8 Tanda-Tanda Hamil sebelum Telat Haid

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang dialami wanita bisa bermacam-macam. Tanda-tanda ini sering kali tidak khas dan bisa mirip dengan gejala kondisi lain, sehingga banyak wanita yang tidak sadar bahwa ia sebetulnya sedang hamil. Supaya tidak bingung, yuk kenali apa saja tanda-tanda hamil sebelum telat haid di artikel ini!

Tanda awal kehamilan yang paling umum adalah terlambat haid selama 1–2 minggu, atau lebih dari 24–38 hari dari siklus menstruasi bulanan. Namun,  terlambat haid nggak selalu terjadi karena hamil, lho. 

Terkadang, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti stres, olahraga berlebihan, dan ketidakseimbangan hormon. Lantas, bagaimana ya mengenali tanda-tanda hamil sebelum telat haid? 

Tanda-Tanda Hamil sebelum Telat Haid

Terlambat menstruasi sering kali menjadi gejala kehamilan yang paling pertama disadari oleh para wanita. Namun, gejala awal kehamilan lainnya juga bisa saja terjadi pada hari-hari menjelang terlambat menstruasi.

Nah, berikut ini adalah gejala kehamilan yang sebenarnya bisa muncul sebelum telat haid:

1. Payudara terasa nyeri 

Memasuki masa kehamilan, perubahan hormon membuat payudara jadi lebih sensitif dan menimbulkan rasa nyeri. Nah, kondisi ini merupakan tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang sering kali dianggap sebagai gejala PMS. 

Bedanya, nyeri payudara sebagai tanda awal kehamilan akan terasa lebih bengkak dan penuh saat disentuh.

2. Munculnya flek

Flek atau perdarahan ringan dari vagina juga merupakan salah satu tanda hamil yang bisa muncul sebelum telat haid. Perdarahan ini sering kali dianggap sebagai menstruasi, padahal berbeda

Umumnya, keluarnya flek yang disebabkan oleh kehamilan berlangsung singkat, yakni sekitar beberapa jam hingga 1 atau 2 hari saja. Jumlah darah yang keluar pun lebih sedikit, bahkan hanya tampak sebagai bercak.

3. Mual 

Mual umumnya dirasakan pada beberapa bulan pertama kehamilan. Terkadang, keluhan mual ini bahkan sudah bisa muncul sebelum terlambat menstruasi. 

Tanda hamil sebelum telat haid ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan, yaitu human chorionic gonadotropin (hCG). Biasanya, keluhan mual akan menjadi lebih parah pada kehamilan minggu ke–12 hingga ke–14.

4. Mudah lelah

Kamu merasa jadi mudah lelah dan mengantuk? Nah, kondisi ini juga bisa jadi tanda-tanda hamil sebelum telat haid, lho. Mudah lelah sendiri terjadi karena peningkatan kadar hormon progesteron selama awal kehamilan. 

Untuk mengatasi rasa kantuk dan lelah tersebut, kamu disarankan lebih banyak beristirahat ya.

5. Perut kembung

Memang, ukuran janin pada awal kehamilan masih sangat kecil sehingga perut belum terlihat besar atau menonjol. Akan tetapi, ada sebagian ibu hamil yang perutnya terlihat sedikit membesar pada awal kehamilan. 

Nah, membesarnya perut pada minggu-minggu pertama kehamilan umumnya disebabkan oleh perut kembung, yang merupakan tanda-tanda hamil sebelum telat haid. Kembung dirasakan sebagai akibat dari adanya lonjakan hormon. Selain kembung, wanita yang baru hamil beberapa minggu juga akan jadi lebih sering buang angin atau kentut.

6. Perut terasa nyeri atau kram

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang berikutnya adalah kram perut ringan yang mirip dengan gejala PMS. Kram ini sendiri terjadi karena adanya proses pembuahan dan perkembangan rahim untuk mempersiapkan janin bertumbuh. 

7. Sembelit

Tidak hanya perut kembung dan kram, tanda-tanda hamil sebelum telat haid juga bisa disertai dengan sembelit. Ini karena peningkatan kadar hormon progesteron saat hamil membuat kerja pencernaan jadi lebih lambat. Hal ini membuat tinja jadi lebih sulit dikeluarkan.

8. Perubahan suasana hati

Tiba-tiba senang, tapi tidak lama kemudian merasa sedih? Nah, kondisi ini biasanya dinamakan mood swing dan sering dialami menjelang haid. Namun, mood swing atau perubahan suasana hati yang drastis ini juga bisa menjadi tanda-tanda hamil sebelum telat haid lho. 

Mood swing disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh yang membuat wanita jadi lebih emosional dan sensitif. Hal ini sangat wajar dan normal, kok.

Kalau kamu mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda hamil sebelum telat haid seperti yang disebutkan di atas, coba lakukan tes kehamilan dengan test pack dulu, ya. Jika hasilnya negatif, kamu bisa mengulang tes dalam waktu 7–10 hari setelahnya. 

Kalau hasil test pack positif, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk menjalani pemeriksaan yang lebih lengkap. Melalui pemeriksaan, dokter bisa memperkirakan usia kandunganmu dengan lebih tepat serta meresepkan suplemen kehamilan agar kandungan selalu sehat.

Sumber:

Cleveland Clinic (2022). Am I Pregnant?

Mayo Clinic (2024). Symptoms of Pregnancy: What Happens First.

Sruthi, M. Medicine Net (2022). How Late Can a Period Be Before You Know You’re Pregnant?

Carter, M. Parents (2023). The Pregnancy Symptoms You May Notice Even Before a Missed Period.

Madormo, C. Verywell Health (2023). Early Pregnancy Symptoms Before a Missed Period.

Saling, J. WebMD (2023). Early Pregnancy Symptoms.

Stuart, A. WebMD (2023). Pregnancy Tests.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *