5 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil yang Penting Diketahui

manfaat tomat ibu hamil, diary bunda

Beragam manfaat tomat untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Manfaat buah ini tidak hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil, tetapi juga janin. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Dengan begitu, kehamilan pun tetap terjaga kesehatannya.

Tomat mengandung banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, kalium, vitamin A, vitamin C, folat, dan serat. Tomat juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan janin, seperti likopen dan quercetin.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, tomat menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beragam Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Jika rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu makanan sehat selama hamil, ada beragam manfaat tomat yang bisa Bunda rasakan, seperti:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah selama mengandung, sehingga mudah terkena penyakit, misalnya flu. Oleh karena itu, Bunda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Nah, tomat adalah salah satu makanan sehat yang bisa Bunda konsumsi saat hamil. Dalam 100 gram tomat, terkandung vitamin C sebanyak sekitar 15–25 mg dan vitamin A sebanyak sekitar 800 IU. Kedua vitamin ini baik untuk memperkuat imunitas tubuh serta mengoptimalkan perkembangan organ janin, seperti tulang, gigi, dan kulit.

2. Mencegah sembelit

Manfaat tomat untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah sembelit. Sembelit merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegah keluhan ini, ibu hamil perlu minum air yang cukup serta memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 30–35 gram.

Bunda bisa mengonsumsi tomat untuk menambah asupan serat agar kebutuhannya bisa terpenuhi. Soalnya, dalam 100 gram buah tomat terkandung sebanyak sekitar 1,5 gram serat. Selain itu, tomat juga banyak mengandung air, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan.

Tidak hanya buah tomat, makanan berserat lainnya, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan, juga perlu Bunda konsumsi. Hal ini dilakukan agar kebutuhan serat per hari bisa terpenuhi.

3. Mencegah kram kaki

Sama seperti sembelit, kram kaki juga merupakan keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama saat trimester kedua dan ketiga. Nah, untuk mencegah kram kaki, Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalium sebanyak 4700 mg setiap harinya.

Salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk menambah asupan kalium adalah tomat. Tomat mengandung kalium yang cukup tinggi dalam 100 gram buahnya, yaitu sekitar 250 mg. Selain bisa mencegah kram kaki, kalium juga bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi.

4. Mencegah dehidrasi

Selama mengandung, ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Dengan mengonsumsi banyak cairan, baik dari air mineral, buah-buahan, atau sayur, kebutuhan cairan bisa terpenuhi.

Nah, tomat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air, yaitu sekitar 92 gram dalam setiap 100 gram buah ini. Oleh karena itu, Bunda bisa mengonsumsi tomat untuk mendapatkan tambahan asupan cairan.

5. Mengoptimalkan perkembangan saraf dan otak janin

Manfaat tomat untuk ibu hamil yang terakhir adalah mengoptimalkan perkembangan saraf dan otak janin. Soalnya, tomat memiliki kandungan asam folat sebanyak 10 mcg dalam 100 gram buahnya. Meski sedikit, kandungan asam folat ini bisa menambah asupan asam folat selama Bunda mengandung, yaitu sebanyak 600 mcg.

Selain itu, tomat kaya akan vitamin dan antioksidan yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, karena sudah tahu berbagai manfaat tomat untuk ibu hamil, Bunda bisa mulai menambahkan tomat ke dalam menu makan Bunda dan keluarga sehari-hari. Bunda juga bisa menyajikan tomat dalam berbagai varian, misalnya dijadikan salad.

Perlu diingat, tomat yang harus Bunda pilih adalah tomat yang segar, bentuknya bulat, kulitnya halus, dan warnanya merata. Bunda juga harus membersihkan tomat terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Selain mengonsumsi tomat, Bunda juga tetap perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya. Bunda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu apabila masih bingung memilih makanan yang bisa dikonsumsi selama hamil.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Tomat Merah, Segar (Tomato, Red, Fresh).

Cleveland Clinic (2023). What Are the Health Benefits of Tomatoes?

Cleveland Clinic (2021). Pregnancy Constipation.

Babycenter (2021). Potassium During Pregnancy.

Healthline (2023). 22 High Fiber Foods You Should Eat.

Healthline (2023). Tomatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Health (2023). 6 Health Benefits of Tomatoes.

WebMD (2023). Leg Cramps and Leg Pain.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *