Inilah Perbedaan Perut Buncit dan Hamil

Perbedaan perut buncit dan hamil sebenarnya cukup mudah dikenali, salah satunya dari bentuk perut. Namun, tak hanya itu saja, kedua kondisi ini juga bisa dibedakan dari keluhan yang menyertainya lho, Bun. Nah, daripada bingung dan hanya menduga-duga saja, yuk, kenali lebih jauh perbedaan antara perut buncit dengan kehamilan.

Pernah nggak, gara-gara perut buncit Bunda dikira sedang hamil? Perut yang membesar atau terlihat buncit memang identik dengan kehamilan ya, Bun. 

Akan tetapi, perut yang membesar atau buncit juga bisa disebabkan oleh timbunan lemak, perut kembung, sembelit, usia, stres, genetik, dan kondisi kesehatan tertentu, seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau kanker. Nah, orang yang memiliki perut buncit biasanya akan terlihat bergelambir dan perutnya pun terasa empuk. 

Sementara pada ibu hamil, perut yang buncit akan terasa lebih kencang dan kulitnya lebih sulit dicubit, Bun. Selain itu, kondisi ini juga umumnya disertai dengan tanda-tanda awal kehamilan, seperti terlambat haid, morning sickness, dan munculnya flek. 

Inilah Perbedaan Perut Buncit dan Hamil 

Nah, biar Bunda tidak salah mengira, yuk kenali perbedaan antara perut buncit karena lemak dengan hamil. Berikut adalah penjelasannya: 

1. Terlihat dari bentuk perut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbedaan perut buncit dan hamil yang paling terlihat adalah dari bentuk perutnya ya, Bunda. 

Perut buncit yang terjadi akibat penumpukan lemak biasanya akan terlihat bergelambir, terasa empuk saat ditekan, dan bisa dicubit. Sementara itu, perut buncit karena hamil akan terasa lebih keras saat diraba, padat, serta sulit dicubit. 

Tak hanya itu, perbedaan perut buncit dan hamil juga juga bisa terlihat saat duduk, lho. Saat duduk, perut buncit akan membentuk lipatan yang menonjol, sedangkan saat hamil, perut Bunda tidak akan berlipat dan lebih bulat, serta tampak lebih kencang. Bahkan, beberapa wanita akan mendapati pusarnya terlihat menonjol. 

2. Terlihat dari keluhannya 

Perbedaan perut buncit dan hamil juga bisa dilihat dari keluhan yang menyertainya lho, Bun. Pada ibu hamil, perut akan terlihat mulai membesar pada usia kehamilan 20 minggu atau trimester kedua. 

Namun, sebelum itu, untuk mengetahui apakah hamil atau tidak, Bunda dapat mengenalinya dari tanda-tanda awal kehamilan, seperti terlambat haid atau tidak terjadi menstruasi sama sekali. Nah, kondisi ini umumnya terjadi pada minggu ke-4 setelah pembuahan ya, Bun.

Tak hanya telat haid, ada beberapa tanda atau keluhan umum yang bisa menandakan kehamilan, antara lain: 

  • Payudara terasa lebih padat, kencang, dan nyeri
  • Mual dan muntah (morning sickness)
  • Sering buang air kecil 
  • Tubuh cepat lelah 
  • Sembelit
  • Kram perut
  • Sensitif terhadap bau
  • Sakit kepala atau pusing 
  • Sakit punggung
  • Perubahan suasana hati
  • Ngidam

Sementara itu, keluhan perut buncit yang disebabkan oleh penumpukan lemak biasanya baru muncul jika seseorang sudah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. 

Sebenarnya, ada cara untuk bisa membedakan perut buncit dan hamil, yaitu dengan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack untuk mendeteksi kehamilan. Jika menunjukkan hasil positif, Bunda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan, ya. 

Namun, bila perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak, sudah saatnya Bunda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat ya, seperti memperbaiki pola makan, olahraga rutin, tidur yang cukup, dan mengontrol stres dengan baik.  

Sumber: 

Baby Center (2021). Why Your Pregnant Belly Feels Tight and Heavy.

EmedicineHealth (2020). Ascites vs. Beer Belly. 

Healthline (2021). Is an Enlarged Belly Caused by Weight Gain or Bloating?

Healthline (2020). What Can Cause Abdominal Swelling and Weight Gain?

Healthline (2018). 10 Easy Ways to Know Whether It’s Weight Gain or Pregnancy.

Livestrong (2024). Fat Stomach vs. Pregnancy. 

MedicineNet (2020). Diet and Weight Loss: Your Best Ways to Beat Belly Fat.

The Bump (2024). How Your Pregnant Belly Will Change During Each Trimester.

Verywell Health (2023). What Is a Pregnant Belly?

Women’s Health (2023). Bloating Versus Body Fat: Here’s How To Tell The Difference In Your Stomach Area. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *