10 Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Patut Diketahui

ciricirihamilmudah1minggupertama, diary bunda

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama perlu dikenali karena bisa menjadi tanda bahwa dirimu sedang mengandung. Namun, berbagai ciri ini bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Selain itu, ciri-ciri hamil muda 1 minggu terkadang juga tidak khas dan bisa mirip dengan gejala kondisi lain, sehingga mungkin tidak disadari oleh wanita yang sebetulnya sudah hamil.

Meski ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama bisa berbeda-beda pada setiap wanita, ada satu ciri-ciri yang pasti dialami oleh setiap ibu hamil, yaitu telat haid. Ini terjadi karena sel telur sudah dibuahi dan akan berkembang menjadi bakal janin (embrio).

Namun, tidak semua kondisi telat haid merupakan tanda kehamilan, ya. Telat haid bisa saja menjadi tanda berbagai kondisi lain, seperti stres atau ketidakseimbangan hormon.

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Selain telat haid, ada beberapa ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang bisa terjadi pada wanita hamil. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

1. Payudara bengkak dan nyeri

Pada minggu pertama kehamilan, ibu hamil biasanya akan merasakan payudara yang lebih bengkak dan nyeri saat disentuh. Rasa nyerinya hampir sama seperti ketika premenstrual syndrome (PMS), tetapi bisa sedikit lebih berat.

Ciri-ciri ini terjadi karena peningkatan hormon saat hamil. Makanya, perubahan pada payudara ini akan membaik setelah beberapa minggu, karena tubuh sudah mulai menyesuaikan diri dengan peningkatan hormon saat hamil.

2. Morning sickness

Morning sickness juga bisa dialami oleh wanita hamil pada 1 minggu pertama kehamilan. Meski namanya “morning”, ciri-ciri ini bisa muncul kapan saja lho, baik pagi, siang, sore, maupun malam. 

Ibu hamil yang mengalami morning sickness bisa saja hanya merasakan mualnya dengan atau tanpa disertai dengan muntah. Biasanya, morning sickness akan membaik saat kehamilan memasuki 12 minggu atau setelah memasuki trimester kedua.

3. Sering buang air kecil

Ketika hamil, tubuh akan menghasilkan lebih banyak darah untuk memasok nutrisi dan oksigen ke janin. Nah, jumlah darah yang meningkat ini bisa membuat ginjal bekerja lebih keras dan menghasilkan urine lebih banyak. 

Hal ini normal terjadi karena ginjal perlu membuang cairan dan zat limbah yang jumlahnya lebih banyak daripada sebelum hamil. Hasilnya, wanita yang sedang hamil akan lebih sering buang air kecil meski kehamilannya masih sangat muda.

4. Mudah lelah

Salah satu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah mudah lelah. Mudah lelah biasanya terjadi akibat peningkatan hormon progesteron secara drastis saat hamil. Selain karena peningkatan hormon progesteron, mudah lelah juga bisa terjadi karena sering muntah atau berkurangnya nafsu makan saat hamil.

5. Perdarahan implantasi

Perdarahan implantasi adalah bercak darah yang keluar dari vagina saat sel telur yang telah dibuahi mulai menempel di dinding rahim. Perdarahan vagina karena proses implantasi ini bisa terjadi di dekat tanggal menstruasi sehingga terkadang dianggap sebagai perdarahan menstruasi. 

Bedanya dengan menstruasi, perdarahan implantasi berlangsung singkat dan jumlah darah yang keluar hanya sedikit.

6. Ngidam atau tidak nafsu makan

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang cukup sering terjadi pada ibu hamil adalah ngidam. Kalau mengidam, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang diinginkannya, asalkan bergizi, bersih, dan aman.

Selain ngidam, ibu hamil juga bisa tidak nafsu makan. Apabila mengalaminya, penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Bahkan, ibu hamil bisa saja menjadi tidak suka dengan makanan favoritnya. 

7. Perut kembung

Perut kembung merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang cukup sering terjadi. Ciri ini bisa membuat ibu hamil sering kentut dan merasa tidak nyaman di perut. Penyebabnya adalah perubahan hormon saat hamil yang membuat gerakan usus melambat sehingga lebih banyak udara yang tertahan di dalam usus.

8. Sembelit

Hampir sama dengan perut kembung, sembelit juga cukup sering terjadi pada ibu hamil pada awal kehamilan. Sembelit juga terjadi karena perubahan hormon yang melonjak. Kondisi ini membuat ibu hamil sulit buang air besar (BAB) karena lonjakan hormon yang menyebabkan usus bekerja lebih lambat. 

9. Sakit pinggang

Meski biasanya terjadi pada akhir masa kehamilan, sakit pinggang juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Sakit pinggang bisa terjadi karena perubahan hormon yang membuat otot dan ligamen di pinggang mengendur.

10. Perubahan suasana hati

Nah, ciri-ciri hamil muda 1 minggu lainnya adalah perubahan suasana hati atau mood swing. Perubahan suasana hati ini bisa membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif, misalnya menjadi mudah marah, senang, atau sedih. Biasanya, ciri-ciri ini terjadi karena perubahan hormon, tetapi bisa juga terjadi karena stres atau kelelahan selama hamil.

Dengan mengenali berbagai ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, kamu bisa lebih mudah memperkirakan apakah kamu hamil atau tidak, terutama yang mengalami banyak ciri-ciri.

Kalau masih ragu dengan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang kamu rasakan, kamu bisa melakukan tes kehamilan menggunakan testpack yang dijual secara bebas. Kalau hasilnya positif, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kehamilanmu, ya!

Sumber:

National Health Services U.K. (2022). Pregnancy. Signs and Symptoms of Pregnancy.

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel. Pregnancy – Signs and Symptoms.

Cleveland Clinic (2022). Health Library. Am I Pregnant?

Mayo Clinic (2024). Getting Pregnant. Symptoms of Pregnancy: What Happens First.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Early Signs of Pregnancy.

Getz, M. Baby Center (2022). Can You Get Your Period While Pregnant?

Holland, K. Healthline (2023). 15 Early Signs and Symptoms of Pregnancy.

Stoppler, M. MedicineNet (2023). Early Pregnancy Symptoms: Am I Pregnant?

Saling, J. WebMD (2023). Early Pregnancy Symptoms.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *