Inilah Cara Menurunkan Panas pada Bayi yang Perlu Diketahui

cara menurunkan panas pada bayi, diary bunda

Cara menurunkan panas pada bayi ada banyak dan sebetulnya mudah dilakukan, kok Bun. Berbagai cara ini sangat sederhana sehingga bisa dilakukan di rumah sebagai penanganan pertama ketika buah hati kesayangan Bunda mengalami demam atau panas. Jadi, ketika Si Kecil panas, Bunda tidak perlu panik lagi, ya.

Bayi bisa dikatakan sedang demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38°C atau lebih. Demam atau panas pada bayi memang sering terjadi dan hal ini biasanya normal, Bun. Soalnya, kondisi ini merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh bayi sedang bekerja untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Selain itu, bayi juga bisa saja mengalami demam setelah menjalani imunisasi.

Namun, meski tidak selalu berbahaya, demam sering kali membuat bayi rewel dan hal ini bisa membuatnya jadi susah tidur, tidak mau makan dan minum, atau bahkan lemas. Nah, untuk membuat Si Kecil lebih nyaman beristirahat sekaligus mempercepat pemulihannya ketika demam, Bunda bisa mencoba cara menurunkan panas pada bayi. 

Berbagai Cara Menurunkan Panas pada Bayi

Bunda, tak perlu panik ketika Si Kecil demam dan rewel. Apabila Si Kecil masih tampak aktif, mau menyusu, makan, atau minum, atau masih bisa bermain, hal ini menandakan bahwa kondisinya masih fit. 

Namun, jika demam yang dialami bayi disertai lemas, jarang buang air kecil, bibir dan mata kering, sesak napas, atau kejang, kondisi ini perlu segera diperiksakan dan ditangani oleh dokter, ya. 

Untuk menangani demam yang ringan pada Si Kecil, Bunda bisa mencoba berbagai cara menurunkan panas pada bayi berikut ini:

1. Berikan kompres

Ketika bayi demam, hal yang terlintas di benak orang tua biasanya adalah segera memberikan kompres. Namun, ada yang bilang kompres sebaiknya air dingin tapi ada juga yang bilang air hangat lebih baik. Jadi, mana yang benar nih, Bun?

Ketika Si Kecil demam, kompres yang terbaik adalah kompres dengan air biasa atau air suhu ruang. Kompres ini bisa merangsang tubuh bayi untuk melepaskan panas lebih banyak sehingga bisa menjadi cara menurunkan panas pada bayi yang efektif. 

Selain itu, suhu yang tidak terlalu dingin atau panas ini juga bisa membuat bayi lebih nyaman, jadi ia bisa beristirahat dengan lebih tenang. Untuk meredakan demam, Bunda bisa memberikan kompres selama 15–20 menit di dahi, ketiak, dada, atau selangkangan Si Kecil. Cara ini bisa diulang hingga beberapa kali atau setiap 4–6 jam hingga demamnya mereda.

2. Mandikan dengan air hangat

Tidak hanya bisa menurunkan panas, mandi air hangat juga bisa melegakan pernapasan dan membuat tubuh bayi lebih relaks. Mandi air hangat juga bisa mengurangi nyeri yang dirasakan oleh tubuh Si Kecil ketika ia demam. Namun, Bunda harus pastikan kalau air hangat tidak terlalu panas, ya.

Ketika bayi demam, sebaiknya hindari memandikannya dengan air dingin karena ini bisa membuatnya makin menggigil dan kedinginan. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa tidak nyaman sehingga ia bisa menjadi makin rewel dan demamnya pun bisa jadi lebih sulit mereda.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Terkadang, ada ibu yang memilih untuk memakaikan bayinya baju tebal saat demam, sebab takut bayinya kedinginan. Padahal, saat demam, bayi justru lebih baik mengenakan pakaian tipis dan tidak terlalu tebal, Bun. Dengan mengenakan pakaian yang tipis, bayi yang demam bisa merasa tetap sejuk, nyaman, dan tidak kepanasan.

Namun, apabila Si Kecil terlihat kedinginan atau menggigil, Bunda bisa menyelimutinya dengan kain atau selimut yang bahannya tidak tebal. Ini dilakukan agar suhu tubuh Si Kecil kembali normal.

4. Jaga suhu ruangan

Salah satu cara menurunkan panas pada bayi adalah dengan menjaga suhu ruangan yang ditempati bayi. Bunda harus memastikan Si Kecil berada di ruangan yang tidak terlalu panas atau dingin.  Ingat Bun, suhu ruangan yang ideal dan nyaman untuk bayi adalah sekitar 22°C.

Untuk menjaga suhu ruangan, Bunda bisa menyalakan AC atau kipas angin, ya. Namun, jangan mengarahkannya langsung ke tubuh Si Kecil, karena bisa saja Si Kecil kedinginan. 

5. Berikan ASI

Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika bayi demam, Bun. Jadi, untuk mencegah dehidrasi sekaligus menurunkan demam Si Kecil, Bunda perlu memastikan bahwa asupan cairan Si Kecil selalu tercukupi dengan cara menyusui lebih sering.

ASI sendiri mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang sangat baik untuk membentuk kekebalan tubuh bayi sehingga ia akan lebih kuat melawan infeksi. Oleh karena itu, pemberian ASI bisa menjadi salah satu cara menurunkan panas bayi yang efektif. Namun, kalau Si Kecil sudah berusia 6 bulan atau lebih, Bunda juga bisa kok memberikannya air putih. 

6. Berikan obat-obatan penurun panas

Apabila cara menurunkan panas pada bayi di atas sudah Bunda coba tapi Si Kecil masih saja demam, Bunda bisa memberikan obat penurun panas, seperti paracetamol tetes (drop) atau sirup, kepada bayi. Namun, agar dosisnya tepat dan aman, Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, ya.

Umumnya, demam pada bayi bisa turun dengan cara-cara di atas, Bun. Akan tetapi, Bunda tetap perlu waspada jika demam yang dialami Si Kecil tidak kunjung sembuh hingga lebih dari 3 hari atau disertai beberapa tanda dan gejala berikut ini:

  • Suhu demam sangat tinggi hingga mencapai 39°C atau lebih
  • Sesak
  • Ruam kulit
  • Diare
  • Dehidrasi pada bayi yang ditandai dengan bibir kering, tubuh lemas, popok kering dan jarang buang air kecil
  • Kejang
  • Tidak mau makan dan minum atau menyusu 
  • Sering mengantuk dan susah untuk dibangunkan

Demam pada bayi yang disertai beberapa tanda di atas umumnya mengarah ke kondisi yang lebih serius sehingga perlu mendapatkan penanganan dari dokter. Oleh karena itu, jika buah hati Bunda mengalami demam dengan tanda-tanda di atas, sebaiknya  langsung bawa Si Kecil ke dokter, ya.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2021). Ayo Sehat. Anak Demam? Berikut 7 Tips Turunkan Demam Anak Secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah.

National Institutes of Health (2023). MedlinePlus. When Your Baby or Infant Has a Fever.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Fever in Babies.

Nationwide’s Children Hospital (2022). Conditions We Treat. Fever.

Seattle Children’s Hospital. Fever.

The Royal Children’s Hospital Melbourne. Dehydration.

Pitone, M. KidsHealth, Nemours (2023). For Parents. What to Do About a Fever (High Temperature).

Silver, N. Healthline (2024). How to Safely Bring Down a Fever in a Baby.

Higuera, V. Healthline (2020). What Is the Best Room Temperature for Baby?

Bayless, K. Parents (2023). The Do’s and Don’ts of Fighting a Fever.

Griffin, M. WebMD (2023). What to Do When Your Kid Has a Fever.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *