5 Vitamin B Kompleks untuk Ibu Hamil yang Bagus

Vitamin B kompleks untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat yang tidak boleh terlewatkan. Vitamin ini mampu mendukung perkembangan otak janin, menambah stamina selama hamil, meredakan mual, serta menurunkan risiko terjadinya cacat lahir dan preeklampsia.

Vitamin B kompleks adalah sekelompok vitamin B yang terdiri dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Sebenarnya, kebutuhan vitamin B kompleks selama hamil dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti ikan, daging, telur, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Selain itu, asupan vitamin B kompleks juga bisa diperoleh dari suplemen vitamin B kompleks untuk ibu hamil maupun dari suplemen kehamilan. Namun, sebelum Bunda mengonsumsinya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Bun.

Pilihan Vitamin B Kompleks untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa vitamin B kompleks untuk ibu hamil yang bagus dikonsumsi:

1. Nutrimax B Complex

Nutrimax B Complex merupakan salah satu merek vitamin B kompleks untuk ibu hamil. Suplemen vitamin ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B selama masa kehamilan.

Suplemen ini juga bisa mempercepat pemulihan setelah sakit, mengatasi kelelahan, serta meningkatkan imunitas dan stamina. Nutrimax B Complex ini tersedia dalam bentuk tablet yang bisa dikonsumsi sebanyak 1–2 tablet sehari setelah makan pagi atau siang.

2. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold bisa dijadikan pilihan sebagai vitamin B kompleks untuk ibu hamil, lho. Selain mengandung vitamin B kompleks, suplemen vitamin ini juga memiliki nutrisi lain, seperti zat besi, vitamin D, kalsium, hingga omega-3 yang bagus untuk masa kehamilan.

Kombinasi kandungan tersebut berperan penting dalam perkembangan sistem saraf, otak, mata, serta pertumbuhan tulang dan gigi janin maupun ibu hamil. Tak hanya itu saja, Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, serta mencegah anemia dan sembelit di masa kehamilan.

Konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold sebanyak 2 tablet sehari ya, Bun.

3. Ultra Vit B Complex

Ultra Vit B Complex memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12, yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Suplemen ini dapat meningkatkan stamina selama masa kehamilan, sehingga Bunda tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Ultra Vit B Complex juga bisa menjaga kesehatan otak, jantung, rambut, dan sistem saraf pada janin. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin B kompleks untuk ibu hamil ini, Ultra Vit B Complex bisa diminum 1 tablet, 1 kali sehari ya.

4. Vitamin B Complex IPI

Vitamin B Complex IPI adalah merek vitamin B kompleks untuk ibu hamil yang bagus untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin ini, kebutuhan vitamin B kompleks pun dapat terpenuhi, sehingga Bunda terhindar dari rasa lelah dan kurang berenergi. Vitamin B Complex IPI dapat dikonsumsi 1 kali sehari.

5. Nature’s Plus B Complex

Selain mengandung vitamin B kompleks, Nature’s Plus B Complex juga dilengkapi oleh kandungan kolin yang dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia, berat bayi lahir rendah, dan kelahiran prematur.

Selain itu, suplemen ini juga bermanfaat untuk mendukung metabolisme tubuh agar bisa menghasilkan energi dengan lebih optimal, mengurangi rasa cemas, dan menjaga kesehatan organ hati, kulit, sistem saraf, dan rambut. Nature’s Plus B Complex dapat diminum 1 kali sehari sesudah makan ya, Bun.

Berbagai suplemen vitamin B kompleks untuk ibu hamil di atas dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian selama hamil ya, Bun. Namun, perlu diingat, Bunda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat selama hamil, karena suplemen tidak dapat menggantikan nutrisi yang diperoleh dari makanan.

Sumber:

American Pregnancy Association (2024). Natural Sources of Vitamin B During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Roles of Vitamin B in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2024). Riboflavin Tablets.

Cleveland Clinic (2024). Vitamin B Complex Tablets or Capsules.

Healthline (2023). 15 Healthy Foods High in B Vitamins.

Healthline (2023). Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It?

Verywell Fit (2022). The Health Benefits of Vitamin B Complex.

WebMD (2024). Pantothenic Acid (Vitamin B5) – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2024). Passionflower – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2024). Vitamin B Complex Capsule – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2024). Vitamin B3 Tablet – Uses, Side Effects, and More.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *