Seperti Apa Gerakan Janin 6 Bulan yang Sehat?

Gerakan janin 6 bulan yang sehat dapat menandakan bahwa ia tumbuh dan berkembang secara optimal. Di usia kehamilan ini, Bunda akan merasakan berbagai gerakan janin yang makin kuat. Selain itu, Bunda juga mulai bisa mengajak Si Kecil berinteraksi, lho. 

Merasakan gerakan janin dalam perut untuk pertama kalinya merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu selama kehamilan ya, Bun. Umumnya, janin akan mulai terasa gerakannya antara usia kehamilan 16–25 minggu.

Dibandingkan saat hamil 5 bulan, gerakan janin 6 bulan akan makin terasa. Untuk memastikan apakah gerakan janin 6 bulan normal dan sehat, Bunda bisa menghitung dan mencatatnya, ya.  

Begini Gerakan Janin 6 Bulan yang Sehat

Janin 6 bulan memiliki banyak ruang untuk bergerak sehingga ia bisa menendang, meninju, bahkan berguling-guling secara bebas. Gerakan janin 6 bulan yang sehat ini juga akan terasa makin kuat dan aktif. Makanya, jangan kaget ya, kalau Bunda cukup sering merasakannya.

Tidak hanya Bunda saja nih, tetapi Ayah juga bisa merasakan gerakan Si Kecil saat memegang perut Bunda. Gerakan janin juga dapat teraba atau bahkan terlihat dari luar perut, lho. 

Kalau gerakan janin belum terasa, tidak usah panik dulu, karena mungkin saja janin sedang tidur atau memang lagi malas bergerak. Soalnya, pergerakan janin memang tidak muncul setiap waktu. 

Bunda bisa lho melakukan perhitungan selama 2 jam untuk memantau gerakan Si Kecil. Umumnya, janin 6 bulan yang sehat akan bergerak atau menendang kurang lebih 10 kali. 

Selain itu, janin 6 bulan juga akan mengalami cegukan untuk pertama kalinya. Kondisi ini ditandai dengan hentakan dari dalam perut yang terjadi berkali-kali. Cegukan pada janin biasanya muncul bersamaan dengan kemampuan ia untuk belajar bernapas, mengisap, menguap, atau menelan.  

Perkembangan janin 6 bulan juga sangat pesat, Bunda. Janin sudah bisa menggerakkan bola matanya serta merespons suara dan sentuhan Bunda. Itulah sebabnya, hamil 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk mulai menjalin ikatan emosional yang lebih akrab dengan Si Kecil.

Penting bagi Bunda untuk mengetahui gerakan janin 6 bulan yang sehat. Soalnya, ini dapat membantu Bunda mendeteksi kondisi kesehatan janin di dalam kandungan. Namun, jika setelah dihitung gerakan janin tidak seperti biasa, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya, ya.

Sumber: 

Pregnancy, Birth & Baby Australia (2024). Baby Movements During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2024). Healthy. Fetal Development.

American Pregnancy Association (2024). Counting Baby Kicks. 

Baby Center (2023). Fetal Movement: When Can You Feel Your Baby Move?

The Bump (2021). Fetal Hiccups: Why Do Babies Get Hiccups in the Womb?

Healthline (2020). What to Expect at 6 Months Pregnant.

Parents (2024). What To Expect With Fetal Movement Throughout Pregnancy.

WebMD (2023). Feeling Your Baby Kick. 

WebMD (2022). The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

What to Expect (2023). When Can You Feel Your Baby Move and Kick.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *