Seperti Apa Ya Bentuk Janin 4 Bulan?

Bentuk janin 4 bulan umumnya sudah sebesar buah alpukat. Nah, pada usia kandungan 4 bulan ini, gerakan janin makin aktif dan ia juga mulai mengenali suara dari luar rahim. Tak hanya itu, Bunda juga sudah bisa mengetahui jenis kelamin Si Kecil. lho. 

Selamat ya, Bun, kehamilannya telah memasuki usia 4 bulan. Pada bulan ini, perkembangan janin lebih pesat daripada bulan sebelumnya. Bentuk janin 4 bulan pun terlihat lebih menyerupai bayi. 

Selain itu, pada trimester kedua ini, baby bump atau perut Bunda mulai terlihat membesar, lho. Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk mulai mengenakan baju hamil yang longgar dan nyaman, ya. 

Bentuk Janin 4 Bulan

Usia kehamilan 4 bulan terhitung dari minggu ke-13 hingga minggu ke-16. Pada usia kehamilan ini, janin memiliki berat sekitar 140–300 gram dengan panjang berkisar antara 13–16 cm. 

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai bentuk janin 4 bulan berdasarkan minggunya:

1. Janin 13 minggu 

Bunda, di minggu ke-13 ini, bentuk janin 4 bulan terlihat sebesar buah lemon. Pada usia kehamilan ini, janin sudah bisa melakukan berbagai gerakan kecil, seperti mengisap jempol, menggerakkan kaki dan tangan, serta mengepalkan tangan. 

Selain itu, pita suara, organ hati, pankreas, bahkan alat kelamin janin juga telah terbentuk lho, Bun. Jadi, Bunda bisa mengetahui jenis kelamin Si Kecil melalui pemeriksaan USG.

2. Janin 14 minggu

Pada minggu ke-14, bentuk janin 4 bulan sudah sebesar buah jambu biji. Mata dan kelopak janin telah terbentuk sempurna sehingga wajahnya mulai bisa dikenali lho, Bun. 

Tak hanya itu, kulit janin makin menebal, rambut halusnya (lanugo) mulai tumbuh, dan sidik jarinya pun mulai terbentuk. Organ ginjalnya bahkan sudah bisa memproduksi urine, Bun. 

Adapun gerakan yang bisa dilakukannya minggu ini meliputi memutar kepala, menggoyangkan jari kaki, mengerutkan kening, dan menyipitkan mata. Lucu ya, Bun?

3. Janin 15 minggu

Bentuk janin 4 bulan di minggu ke-15 kehamilan sudah sebesar buah apel, Bun. Karena kaki janin telah tumbuh lebih panjang daripada lengannya, gerakannya akan makin aktif meskipun Bunda mungkin belum bisa merasakannya. Selain itu, paru-paru dan indra perasa janin juga mulai berkembang.

Uniknya, janin mulai bisa menunjukkan ekspresinya, seperti tersenyum dan cemberut. Namun, ekspresi wajah Si Kecil hanya bisa dilihat melalui USG ya Bun, khususnya USG 4D. Jadi tidak sabar kan melihat apa yang dilakukan Si Kecil di dalam perut Bunda?

4. Janin 16 minggu

Memasuki minggu ke-16, bentuk janin 4 bulan sudah sebesar buah alpukat lho, Bun. Pada minggu ini, Si Kecil mulai bisa mengenal suara dari luar rahim. Hal ini terjadi karena telinga janin telah berkembang dan kemampuan untuk mendengar meningkat. Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk sering mengajak Si Kecil berbicara, ya.

Selain itu, mata Si Kecil juga sudah mulai berfungsi. Ia bisa menggerakan matanya ke samping dan mengamati cahaya meski kelopak matanya masih tertutup, Bun. 

Itulah bentuk janin 4 bulan serta perkembangan yang terjadi pada setiap minggunya. Seiring bertambah usianya, kemampuan Si Kecil juga akan meningkat. 

Nah, agar pertumbuhan dan perkembangan janin optimal, Bunda disarankan untuk selalu mencukupi asupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan sehat, minum vitamin prenatal, cukup istirahat, mengelola stres dengan baik, dan rutin memeriksakan kandungan ke dokter sesuai jadwal, ya. 

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Pregnancy at Week 13. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Pregnancy at Week 14. 

Cleveland Clinic (2024). Article. Fetal Development. 

Baby Center (2022). 14 Weeks Pregnancy. 

Baby Center (2022). 15 Weeks Pregnancy. 

Baby Center (2022). 16 Weeks Pregnancy. 

Flo Health (2023). 15 weeks pregnant: Your guide to this week of your second trimester.

Flo Health (2023). 16 weeks pregnant: Your guide to this week of your second trimester.

Parents (2023). Week 16 of Your Pregnancy. WebMD (2022). 

The Bump (2023). 13 Weeks Pregnant. 

The Bump (2023). 14 Weeks Pregnant. 

The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

WebMD (2023). When Do Pregnant Women Start Showing?

What to Expect (2023). 15 Weeks Pregnant. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *