Folavit untuk Ibu Hamil, Ini Berbagai Manfaatnya

Folavit untuk ibu hamil merupakan salah satu merek suplemen yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Folavit mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kekurangan asam folat, serta mendukung tumbuh kembang janin.

Para ibu hamil atau wanita yang sedang berencana untuk hamil perlu mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah sekitar 400–600 mikrogram (mcg) setiap harinya. 

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Bunda biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti:

  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan
  • Buah-buahan, misalnya alpukat, jeruk, pepaya, lemon, dan pisang
  • Daging merah
  • Telur
  • Ikan
  • Hati sapi 

Jika asupan asam folat dari makanan dirasa kurang atau bila kebutuhan asam folat meningkat, Bunda bisa mengonsumsi suplemen tambahan, seperti Folavit untuk ibu hamil, yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Namun, untuk menentukan dosis folavit untuk ibu hamil yang tepat, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya.

Manfaat Folavit untuk Ibu Hamil 

Bunda, tahu nggak sih, asam folat dalam Folavit memiliki peranan penting selama kehamilan? Soalnya, asam folat atau vitamin B9 memiliki manfaat yang banyak untuk ibu hamil dan janin. Bahkan, wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau promil juga sudah dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat, lho.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kandungan asam folat dalam Folavit untuk ibu hamil yang perlu diketahui: 

1. Mencegah cacat tabung saraf 

Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada janin, salah satunya adalah cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali

Asam folat berperan penting untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik lho, Bun. Nah, dengan mengonsumsi Folavit, Bunda dapat melindungi Si Kecil dari dari kondisi ini. 

2. Menurunkan risiko keguguran

Mencukupi asupan asam folat harian sebelum dan selama hamil dapat menurunkan risiko keguguran lho, Bun. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang kekurangan asam folat berisiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran yang dipengaruhi oleh kelainan kromosom. 

3. Mencegah anemia

Asam folat berperan penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah lho, Bun. Sel darah merah ini bertugas untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke ibu hamil dan janin. 

Dengan mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, risiko terjadinya anemia pada ibu hamil juga akan berkurang. Soalnya, jika Bunda mengalami anemia saat hamil, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan perdarahan pascamelahirkan. 

Selain itu, nutrisi ini juga dapat memperkuat imunitas tubuh janin sekaligus mendukung pembentukan dan perkembangan plasenta serta berbagai organ tubuh janin. 

Selain manfaat di atas, asam folat juga dapat melindungi Si Kecil dari berbagai kondisi, seperti bibir sumbing. Nah, karena banyaknya manfaat asam folat, itulah sebabnya, kebutuhan harian asam folat akan meningkat selama hamil, Bun.

Folavit untuk Ibu Hamil Aman untuk dikonsumsi 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kekurangan asam folat bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan bagi ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, Bunda perlu mencukupi asupan asam folat, baik dari pola makan bergizi seimbang maupun dengan konsumsi suplemen. 

Nah, Bunda bisa memilih suplemen asam folat yang bagus untuk ibu hamil, seperti Folavit. Tidak usah cemas dan ragu, suplemen ini aman untuk dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan, Bun. Namun, penggunaan Folavit untuk ibu hamil tetap harus sesuai dengan rekomendasi dokter, ya. 

Untuk memenuhi asupan asam folat harian selama hamil, Folavit dapat diminum 1 kali sehari, sebelum atau sesudah makan ya, Bunda. 

Meski memiliki manfaat yang baik selama hamil, Folavit untuk ibu hamil tidak boleh dikonsumsi secara berlebih ya, karena bisa menimbulkan efek samping, seperti kram atau sakit perut, diare, perut kembung, mual, dan sulit tidur

Hal yang tidak kalah penting, Bunda juga dianjurkan untuk selalu memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter, guna memantau kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. 

Sumber:

World Health Organization (2020). Nutritional interventions update: multiple micronutrient supplements during pregnancy.

Hukor Kementerian Kesehatan RI (2019). Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan.

The American College of Obstetricians and Gynecologists (2023). Nutrition During Pregnancy.

Baby Center (2021). Folic Acid for Pregnancy. 

Kids Health (2022). Folic Acid and Pregnancy. 

MIMS Indonesia (2024). Folavit.

Parents (2023). Why is Folic Acid Important for Pregnancy?

Pregnancy Birth Baby (2024). Folate and Pregnancy. 

Verywell Health (2023). Folic Acid and Pregnancy.

Verywell Family (2020). Low Folic Acid Levels and Miscarriage Risk.

WebMD (2022). Folic Acid and Pregnancy. 

What to Expect (2023). Folic Acid During Pregnancy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *