causes Dizziness in Pregnancy?

Wisner, W. Parents (2023). Why Is Folic Acid Important for Pregnancy?

Lehman, S. Verywell Fit (2023). Coconut Nutrition Facts and Health Benefits.

McQueen, J. WebMD (2023). What Happens When You Stop Eating Carbs.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *