Sakit Pinggang Saat Hamil Trimester 3, Begini Cara Mengatasinya

sakitpinggangsaathamiltrimester3, diary bunda

Sakit pinggang saat hamil trimester 3 memang bisa membuat tidak nyaman, Bun. Meski umumnya normal terjadi, keluhan ini terkadang bisa mengganggu aktivitas. Nah, melalui artikel ini, Bunda bisa mengetahui cara untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil agar bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Keparahan sakit pinggang saat hamil trimester 3 bisa berbeda-beda pada tiap ibu hamil. Ada yang sakitnya terasa ringan, ada juga yang sakitnya terasa berat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Selain tingkat keparahannya yang berbeda-beda, intensitasnya juga bisa beragam pada tiap ibu hamil nih, Bun. Ada yang mengalami sakit pinggang dengan rasa yang hilang timbul, ada juga yang mengalami secara terus-menerus sampai hari persalinan tiba.

Meski biasanya dirasakan saat trimester 3 kehamilan, sakit pinggang juga bisa saja mulai terasa saat masih di trimester 2, Bun. Rasa sakitnya juga bisa terasa lebih berat seiring dengan bertambahnya ukuran janin.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Trimester 3

Sakit pinggang memang terkadang bisa bikin khawatir ya, Bun. Namun, keluhan ini sebenarnya wajar terjadi saat hamil kok, apalagi di trimester 3. 

Sakit pinggang saat hamil trimester 3 umumnya terjadi karena perubahan hormon  yang membuat ligamen atau jaringan penyokong di area pinggang meregang. Hal ini memang normal terjadi sebagai upaya tubuh untuk mempersiapkan diri agar proses persalinan menjadi lebih mudah nantinya.

Namun, karena ligamen meregang, otot dan sendi di area tersebut menjadi mudah tegang. Inilah yang menimbulkan rasa sakit di pinggang.

Selain karena perubahan hormon, sakit pinggang juga bisa terjadi karena pertambahan berat badan, Bun. Pertambahan berat badan saat hamil biasanya mencapai 11–13 kg sehingga tulang pinggang harus siap menopang beban yang seberat itu. Terlebih lagi, pembesaran rahim juga bisa menekan pembuluh darah dan saraf di area pinggang.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Trimester 3

Seperti yang telah disebutkan, sakit pinggang saat hamil trimester 3 sebenarnya wajar saja, Bunda. Namun, kalau sakit pinggang yang dirasakan sampai membuat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, Bunda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Begini caranya:

  • Hindari mengangkat benda yang terlalu berat. Jika memang terpaksa, pastikan untuk menjaga punggung tetap lurus ketika mengangkat benda.
  • Jangan berdiri atau duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit.
  • Pastikan punggung tetap lurus ketika duduk. Gunakan bantal kecil untuk menopang punggung apabila diperlukan.
  • Gunakan alas kaki yang datar dan empuk. Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi.
  • Hindari aktivitas yang bisa memberi beban terlalu berat di pinggang dan punggung, seperti berlari, menaiki tangga, dan hiking.
  • Kompres hangat di bagian pinggang yang nyeri selama 20 menit, kemudian kompres dingin selama 20 menit di bagian yang sama.
  • Istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya 7–9 jam per hari.
  • Lakukan relaksasi dengan pijat hamil atau mandi air hangat.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, secara rutin, serta lakukan stretching
  • Gunakan kasur yang nyaman dan empuk saat tidur. Sebaiknya, Bunda tidur dalam posisi miring agar lebih nyaman.

Meski umumnya normal, sakit pinggang saat hamil di trimester 3 juga perlu diwaspadai apabila makin parah dan disertai dengan keluhan lain, seperti nyeri saat buang air kecil, kesemutan di kaki, atau nyeri terasa makin berat. Ketika mengalaminya, Bunda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Sumber:

National Health Services U.K. (2024). Pregnancy. Back Pain in Pregnancy.

Johns Hopkins Medicine (2023). Conditions and Diseases. Back Pain in Pregnancy.

Mayo Clinic (2024). Pregnancy Week by Week. Back Pain During Pregnancy: 7 Tips for Relief.

American Pregnancy Association. Hip Pain During Pregnancy.

KidsHealth (2021). For Parents. What Can I Do to Relieve My Pregnancy Backaches?

The Bump (2024). What to Do About Hip Pain During Pregnancy.

Healthline (2023). How to Relieve and Prevent Hip Pain During Pregnancy.

Verywell Health (2023). What Is Lower Back Pain in Pregnancy?

WebMD (2022). Back Pain in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *