Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Bikin Nggak Nyaman? Yuk, Atasi!

Sakit pinggang saat hamil muda bikin Bunda khawatir dan jadi nggak nyaman beraktivitas? Tenang dulu ya, Bun. Melalui artikel ini, Bunda bisa mengetahui apa yang menyebabkan pinggang terasa sakit di usia kehamilan yang masih muda serta bagaimana cara mengatasinya dengan aman dan efektif.

Pada ibu hamil, sakit pinggang cukup sering terjadi lho, terlebih ketika usia kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga karena perut makin besar. Tapi, banyak juga lho yang mengalami sakit pinggang saat hamil muda. Kok bisa, ya?

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Duh, sakit pinggang saat hamil muda bikin Bunda nggak nyaman dan kepikiran terus? Tenang, Bun. Kondisi ini memang wajar terjadi, kok. Sakit pinggang bisa terjadi di usia kehamilan yang masih muda karena beberapa hal, seperti perubahan hormon.

Perubahan hormon ketika hamil menyebabkan ligamen meregang guna mempermudah proses lahiran nantinya. Hal inilah yang membuat sendi pada punggung bawah dan panggul Bunda jadi lebih tegang sehingga menimbulkan sakit pinggang.

Tidak hanya karena perubahan hormon, berat badan yang bertambah saat hamil juga bisa menyebabkan timbulnya sakit pinggang saat hamil muda, lho. Ini karena janin kian tumbuh dan berkembang di dalam perut Bunda sehingga rahim akan lebih menekan punggung dan pinggang. Oleh karena itu, pinggang Bunda jadi terasa sakit.

Beberapa kondisi lainnya, seperti berat badan berlebih, cedera, dan kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga, juga bisa menjadi faktor pemicu terjadinya sakit pinggang saat hamil. 

Oleh karena itu, Bunda perlu menjalani gaya hidup sehat dan melakukan beberapa cara untuk mengurangi sakit pinggang.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Sakit pinggang saat hamil memang tidak bisa dihindari. Namun, ada lho cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengurangi rasa sakit ini. Tak hanya bisa mengurangi nyeri, beberapa cara ini juga bisa mencegah sakit pinggang sering kambuh di tengah masa kehamilan, yaitu:

  • Hindari terlalu sering mengangkat benda-benda yang berat. Mintalah bantuan orang lain ketika harus membawa benda berat.
  • Jika memang terpaksa harus mengangkat benda yang berat, pastikan Bunda menekuk lutut dan menjaga punggung tetap lurus ketika mengangkat atau mengambil benda tersebut dari lantai. 
  • Pastikan punggung tetap lurus dan tertopang dengan baik saat duduk. Agar lebih nyaman, Bunda bisa menggunakan bantal penyangga.
  • Lakukan stretching atau olahraga ringan untuk ibu hamil.
  • Gunakan sepatu dengan alas yang datar dan rendah.
  • Usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama.
  • Hindari aktivitas yang berat dan memberi beban pada punggung dan pinggang, seperti berlari, menaiki tangga, hiking, membungkuk, dan memutar tubuh secara tiba-tiba.
  • Kompres hangat atau gunakan heating pad, kemudian kompres dingin selama 15 menit di bagian pinggang yang terasa sakit.
  • Istirahat yang cukup, yakni tidur selama 7–9 jam setiap malam.
  • Relaksasikan tubuh dengan pijat khusus ibu hamil atau mandi air hangat.
  • Gunakan kasur yang nyaman dan padat untuk tidur. Agar lebih nyaman dan aman, Bunda bisa tidur dengan posisi miring ke kiri.

Peregangan untuk Mengurangi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Beberapa gerakan olahraga untuk mengurangi sakit pinggang saat hamil muda bisa Bunda lakukan. Salah satu gerakan tersebut adalah low back stretch, yang dalam yoga juga disebut sebagai child pose. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Posisikan tubuh Bunda seperti merangkak, yakni lengan lurus menempel ke matras dan terbuka selebar bahu.
  • Sejajarkan kepala dengan punggung. 
  • Ulurkan lengan ke depan secara perlahan sejauh yang Bunda mampu lakukan. Usahakan kepala menghadap ke bawah dan bokong tetap relaks.
  • Atur napas, kemudian ulangi lagi gerakan tersebut sebanyak 10 kali secara perlahan.

Bunda bisa melakukan gerakan di atas secara rutin. Selain itu, Bunda juga bisa mengikuti kelas prenatal yoga supaya otot punggung dan pinggang lebih kuat di masa kehamilan. Jadi, sakit punggung saat hamil muda bisa berkurang. 

Namun, untuk ibu hamil yang memiliki kondisi kehamilan tertentu, alangkah baiknya tanyakan terlebih dulu kepada dokter terkait cara yang tepat untuk mengatasi keluhan ini, ya.

Selain itu, apabila sakit pinggang saat hamil muda tidak kunjung membaik hingga lebih dari 2 minggu, terasa makin parah, dan disertai dengan nyeri saat buang air kecil hingga pendarahan, jangan tunda ke dokter ya, Bun.

Sumber:

Australian Government Department of Health and Aged Care. Pregnancy Birth & Baby (2022). Backache in Pregnancy.

National Health Service UK (2024). Back Pain in Pregnancy.

Johns Hopkins Medicine. Back Pain in Pregnancy.

Mayo Clinic (2024). Back Pain During Pregnancy: 7 Tips for Relief.

Mayo Clinic (2023). Pregnancy Stretches.

Miles, K. Baby Center. Lower back pain during pregnancy.

Kids Health. What Can I Do to Relieve My Pregnancy Backaches?

Rossi, H.L. Parents (2024). 14 Pregnancy Back Pain Relief Strategies.

Dunkin, M.A. WebMD (2022). Back Pain in Pregnancy.

Published
Categorized as Pregnancy

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *