Ini Ciri Gerakan Janin Sudah Masuk Panggul

Ciri gerakan janin sudah masuk panggul penting diketahui karena hal ini bisa menandakan kalau hari kelahiran Si Kecil sudah dekat, Bun. Nggak susah kok, Bun, untuk mengetahui bagaimana gerakan janin ketika sudah masuk ke panggul. Yuk, simak caranya!

Tahukah Bunda? Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kepala janin sudah mulai masuk ke panggul. Salah satunya adalah dengan merasakan gerakan janin. Dengan mengetahui ciri gerakan janin sudah masuk panggul, Bunda bisa makin mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran Si Kecil yang tinggal menghitung hari. 

Ciri Gerakan Janin Sudah Masuk Panggul

Janin yang sehat biasanya akan aktif bergerak. Tidak jarang, ibu hamil merasakan sensasi seperti letupan atau menggelitik di dalam perut, tepatnya ketika kehamilan berusia 16–20 minggu. 

Dengan makin bertambahnya usia kehamilan dan pertumbuhan janin, Bunda bisa merasakan gerakan yang lebih kuat. Terkadang, Bunda juga bisa melihat adanya sedikit tonjolan di perut ketika Si Kecil menendang atau mendorong dinding rahim. 

Pergerakan janin pun kian berubah mendekati hari kelahiran. Ini karena ruang geraknya terbatas seiring dengan ukurannya yang makin besar. Pada saat usia kehamilan mencapai sekitar 32–36 minggu, kepala janin juga biasanya sudah menghadap ke jalan lahir. 

Nah, kira-kira bagaimana ya ciri gerakan janin sudah masuk panggul? Mudah saja, Bun. Bunda bisa mengetahui jika janin sudah di bawah apabila:

  • Merasakan adanya tonjolan yang teraba agak keras di perut bagian bawah Bunda. Tonjolan ini kemungkinan adalah kepala janin.
  • Merasakan gerakan seperti tendangan yang lebih kuat di bawah tulang rusuk atau di atas pusar Bunda.
  • Merasakan adanya gerakan yang kecil atau halus pada bagian bawah perut maupun dekat panggul. Bisa jadi, gerakan tersebut adalah tangan atau siku Si Kecil.
  • Merasakan permukaan yang lebih datar tepat di perut Bunda. Ini menandakan kalau bayi memunggungi perut Bunda karena ia berada di posisi anterior, yaitu posisi yang ideal untuk persalinan normal.
  • Merasakan adanya sensasi seperti cegukan di bawah perut Bunda.

Untuk benar-benar mengetahui ciri gerakan janin sudah masuk panggul, duduklah  bersandar atau berbaring relaks. Setelah itu, Bunda raba atau tekan perut Bunda dengan lembut.

Selain dengan merasakan gerakan janin, Bunda juga bisa mengalami beberapa tanda berikut ini ketika janin sudah masuk panggul:

  • Sering buang air kecil karena kepala janin menekan kandung kemih.
  • Nyeri pada panggul dan punggung karena kepala janin memberikan tekanan pada otot dan sendi punggung.
  • Pernapasan terasa lebih lega karena janin tidak lagi banyak menekan rongga dada dan diafragma.
  • Bentuk perut ibu hamil jadi lebih menurun karena posisi janin sudah mengarah ke bawah.

Jika merasakan atau mengalami tanda yang mirip dengan ciri gerakan janin memasuki panggul di atas, Bunda tetap perlu ke dokter ya untuk menjalani pemeriksaan USG agar posisi janin terlihat dengan lebih jelas. 

Namun, jangan khawatir kalau Bunda belum merasakan ciri gerakan janin sudah masuk panggul. Mungkin, Bunda memang tidak sadar dan tidak merasakannya karena kondisi setiap ibu hamil bisa berbeda. Untuk memastikannya, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk memastikan posisi janin. 

Sumber:

Whiting, F. Baby Centre UK (2022). How Will My Baby’s Movements Feel, Week by Week?

Miles, K. Baby Center (2023). Fetal Movement: When Can You Feel Your Baby Move?

Miles, K. Baby Center (2023). When Will My Baby Drop?

Marcin, A. Healthline (2020). Signs That Your Baby Has Turned into a Head-Down Position.

Riley, L. Parents (2023). Your Baby’s Position in the Womb.

Weiss, R. E. Verywell Family (2021). Fetal Positions for Labor and Birth.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *