Silex untuk Ibu Hamil, Amankah Penggunaannya?

silex untuk ibu hamil, diary bunda

Silex untuk ibu hamil merupakan salah satu obat yang sering digunakan mengatasi pilek dan batuk. Obat ini banyak dipilih karena terbuat dari bahan-bahan herbal sehingga dianggap aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, apakah Silex aman dipakai oleh ibu hamil guna mengatasi batuk?

Batuk dan pilek saat hamil sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, kok, Bun. Namun, keluhan ini juga bisa membuat Bunda merasa tidak nyaman, bahkan sampai sulit tidur apabila batuk dan pilek muncul secara terus-menerus.

Untuk meredakan keluhan, Bunda bisa memilih obat dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil. Nah, salah satu obat yang dipercaya aman serta ampuh untuk mengatasi batuk dan pilek adalah Silex.

Berbagai Kandungan Silex untuk Ibu Hamil

Sewaktu memilih obat untuk meredakan batuk dan pilek, Bunda memang harus memperhatikan kandungannya. Alasannya, ada beberapa obat yang kandungannya ternyata bisa membahayakan janin.

Nah, karena Silex untuk ibu hamil diyakini bisa dikonsumsi secara aman oleh ibu hamil, Bunda juga perlu tahu, nih, apa saja kandungan yang ada di dalamnya, beserta dengan manfaatnya. Ini kandungannya:

1. Thyme

Thyme merupakan salah satu bahan herbal utama yang paling banyak terkandung dalam Silex untuk ibu hamil. Soalnya, dalam 5 ml Silex, terkandung 250 mg ekstrak thyme. Meski biasanya digunakan sebagai bahan masakan, tanaman herbal ini ternyata juga berkhasiat untuk meredakan batuk dan pilek, lho.

Jadi, tak heran jika thyme menjadi salah satu bahan dalam Silex untuk ibu hamil, yang merupakan obat untuk meredakan batuk.

2. Marsh mallow

Selain thyme, tumbuhan marsh mallow (Althaea officinalis) juga terdapat di dalam Silex untuk ibu hamil. Dengan kandungan sebanyak 175 mg per 5 ml Silex, ekstrak tanaman herbal ini berfungsi untuk mengencerkan dahak, sehingga batuk yang dialami Bunda mereda.

Ekstrak marsh mallow ini juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil, lho. Meski begitu, untuk mengonsumsinya, Bunda disarankan untuk berkonsultasi dahulu ke dokter, ya.

3. Primula

Bunga primrose (Primula vulgaris) juga merupakan salah satu bahan yang terkandung dalam Silex untuk ibu hamil. Dalam 5 ml Silex, terkandung 50 mg ekstrak tanaman herbal ini. Dengan sifat antiradangnya, primula bisa meredakan batuk dan pilek yang terjadi karena peradangan atau infeksi.

4. Minyak eucalyptus

Bunda pasti sudah sering mendengar tentang minyak eucalyptus, kan? Nah, minyak ini juga ada di dalam Silex untuk ibu hamil. Meski jumlah kandungannya tidak begitu banyak, yakni sebanyak 0,5 mg, bahan ini bisa meredakan batuk dan rasa gatal di tenggorokan, sekaligus melegakan pernapasan.

5. Minyak anise

Selain minyak eucalyptus, minyak anise atau adas manis juga terkandung dalam Silex untuk ibu hamil. Bahan ini bekerja dengan cara mengurangi iritasi di tenggorokan serta membuat lendir jadi encer sehingga mudah dikeluarkan.

Selain itu, minyak anise juga bisa mencegah efek samping bahan-bahan herbal lain yang terkandung pada obat ini, seperti sembelit dan sakit perut.

Silex untuk Ibu Hamil Aman Dikonsumsi

Seperti yang telah disebutkan, sebelum mengonsumsi obat saat hamil, Bunda perlu memilih obat yang bahannya aman untuk janin dan kandungan. Dengan begitu, janin atau kandungan tidak akan mengalami gangguan.

Nah, apakah Silex untuk ibu hamil aman untuk dikonsumsi? Jawabannya adalah aman, Bun.  Berbagai bahan herbal alami yang terkandung pada obat ini tergolong aman bagi ibu hamil maupun janin. Tak hanya untuk ibu hamil, Silex juga aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Dengan berbagai kandungan tanaman herbalnya, Silex menjadi obat untuk meredakan batuk yang aman dan ampuh bagi ibu hamil. Bunda bisa mengonsumsi obat ini sebanyak 1 sendok takar, 3–4 kali sehari.

Meski memang aman, Bunda tetap perlu berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter untuk mengonsumsi obat batuk dan pilek ini, ya. Hal ini penting agar dokter bisa memastikan apakah Silex untuk ibu hamil cocok Bunda konsumsi serta mencegah terjadinya efek samping obat.

Apabila batuk atau pilek yang dialami tidak juga membaik, bahkan ketika sudah mengonsumsi obat-obatan, Bunda juga perlu segera ke dokter, ya. Dengan periksa ke dokter, Bunda bisa tahu penyebab terjadinya batuk atau pilek yang Bunda alami.

Sumber:

American Pregnancy Association (2024). Healthy Pregnancy. Cough and Cold During Pregnancy.

Mount Sinai (2023). Health Library. Marshmallow.

Baby Center (2023). Is It Safe to Take Cold Medicine while Pregnant?

Baby Centre UK. (2023). Over-the-Counter Medicines in Pregnancy.

Healthline (2018). What Medicines Can I Take While Pregnant?

MIMS Indonesia. Silex.

WebMD (2023). Anise – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2023). Eucalyptus – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2023). Evening Primrose Oil – Uses, Side Effects, and More.

WebMD (2022). Health Benefits of Thyme.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *