Inilah Batas Telat Haid Tanda Hamil yang Perlu Diketahui

batas telat haid tanda hamil, diary bunda

Batas telat haid tanda hamil perlu diketahui guna menentukan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan secara mandiri. Tes kehamilan bisa memberikan hasil yang lebih akurat apabila batas telat haid diketahui.

Telat haid merupakan salah satu tanda kehamilan yang biasanya paling awal disadari oleh wanita, apalagi jika siklus haidnya normal. Namun, telat haid tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Ada berbagai kondisi lain, seperti stres atau kelebihan berat badan, yang juga bisa menyebabkan wanita mengalami telat haid.

Nah, karena bisa terjadi akibat berbagai kondisi, kamu perlu tahu kapan batas telat haid yang bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang hamil. Terlebih jika kamu memang sudah merencanakan kehamilan sebelumnya.

Siklus Haid yang Normal

Sebelum mengetahui kapan batas telat haid tanda hamil, kamu perlu memahami dahulu siklus haid atau menstruasi yang normal. Siklus haid dapat dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi selanjutnya.

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya wanita memiliki siklus haid sekitar 28 hari. Siklus haid yang normal ini bisa lebih pendek atau panjang, yaitu sekitar 23–35 hari. Sementara itu, periode haidnya sendiri bisa terjadi selama 3–7 hari.

Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang normal. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan siklus haid wanita tidak normal, yaitu:

  • Hamil
  • Memasuki masa menopause
  • Menggunakan alat kontrasepsi, seperti pil KB atau KB spiral
  • Baru mengalami masa pubertas
  • Menderita penyakit tertentu, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS) atau gangguan tiroid
  • Mengalami stres atau gangguan kecemasan
  • Mengalami penurunan atau penambahan berat badan turun

Kapan Batas Telat Haid Tanda Hamil?

Seperti yang telah disebutkan, telat haid merupakan salah satu tanda kehamilan yang bisa disadari sejak awal. Namun, untuk memastikan apakah hamil atau tidak, sebaiknya kamu mengetahui batas telat haid tanda hamil sebelum melakukan tes kehamilan.

Apabila tes kehamilan dilakukan terlalu awal, hasilnya bisa menjadi negatif meski sudah ada kehamilan. Ini karena pada awal kehamilan, hormon hCG yang menandakan kehamilan masih terlalu sedikit sehingga sulit terdeteksi melalui tes kehamilan.

Jadi, kapan batas telat haid tanda hamil? Jawabannya adalah 1–2 minggu sejak hari pertama kamu telat haid. Apabila hasil tes positif, kehamilan kamu diperkirakan sudah mencapai usia sekitar 6–7 minggu pada waktu itu.

Mengetahui batas telat haid tanda hamil sangat berguna untuk menentukan waktu yang tepat dalam mendeteksi kehamilan. Namun, apabila kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, mungkin kamu akan sulit mendeteksinya. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan test pack setelah 21 hari berhubungan seksual dengan pasanganmu, ya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan test pack apabila mengalami telat haid dengan disertai gejala kehamilan lain, seperti mual dan muntah, sering buang air kecil, perut terasa kencang, serta kelelahan.

Perlu diingat, telat haid tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Jadi, apabila kamu telat haid lama, terlebih jika kamu sedang tidak aktif berhubungan seksual, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya, sebab telat haid yang demikian bisa saja menjadi tanda adanya kondisi lain.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Periods and Fertility in the Menstrual Cycle.

National Health Service UK (2022). Irregular Periods.

National Health Service UK (2022). Missed or Late Periods.

Cleveland Clinic (2022). Am I Pregnant?

Cleveland Clinic (2022). Menstrual Cycle.

Healthline (2023). When Should You Take a Pregnancy Test?

Verywell Family (2022). When Can I Take a Pregnancy Test?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *