6 Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil yang Aman dan Efektif

Obat batuk berdahak untuk ibu hamil menjadi solusi yang aman dan efektif dalam mengatasi batuk berdahak yang mengganggu. Obat ini juga bisa mengencerkan dahak dan memudahkan pengeluaran dahak dari saluran pernapasan.

Obat batuk berdahak untuk ibu hamil umumnya mengandung bahan pengencer dahak, seperti ekspektoran atau mukolitik. Namun, ada juga obat batuk berdahak yang terbuat dari bahan herbal.

Namun, perlu diingat ya, Bunda tetap harus teliti dalam memilih obat batuk berdahak yang tepat. Soalnya, jika salah konsumsi obat, bisa berdampak pada janin yang tengah dikandung lho, Bun.

Rekomendasi Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa pilihan merek obat batuk berdahak untuk ibu hamil yang bisa Bunda pilih:

1. Bisolvon

Bisolvon bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak untuk ibu hamil. Obat batuk ini mengandung bromhexine yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga dahak mudah dikeluarkan.

Untuk mengatasi batuk berdahak selama hamil, Bunda dapat mengonsumsi Bisolvon tablet maupun sirup sebanyak 3 kali sehari, ya. 

2. Ikadryl

Mengandung kombinasi diphenhydramine dan amonium klorida, Ikadryl bekerja dengan mengurangi produksi dan mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian, saluran napas akan jadi lebih bersih dan nafas pun lebih lega. Selain meredakan batuk, Ikadryl juga bisa mengatasi pilek.

Sebagai obat batuk berdahak untuk ibu hamil, Ikadryl bisa dikonsumsi 1–2 sendok takar, 3–4 kali sehari. Jangan lupa untuk mengocok botol obat sebelum diminum ya, Bun.

Perlu diingat, hindari aktivitas yang memerlukan konsentrasi, misalnya mengemudi, setelah mengonsumsi obat ini, ya. Soalnya, Ikadryl bisa menyebabkan kantuk, Bun.

3. Sanadryl Ekspektoran

Sanadryl Ekspektoran juga bisa dikonsumsi sebagai obat batuk berdahak untuk ibu hamil. Dengan kandungan diphenhydramine dan amonium klorida di dalamnya, obat ini bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak akibat iritasi atau alergi serta membantu membuat dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Dosis Sanadryl Ekspektoran yang bisa dipakai oleh ibu hamil adalah 10 ml, 3–4 kali sehari. Namun, obat batuk berdahak untuk ibu hamil ini dapat menyebabkan kantuk ya, Bun.

4. Rexcof

Obat batuk berdahak untuk ibu hamil selanjutnya adalah Rexcof. Obat ini memiliki kandungan bromhexine yang aman untuk ibu hamil maupun janin. Rexcof bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga dahak yang diproduksi mudah dikeluarkan saat batuk.

Rexcof tersedia dalam bentuk tablet dan sirop. Namun, hanya Rexcof tablet yang bisa Bunda konsumsi selama hamil, ya. Obat ini bisa dikonsumsi 1 tablet, 3 kali sehari.

5. Vicks VapoRub

Vicks VapoRub juga bisa dijadikan pilihan sebagai obat batuk berdahak untuk ibu hamil, Bun. Obat berbentuk balsam ini terbuat dari minyak eukaliptus, mentol, dan camphor yang dapat meredakan batuk berdahak dan mengencerkan dahak yang mengganggu di saluran pernapasan.

Bunda bisa menggunakan Vicks VapoRub dengan cara digosokkan secukupnya di dada, leher, dan punggung sebanyak 3–4 kali sehari.

6. Madu Murni TJ

Madu Murni TJ juga bisa membantu meringankan keluhan batuk berdahak selama hamil, lho. Terbuat dari 100% madu asli pilihan, Madu Murni TJ dipercaya dapat mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan, sehingga keluhan batuk berdahak bisa teratasi.

Tidak hanya itu saja, Madu Murni TJ juga bisa meningkatkan kualitas tidur serta menjaga daya tahan tubuh dan stamina selama hamil. Konsumsi madu ini 1–2 sendok makan, 3 kali sehari, ya. Bunda bisa minum secara langsung maupun mencampur madu ini dengan segelas air, teh, atau susu.

Berbagai merek obat batuk berdahak untuk ibu hamil di atas bisa menjadi pilihan dalam mengatasi batuk yang disertai dahak selama masa kehamilan, Bun.

Namun, jika batuk yang Bunda alami tidak kunjung membaik dalam 3 minggu, bahkan setelah minum obat, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Selain itu, untuk mempercepat penyembuhan batuk berdahak, Bunda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih, tidur yang cukup, menggunakan pelembap udara (air humidifier), dan minum vitamin prenatal selama hamil.

Sumber:

National Health Services UK (2023). Cough.

Cleveland Clinic (2023). Coughing Up Phlegm.

Mayo Clinic (2020). Symptoms. Cough.

MIMS Indonesia (2024). Bromhexine.

MIMS Indonesia (2024). Sanadryl/Sanadryl DMP.

Verywell Health (2023). Why You Might Be Coughing Up Phlegm.

WebMD (2023). Natural Cough Remedies.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *