5 Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil bisa diperoleh dengan mudah, lho. Jadi, keluhan yang umum terjadi saat hamil ini bisa segera diatasi dan Bunda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. Nah, apa saja ya makanan yang bisa mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil?

Bunda mengalami kaki bengkak selama hamil? Nah, kondisi ini dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat cairan dan jumlah darah di tubuh meningkat. Akibatnya, cairan menumpuk di beberapa bagian tubuh, termasuk kaki, dan pembengkakan pun terjadi.

Kaki yang membengkak juga biasanya terjadi setelah Bunda berjalan atau berdiri terlalu lama. Selain itu, bengkak pun bisa dipicu oleh konsumsi makanan tinggi garam. Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya mengonsumsi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil.

Beragam Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Kaki bengkak menjadi masalah yang sering dialami ibu hamil. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tetapi Bunda jadi tidak nyaman untuk beraktivitas, kan?

Sebagai solusinya, Bunda bisa mulai memperbanyak konsumsi kalium dan magnesium, ya. Ini karena kedua jenis mineral tersebut diketahui mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatasi pembengkakan. Nah, dari mana saja ya sumber makanan yang mengandung kalium dan magnesium?

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil yang mengandung tinggi kalium dan magnesium:

1. Kentang

Kentang dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. Ini karena tiap 100 gram kentang mengandung sekitar 25 mg magnesium dan 410 mg kalium yang dapat mengatasi pembengkakan, termasuk di kaki.

2. Ubi jalar

Tahukah Bunda, kalau dalam 100 gram ubi jalar ternyata mengandung 25 mg magnesium dan 340 mg kalium?

Nah, dengan jumlah mineral yang cukup tinggi itu, ubi jalar bisa menjadi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A yang penting untuk mendukung tumbuh kembang janin.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber makanan tinggi kalium. Ini karena dalam 100 gram pisang sudah terkandung 27 mg magnesium dan 360 mg kalium, sehingga bisa menjadi makanan untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Apalagi, buah ini mudah diperoleh sehingga Bunda bisa mengonsumsinya dengan rutin.

Tak hanya bisa membantu mengurangi bengkak di kaki, buah ini juga termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol tekanan darah.

4. Kacang-kacangan

Sumber makanan kaya magnesium juga bisa Bunda dapatkan dari beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang mete, kacang almond, kacang lentil, atau kacang kedelai.

Nah, Bunda bisa mengonsumsi salah satunya, misalnya kacang mete yang dalam setiap 100 gramnya mengandung 260 mg magnesium dan 570 mg kalium, sehingga mampu mengurangi masalah kaki bengkak saat hamil.

5. Cokelat hitam

Ibu hamil biasanya membatasi konsumsi cokelat karena olahan biji kakao ini mengandung gula dan kafein. Namun, cokelat boleh kok dijadikan camilan selama konsumsinya masih dalam batas wajar.

Cokelat, terutama cokelat hitam (dark chocolate), mengandung tinggi magnesium yang bisa mengatasi kaki bengkak saat hamil. Bahkan, dalam 100 gram cokelat hitam, Bunda sudah bisa mendapatkan 230 mg magnesium dan kalium sebanyak 700 mg. Jadi, tidak perlu ragu lagi ya mengonsumsi cokelat hitam.

Selain konsumsi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil di atas, Bunda juga bisa lho mengubah beberapa kebiasaan yang dapat memperparah keluhan ini, misalnya dengan tidak duduk, berdiri, atau berjalan terlalu lama, tidak menggunakan kaos kaki yang terlalu kencang, dan membatasi konsumsi makanan asin.   

Nah, kalau Bunda masih punya pertanyaan, misalnya bagaimana mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan tadi secara aman dan tepat, Bunda bisa konsultasikan ke dokter ya agar dapat disesuaikan dengan kondisi Bunda.

Sumber:

National Health Service UK (2021). Swollen Ankles, Feet and Fingers in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2021). Swollen Feet and Ankles: Treatments to Try.

Ajmera, R. & Palsdottir, H. Healthline (2023). 6 Ways to Reduce Water Retention (Edema).

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Dix, M. Healthline (2023). 13 Home Remedies for Swollen Feet During Pregnancy.

Spritzler, F. Healthline (2023). 10 Magnesium-Rich Foods That Are Super Healthy.

Kids Health (2021). Can Pregnant Women Do Anything to Reduce or Prevent Swollen Ankles?

Bunce, E.E. MSD Manual (2023). Swelling During Late Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *