Inilah Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

manfaat pilates ibu hamil, diary bunda

Manfaat pilates untuk ibu hamil bisa Bunda dapatkan apabila dilakukan secara rutin. Manfaat olahraga ini sendiri ada berbagai macam, yaitu memperkuat otot dan sendi, menambah stamina agar tidak mudah lelah, serta meningkatkan suasana hati selama hamil.

Selama mengandung, ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan agar kehamilan selalu sehat, salah satunya adalah olahraga secara rutin. Nah, pilates merupakan jenis olahraga yang bisa Bunda lakukan saat hamil.

Berbagai Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

Pilates adalah olahraga untuk melatih kekuatan, keseimbangan, serta kelenturan otot dan sendi. Gerakan pilates biasanya berfokus pada otot perut, panggul, dan punggung. Selain fokus pada otot dan sendi, olahraga ini juga bisa dilakukan untuk melatih pernapasan. Inilah yang membuat pilates cocok dilakukan ibu hamil.

Namun, agar lebih aman, Bunda sebaiknya mengikuti kelas pilates khusus untuk ibu hamil, ya. Dengan melakukan pilates, ada berbagai manfaat yang Bunda dapatkan. Berbagai manfaatnya meliputi:

1. Memperkuat otot perut dan panggul

Selama masa kehamilan, otot perut dan otot panggul akan bekerja lebih berat. Soalnya, otot perut bisa mudah menegang karena harus menahan dan menopang rahim yang kian membesar. Sementara itu, otot panggul juga perlu menyokong rahim, kandung kemih, dan usus ketika janin sudah masuk ke rongga panggul.

Nah, dengan memperkuat otot perut dan otot panggul, ketegangan di otot perut bisa dicegah dan diringankan sehingga Bunda tidak mengalami sakit punggung. Selain itu, otot panggul yang kuat juga bisa mencegah urine bocor saat bersin atau batuk.

2. Mengatasi kelelahan

Manfaat pilates untuk ibu hamil lainnya adalah mengatasi kelelahan. Seiring dengan pertumbuhan janin yang kian membesar, perut Bunda juga mengalami pembesaran. Inilah yang membuat Bunda merasa mudah lelah dan berat untuk melakukan kegiatan tertentu.

Nah, dengan melakukan pilates secara rutin, otot tubuh menjadi lebih terbiasa untuk bergerak dan beraktivitas. Selain bisa mengatasi kelelahan, pilates juga bisa meningkatkan stamina agar tubuh Bunda menjadi lebih bugar.

3. Meningkatkan suasana hati

Melakukan pilates saat hamil bisa membuat suasana hati Bunda menjadi lebih baik dan rileks. Soalnya, selama hamil, Bunda bisa mengalami mood swing atau perubahan suasana hati yang sangat cepat akibat perubahan hormon dan kondisi fisik yang terjadi. Hal ini membuat Bunda menjadi lebih mudah marah atau mudah sedih.

Untuk mengatasi perubahan mood ini, Bunda bisa melakukan relaksasi dan olahraga, salah satunya adalah pilates untuk ibu hamil.

4. Melatih keseimbangan tubuh

Saat hamil, keseimbangan tubuh Bunda bisa menjadi tidak stabil karena harus menahan beban berat di perut. Badan Bunda biasanya menjadi lebih maju ke depan, dengan punggung agak ke belakang.

Terkadang, kaki pun bisa jadi bengkak selama hamil karena aliran darah yang meningkat di tubuh. Hal ini juga bisa membuat Bumil kurang nyaman saat bergerak.

Karena keseimbangan tubuh Bunda tidak stabil, risiko jatuh menjadi lebih tinggi. Nah, dengan melakukan pilates, Bunda bisa melatih keseimbangan tubuh sehingga berdiri atau berjalan pun menjadi lebih nyaman. Olahraga ini juga bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga bengkak di kaki bisa mereda.

5. Melancarkan proses persalinan

Seperti yang telah disebutkan, pilates juga bisa dilakukan untuk melatih pola pernapasan. Nah, dengan melatih pernapasan, Bunda jadi terbiasa dan tidak kesulitan untuk mengatur napas saat melahirkan.

Apabila napas Bunda bisa diatur dengan baik, Bunda bisa menjadi lebih rileks dan persalinan pun terasa tidak terlalu menyakitkan. Pilates juga bisa membantu membuat otot dan jaringan ikat di panggul jadi lebih lentur dan kuat, sehingga proses persalinan bisa lebih lancar.

Meski pilates aman dilakukan saat hamil, Bunda tetap perlu berhati-hati, ya. Apabila belum pernah melakukannya, Bunda bisa memilih pelatih yang akan memandu Bunda selama pilates. Hindari melakukan pilates sendiri ya, Bun. Agar lebih aman dan nyaman, Bunda juga sebaiknya memilih kelas pilates khusus ibu hamil.

Selain itu, Bunda juga perlu segera berhenti melakukan pilates dan jangan memaksakan diri apabila mengalami berbagai keluhan, seperti perdarahan, pusing, nyeri perut, atau sesak napas secara tiba-tiba.

Sumber:

Australian Government (2022). Pregnancy Birth & Baby. Yoga and Pilates During Pregnancy.

Baby Centre UK (2023). Pilates in Pregnancy.

Healthline (2021). These 19 Benefits of Pilates Will Inspire You to Fire Up Your Core.

Healthline (2021). What You Need to Know About Doing Pilates During Pregnancy.

WebMD (2023). Pilates.

WebMD (2022). What to Know About Pilates During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *