Jenis Mangga yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Catat Bun!

Jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil harus diperhatikan agar tidak berdampak pada kesehatan Bunda. Soalnya, mangga tertentu bisa saja membuat keluhan Bunda, seperti morning sickness, jadi makin parah. Nah agar tidak bingung, mari simak info lengkapnya, Bun!

Untuk mendukung tumbuh kembang janinnya, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan. Nah, salah satu buah yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah mangga. Buah ini banyak menjadi favorit ibu hamil karena rasa dan aromanya yang menyegarkan dan menggugah selera.

Nggak hanya lezat, mangga juga mengandung nutrisi penting, seperti serat, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, selenium, dan asam folat. Aneka nutrisi ini berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh Bunda dan Si Kecil. Berkat kandungan nutrisinya, mangga termasuk salah satu jenis buah yang sangat baik dikonsumsi saat hamil. 

Namun, ada yang harus Bunda perhatikan lho sebelum makan mangga. Ini karena ada jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Kira-kira, mangga yang seperti apa ya yang harus Bunda hindari?

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

Ketika Bunda sedang ngidam makanan yang manis dan asam, mangga adalah pilihan tepat. Berkat kandungan gula alami di dalam mangga, buah ini pun bisa jadi alternatif yang lebih sehat untuk menggantikan camilan manis, seperti kue atau es krim.

Nggak hanya memenuhi ngidam Bunda, mangga juga memiliki ragam manfaat yang baik bagi tubuh Bunda, antara lain sebagai sumber energi, meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, hingga mencegah diare dan sembelit

Bahkan, kandungan asam folat dalam mangga juga dapat mendukung pembentukan otak janin lho, Bun. Menarik ya?

Jenis Mangga yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, Bunda pasti jadi nggak sabar makan mangga kan? Eits, tapi tunggu dulu ya, Bun. 

Alangkah baiknya Bunda ketahui dulu bahwa ada beberapa jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Kenapa, ya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya: 

Mangga yang dikeringkan

Keripik buah atau buah yang dikeringkan terkadang bisa jadi camilan sehat buat ibu hamil. Ini karena kandungan nutrisinya hampir setara dengan buah alami, tetapi tanpa kandungan air di dalamnya.

Namun, sebaiknya Bunda mengonsumsinya sesekali saja ya karena keripik buah atau buah yang dikeringkan, termasuk mangga, biasanya menggunakan pemanis buatan, pengawet, dan pewarna. Bahan-bahan tambahan ini bisa saja berbahaya buat kandungan jika dikonsumsi berlebihan.

Mangga yang dimatangkan

Tak hanya buah yang dikeringkan, buah-buah yang matangnya tidak alami karena dimatangkan sebelum waktunya juga menggunakan tambahan bahan kimia. Nah, bahan-bahan tersebut bisa berisiko bagi kesehatan Bunda dan janin. 

Maka dari itu, mangga yang dimatangkan lebih cepat menjadi jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Ini karena mangga tersebut mungkin bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, diare, sariawan, hingga diare.

Mangga mentah

Bagi sebagian ibu hamil, mangga mentah atau mangga muda memang lezat dan bisa meringankan rasa mual. Namun, konsumsi mangga muda terlalu banyak justru bisa saja menyebabkan mual makin parah, apalagi jika ibu hamil memiliki riwayat GERD sebelumnya.

Ini karena rasa asam pada mangga muda bisa mengiritasi lambung sehingga menyebabkan sakit perut dan mual karena maag atau gastritis. Agar lebih aman, Bunda yang sudah telanjur membeli mangga mentah atau mangga muda bisa menunggu dulu beberapa hari sampai ia matang secara alami. 

Namun, jika Bunda sangat ngidam makan yang asam, seperti mangga muda, Bunda bisa batasi porsinya hingga 2–3 potong per hari, ya.

Mangga kweni

Mangga kweni atau yang dikenal juga dengan kwini cukup mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya pun sama seperti mangga muda yaitu asam dengan wangi yang semerbak, bahkan sebelum kulitnya dikupas. 

Nah, jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil ini juga sebaiknya dikonsumsi secukupnya, ya. Ini karena rasa asamnya bisa memicu GERD. Akibatnya, ibu hamil pun jadi mual dan hal ini malah bisa memperparah morning sickness.

Jadi, jika Bunda memang sangat ingin mengosumsi mangga kweni, sebaiknya cukup makan 2–3 potong saja.

Tips Mengonsumsi Mangga untuk Ibu Hamil

Bun, secara umum sebenarnya buah mangga aman dan sehat dikonsumsi, karena nutrisinya banyak dan dibutuhkan untuk mendukung kehamilan, seperti menghilangkan morning sickness.

Asalkan, Bunda mengonsumsi mangga yang segar dan sudah matang, ya. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci kulitnya dulu sebelum Bunda mengupasnya. Hal ini dilakukan agar kuman atau bahan kimia yang ada di kulit mangga tidak berpindah ke dagingnya.

Perlu Bunda ingat juga, nih, mangga termasuk buah yang kandungan gulanya cukup tinggi. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya  membatasi asupannya, yaitu sebanyak 1–2 buah per minggu, agar terhindar dari risiko terjadinya kenaikan berat badan berlebih serta diabetes gestasional.

Nah, demikian informasi tentang jenis mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Kesimpulannya, tidak ada mangga yang tidak boleh dikonsumsi kok. Hanya saja, jumlahnya yang harus dibatasi, Bun. Kalau masih bingung dan memiliki pertanyaan terkait makan mangga saat hamil, jangan ragu bertanya ke dokter ya, Bun.

Sumber:

U.S. Department of Agriculture (2019). Mangos, raw.

Rai, D. Baby Center India. Can I Eat Mangoes During Pregnancy?

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). 15 Foods and Drinks to Avoid During Pregnancy – What Not to Eat.

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

McDermott, A. Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Kong, K. HealthXChange Singapore. Pregnancy Food and Nutrition: 17 Myths and Facts.

Greenlaw, E. WebMD (2023). Foods to Avoid in Pregnancy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *