7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi umumnya bisa dilakukan di rumah. Cara ini akan membantu Si Kecil kembali ceria dan menghilangkan rasa tidak nyaman di perutnya. Meski mudah dilakukan, Bunda tetap perlu memperhatikan beberapa hal ketika mencoba mengatasi perut kembung pada Si Kecil, ya.

Sama seperti orang dewasa, perut bayi juga bisa kembung. Hal ini cukup wajar karena bayi yang berusia antara 1–4 bulan banyak menelan udara ketika ia menyusu, minum susu atau ASI dari botol, mengisap dot, atau menangis.

Nah, udara atau gas yang terperangkap di perut bayi inilah yang membuatnya kembung. Tidak jarang, perut kembung membuat bayi lebih rewel dan merasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana ya cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Bunda lakukan?

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Bun, kebayang kan bagaimana rasanya saat perut terasa kembung? Hal ini juga bisa dirasakan Si Kecil, lho. Namun, bayi tidak bisa menyampaikan langsung ketidaknyamannya sehingga ia akan lebih banyak menangis dan jadi lebih rewel.

Selain itu, bayi juga akan menunjukkan beberapa tanda ketika perutnya kembung dan bergas, seperti susah tidur, nafsu makan menurun, menarik kaki ke arah dadanya, sering buang angin, terdengar bunyi gemuruh dari perutnya, hingga perut yang terasa keras saat dipegang. 

Nah, Bunda bisa melakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi seperti berikut:

1. Menggerakkan kaki bayi seperti bersepeda

Cara mengatasi kembung pada bayi tidak susah kok, Bun. Pertama, Bunda bisa memosisikan bayi hingga berbaring telentang. Kemudian angkat kedua kaki bayi ke udara dan ayunkan perlahan seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini diketahui dapat mengeluarkan gas dari perut sehingga mampu mengatasi kembung.

2. Memijat perut bayi

Memijat perut Si Kecil juga bisa membantu mengurangi kembung, lho. Ini karena memijat dapat mendorong udara yang ada di perut untuk bergerak keluar. Bunda hanya perlu meletakkan bayi ke posisi telentang. Setelah itu, pijat perut bayi dengan gerakan ke luar, tepatnya dari tulang rusuk ke arah pinggulnya. 

Nah, agar lebih aman dan efektif, Bunda bisa memberikan pijatan di perut Si Kecil pada malam hari ya. Bunda sebaiknya tidak memijat Si Kecil setelah ia baru selesai menyusu karena bisa menyebabkannya muntah.

3. Mengoleskan minyak telon

Minyak telon terbuat dari bahan-bahan alami yang cocok untuk kulit bayi. Minyak ini bisa meredakan perut kembung pada bayi sekaligus membuat tubuhnya lebih hangat. Dengan begitu, Si Kecil bisa beristirahat lebih nyaman dan tidak lagi rewel karena perut kembung.

Minyak telon ini bisa Bunda gunakan untuk mengatasi perut kembung pada Si Kecil sambil memberikan pijatan yang lembut di perutnya.

4. Mandikan bayi dengan air hangat

Tahukah Bunda, memandikan Si Kecil dengan air hangat juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi, lho. Ini karena air hangat bisa merangsang usus untuk bergerak dan mengeluarkan gas di perutnya. 

Selain itu, Bunda juga bisa mengompres perut Si Kecil. Caranya, rendam handuk dalam air hangat, kemudian peras dan tempelkan pada perut bayi. Cara ini juga bisa membantu meredakan sakit perut sehingga bayi merasa lebih baik.

5. Tummy time

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang berikutnya ialah meletakkan Si kecil dalam posisi tengkurap selama 2 menit atau yang biasa disebut tummy time. Tidak hanya membuat leher dan bagian tubuh atas bayi lebih kuat, posisi ini juga dapat membantu mengeluarkan gas yang terjebak di perut bayi.

Saat Bunda memosisikan Si Kecil ke posisi tengkurap, pastikan hidung dan mulutnya tidak tertutup ya, supaya pernapasannya tidak terhambat.

6. Menyendawakan bayi

Cara ini bisa mengatasi perut kembung pada bayi karena bisa mengeluarkan udara berlebih yang terperangkap di dalam perutnya. Cara menyendawakan bayi ini cukup mudah, kok. 

Gendong Si Kecil dalam posisi tegak dengan kepalanya bersandar pada pundak Bunda. Tepuk-tepuk pelan punggungnya selama beberapa menit sampai ia bersendawa. Setelah bersendawa, Si Kecil biasanya juga akan gumoh dan hal ini normal terjadi ya, Bun. 

7. Perhatikan posisi bayi saat memberinya makan

Bun, kembung mungkin terjadi karena posisi ketika Bunda menyusui Si Kecil masih kurang tepat. Maka dari itu, perhatikan posisi bayi ya ketika ingin memberinya ASI atau susu di botol.

Pastikan tubuh Si Kecil bagian atas lebih tinggi supaya susu bisa masuk ke perutnya dengan perlahan. Selain itu, angkat botol susu sedikit lebih tinggi supaya tidak ada gelembung udara di bagian dot. Cara ini bisa mengurangi bayi menelan banyak udara.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Bunda lakukan. Berbagai cara tersebut umumnya ampuh dan mudah dilakukan. Namun, kalau tidak berhasil membuat Si Kecil nyaman atau ia tampak sangat kesakitan, ini mungkin menandakan bahwa ia mengalami kolik.

Jika Si Kecil mengalaminya, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.

Sumber:

Cherney, K. Healthline (2020). What Are the Potential Health Benefits of Cajeput Oil?

Crider, C. Healthline (2020). Baby Massage for Gas.

Kumar, K. MedicineNet. How Can I Relieve My Baby’s Gas Fast?

Raising Children Network Australia (2023). Newborn wind and burping: in pictures.

Charaipotra, S. The Bump (2024). What to Do for a Gassy Baby.

Brown, T. WebMD (2024). Infant Gas: How to Prevent and Treat It.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *