Hamil Kebo, Kenali Ciri-Ciri dan Bahayanya

hamil kebo, diary bunda

Hamil kebo atau cryptic pregnancy adalah istilah untuk kehamilan yang tidak disertai gejala kehamilan, seperti mual, muntah, atau kelelahan, yang biasa muncul pada ibu hamil. Karena tidak disertai gejala kehamilan, wanita dengan hamil kebo sering tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Kebanyakan ibu yang hamil kebo baru menyadari bahwa dirinya hamil ketika usia  kehamilan sudah mencapai 20 minggu atau 5 bulan. Namun, ada juga ibu hamil yang bahkan baru mengetahui kehamilannya ketika waktu persalinan sudah dekat.

Belum diketahui penyebab pasti terjadinya hamil kebo. Namun, hamil kebo paling sering terjadi pada wanita yang menganggap dirinya tidak akan hamil atau sulit hamil, misalnya wanita yang menggunakan alat kontrasepsi atau wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Ciri-Ciri Hamil Kebo

Seperti yang telah disebutkan, wanita dengan hamil kebo tidak mengalami tanda-tanda kehamilan. Namun, tanda kehamilan bisa saja tetap ada, hanya saja wanita tersebut tidak menyadarinya. Berikut ini adalah beberapa ciri seorang wanita mungkin mengalami hamil kebo:

1. Tidak mual dan muntah

Kebanyakan wanita yang mengalami hamil kebo tidak merasakan gejala mual dan muntah. Padahal, gejala ini umum dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Nah, karena tidak merasakan mual dan muntah atau gejala kehamilan lainnya, ibu hamil menjadi tidak menyadari bahwa dirinya hamil.

2. Perut tidak membesar

Selain tidak merasakan mual dan muntah, wanita dengan hamil kebo juga memiliki perut yang tampak tidak membesar. Pada beberapa kasus, ibu hamil juga tidak mengalami pertambahan berat badan seperti ibu hamil pada umumnya.

3. Lebih banyak makan

Karena tidak mengalami gejala kehamilan, seperti mual dan muntah, ibu hamil juga biasanya tidak mengalami penurunan nafsu makan. Padahal, nafsu makan biasanya hilang ketika hamil muda atau trimester pertama.

4. Mood swing

Ibu yang mengalami hamil kebo juga bisa mengalami perubahan suasana hati atau mood swing yang cepat. Perubahan suasana hati ini bisa membuat ibu hamil menjadi mudah marah, sedih, atau gelisah secara tiba-tiba.

Bahaya dan Risiko Hamil Kebo

Hamil kebo bisa jadi berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin, terutama jika ibu hamil kurang menjaga kesehatan tubuh dan tidak memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Hal ini bisa berpotensi membuat janin mengalami masalah tumbuh kembang karena kekurangan nutrisi.

Bahaya dan risiko hamil kebo sendiri bisa saja muncul bahkan pada kondisi kehamilan yang tidak disadari hanya dalam jangka waktu pendek. Beberapa bahaya dan risikonya meliputi:

  • Kebutuhan nutrisi janin tidak tercukupi, sehingga kesehatan janin terganggu
  • Kelahiran prematur
  • Berat badan lahir rendah (BBLR)
  • Cacat lahir
  • Gangguan saat hamil pada ibu, seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, atau preeklampsia, tidak terdeteksi lebih awal

Oleh karena itu, apabila kamu mengalami tanda-tanda kehamilan, seperti telat haid tetapi tidak mual dan muntah, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, kehamilan bisa terdeteksi lebih cepat.

Sumber:

Duckitt, K. (2023). Cryptic Pregnancy. Case Reports in Women’s Health, 38, e00503.

American Pregnancy Association (2023). What is a Cryptic Pregnancy?

Cleveland Clinic (2022). Am I Pregnant?

Cleveland Clinic (2022). Cryptic Pregnancy.

Verywell Health (2023). Hidden Pregnancy: Signs You’re Pregnant But Don’t Know It.

WebMD (2023). What Is Cryptic Pregnancy?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *