7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil yang Penting Diketahui

Manfaat bayam untuk ibu hamil ada beragam lho Bun, mulai dari menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi sembelit, hingga mencegah cacat lahir pada bayi. Sayuran ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah anemia.

Semua manfaat tersebut bisa diperoleh karena sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti aneka vitamin, protein, serat, asam folat, kalium, zat besi, dan kalsium.

Beberapa Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beragam manfaat bayam untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi selama kehamilan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, yaitu vitamin C, vitamin E, vitamin B, vitamin A, zinc, protein, dan beragam jenis antioksidan. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, daya tahan tubuh akan kuat melawan kuman penyebab penyakit sehingga Bunda pun tidak mudah sakit.

Berbagai nutrisi tersebut pada bayam juga berperan penting untuk membentuk imunitas tubuh janin.

2. Mencegah sembelit

Konsumsi bayam dapat mencegah dan mengatasi sembelit lho, Bun. Nah, manfaat ini diperoleh dari kandungan serat dan air yang tinggi di dalam bayam. Selain itu, bayam juga kaya akan antioksidan, seperti beta karoten dan lutein, dan serat prebiotik yang baik untuk memelihara kesehatan saluran cerna. 

3. Menurunkan risiko terjadinya cacat lahir

Menurunkan risiko terjadinya cacat lahir pada janin merupakan salah satu manfaat bayam untuk ibu hamil.

Kandungan protein, lutein, dan asam folat (vitamin B9) di dalamnya berperan penting untuk mendukung perkembangan janin serta mencegah cacat lahir, seperti spina bifida. Itulah sebabnya, Bunda sangat disarankan untuk mengonsumsi bayam selama hamil.

4. Mencegah anemia

Bayam merupakan salah satu sumber zat besi yang berasal dari tumbuhan. Selain dari tumbuhan, zat besi lebih banyak terdapat pada daging, jeroan, ikan, dan telur. Mineral ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang bertugas untuk menghantar oksigen dan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Saat Bunda mengalami kekurangan zat besi, pembentukan hemoglobin akan terhambat dan bisa meningkatkan risiko terjadinya anemia akibat kekurangan zat besi. Beberapa keluhan yang timbul jika ibu hamil mengalami anemia adalah lemas, letih, sakit kepala, pusing, kulit pucat, rambut rontok, dan dada berdebar. 

5. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

Bayam ternyata juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin, lho. Ini berkat kandungan kalsium, vitamin K, dan magnesium yang tinggi di dalamnya. Nutrisi di dalam bayam tersebut juga baik untuk memperkuat tulang dan sendi tubuh Bunda selama masa kehamilan.

Selain untuk tulang dan gigi, bayam juga sangat penting dalam menunjang perkembangan jantung, saraf, otak, dan otot janin.

6. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Vitamin A dan vitamin C sangat dibutuhkan selama menjalani masa kehamilan. Nah, untuk mencukupi asupannya, Bunda bisa mengonsumsi bayam sebagai pilihannya. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan lutein di dalam bayam berperan penting dalam menjaga kesehatan mata ibu hamil maupun janin.

Tidak hanya mata saja, menfaat bayam untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kesehatan kulit, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, dan mendukung produksi kolagen selama hamil.

7. Menurunkan tekanan darah

Manfaat bayam untuk ibu hamil berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Jika tekanan darah terlalu tinggi biasanya Bunda disarankan untuk mengonsumsi bayam.

Kandungan kalium dan antioksidan yang tinggi di dalam sayuran berdaun hijau ini berfungsi untuk  menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya preeklampsia saat hamil.

Itulah manfaat bayam untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi oleh Bunda selama kehamilan. Namun, konsumsilah sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan ya, Bun.

Untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, menerapkan pola hidup sehat, dan memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sumber:

Baby Center (2021). What to Eat When Pregnant: The 12 Best Foods.

Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Healthline (2023). The 17 Best Foods to Relieve Constipation.

Healthline (2020). 5 Evidence-Based Benefits of Spinach Juice.

MedicineNet (2022). Is Eating Spinach Every Day Good for You? Benefits & Side Effects.

Verywell Fit (2022). Spinach Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2023). Health Benefits of Spinach.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *