5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Bentuk Badan yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri orang hamil dapat dilihat dari berbagai hal, salah satunya bentuk badan. Perubahan pada badan akan semakin terlihat seiring bertambahnya usia kehamilan. Perubahan yang paling terlihat adalah membesarnya perut dan payudara. Selain itu, ada lagi nggak ya ciri-ciri lainnya?

Berbagai Ciri-Ciri Orang Hamil dari Bentuk Badan

Pada awal kehamilan, Bunda mungkin belum merasakan ciri-ciri hamil dari bentuk badan. Namun, seiring berjalannya waktu, tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan. Berikut ini adalah ciri-ciri orang hamil dari bentuk badan:

1. Perut membesar

Perut membesar merupakan ciri-ciri orang hamil dari bentuk badan yang paling terlihat. Hal ini terjadi karena perkembangan janin di dalam rahim akan membuat perut Bunda terlihat membesar. Namun, perubahan tersebut biasanya baru terlihat pada trimester kedua kehamilan.

2. Payudara membesar

Selain perut, payudara juga merupakan bagian tubuh yang mengalami perubahan selama masa kehamilan. Pada trimester awal, payudara akan terasa makin membesar. Hal ini disebabkan oleh kelenjar serta saluran susu yang aktif terbentuk dan berkembang untuk mempersiapkan tubuh Bunda agar dapat menyusui Si Kecil.

Ketika mendekati waktu persalinan, payudara ibu hamil akan terasa makin penuh, berat, dan kencang. Bunda juga akan melihat kolostrum atau cairan berwarna keputihan yang keluar dari payudara. Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk menggunakan bra yang nyaman, ya.

3. Berat badan bertambah

Setiap ibu hamil memang akan mengalami kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia kehamilan. Hal ini normal dan memang umumnya akan lebih banyak terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Bertambahnya berat badan pada ibu hamil disebabkan oleh bertambahnya jumlah darah serta ukuran janin yang semakin membesar karena ia terus bertumbuh. Selain itu, pembengkakan di tangan, kaki, atau pergelangan kaki juga bisa menjadi faktor penyebab dari kenaikan berat badan yang Bunda alami.

4. Perubahan warna kulit

Ciri-ciri orang hamil dari bentuk badan lainnya adalah dari perubahan warna kulit. Sebagian ibu hamil mungkin memiliki kulit yang terlihat lebih cerah (pregnancy glow), karena peningkatan hormon dan volume darah. Namun, ada juga yang mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, seperti melasma.

Selain itu, ibu hamil juga rentan mengalami stretch mark serta kulit gatal dan kering selama kehamilan. Berbagai kondisi tersebut normal terjadi kok, Bun. Namun, jika Bunda mengalami gatal yang berlebihan di akhir kehamilan, segera temui dokter ya.

5. Rambut rontok

Rambut rontok juga bisa terjadi selama kehamilan.Kondisi ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon atau kurangnya asupan vitamin dan mineral saat hamil. Meski begitu, kerontokan ini biasanya hanya terjadi sementara dan rambut akan tumbuh kembali setelah melahirkan. Jadi, Bunda tidak perlu cemas, ya.

Itulah berbagai ciri-ciri orang hamil dari bentuk badan yang bisa diketahui. Perubahan ini bukanlah hal yang perlu dicemaskan ya Bun, karena bentuk tubuh bisa kembali normal setelah melahirkan, kok.

Namun, bila perubahan bentuk badan yang Bunda alami sangat mengkhawatirkan, misalnya kaki bengkak sampai tidak bisa jalan dan terasa nyeri, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

Family Doctor (2021). Changes in Your Body During Pregnancy: First Trimester.

Verywell Family (2021). How Your Body Changes During Pregnancy.

Verywell Health (2023). What Is a Pregnant Belly?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *