Ondansetron untuk Ibu Hamil, Amankah untuk Atasi Mual dan Muntah?

Ondansetron untuk ibu hamil bisa digunakan sebagai pengobatan untuk meredakan keluhan mual dan muntah yang berat. Dengan mengonsumsi obat ini, rasa tidak nyaman akibat mual dan muntah bisa segera teratasi, sehingga nafsu makan pun dapat kembali. Meski demikian, obat ini bukanlah obat bebas dan pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter, ya.   

Mual dan muntah atau morning sickness merupakan keluhan yang normal terjadi pada trimester awal kehamilan. Meski dinamakan morning sickness, keluhan mual juga bisa dirasakan pada siang dan malam hari.

Jika terjadi sepanjang hari atau dirasa parah, mual dan muntah bisa bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas karena kurang asupan nutrisi dan dehidrasi. Kondisi yang juga disebut sebagai hiperemesis gravidarum ini tidak boleh disepelekan. 

Untuk meredakan keluhan tersebut, Bunda bisa memilih obat dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil. Nah, ondansetron untuk ibu hamil termasuk salah satu obat yang cukup aman serta ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, Bun. 

Ondansetron untuk Ibu Hamil Aman Dikonsumsi 

Ondansetron merupakan obat golongan antiemetik atau antimual yang kerap digunakan untuk mengatasi serta mencegah mual dan muntah. Ondansetron tergolong aman untuk ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, obat ini sering menjadi obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi keluhan mual dan muntah pada ibu hamil, khususnya yang parah. 

Ingat ya, Bun, meski dianggap aman, Bunda tetap perlu berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat mual dan muntah ini, ya. Hal ini penting agar dokter bisa memastikan apakah Ondansetron untuk ibu hamil cocok dikonsumsi oleh Bunda atau tidak, serta untuk mencegah terjadinya efek samping obat. 

Untuk meredakan keluhan mual dan muntah saat hamil, Bunda juga bisa melakukan penanganan sederhana. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan penghilang rasa mual, seperti sup, biskuit tawar, lemon, teh jahe, pisang, daun mint, serta makanan yang tinggi protein atau vitamin B6

Jika mual dan muntah tidak kunjung membaik setelah penanganan mandiri atau terjadi terus-menerus hingga kesulitan makan dan minum, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya, Bun. 

Sumber: 

National Health Service UK (2024). Health A-Z. Morning Sickness. 

National Institute of Health (2022). MedlinePlus. Ondansetron.

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness. 

Drugs (2023). Ondansetron Pregnancy and Breastfeeding Warnings.

Healthline (2024). The 14 Best Foods to Eat When You’re Nauseous.

MIMS Indonesia (2024). Ondansetron.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *