7 Rekomendasi Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil agar Tetap Sehat

Jus yang bagus untuk ibu hamil idealnya terbuat dari buah-buahan dan sayuran yang segar dan bersih. Selain nikmat, minuman ini kaya akan nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Jadi, jus apa saja ya yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil? 

Mau makan buah dan sayur, tapi bosan dengan rasa yang itu-itu saja? Tenang, Bunda bisa mengkreasikan buah dan sayur menjadi aneka jus yang enak dan bergizi. 

Mengonsumsi jus yang bagus untuk ibu hamil bisa membantu mencukupi asupan cairan tubuh saat hamil, lho. Tak hanya mencegah dehidrasi, minuman ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama kehamilan, seperti serat, karbohidrat, antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral. 

Rekomendasi Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil 

Bunda, ingat ya, jus yang bagus untuk ibu hamil sebaiknya tidak ditambahkan pemanis, seperti gula atau kental manis. Soalnya, buah dan sayur sudah memiliki kandungan gula alami. Dengan membatasi asupan makanan atau minuman manis selama hamil, Bunda bisa terhindar dari diabetes gestasional

Sebelum dijadikan jus, jangan lupa juga untuk selalu mencuci buah dan sayur hingga bersih ya, Bun. Berikut adalah rekomendasi jus yang bagus untuk ibu hamil: 

1. Jus jeruk

Mengonsumsi jus jeruk selama kehamilan baik untuk menjaga kesehatan Bunda dan Si Kecil, lho. Soalnya, jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Nutrisi-nutrisi ini berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil agar tidak mudah sakit. Tak hanya itu, jus jeruk juga baik untuk tumbuh kembang janin, mengurangi risiko cacat lahir pada janin, mengontrol tekanan darah, serta mencegah anemia. 

Perlu diketahui, jeruk merupakan sumber serat yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan risiko terjadinya diabetes, lho. 

2. Jus wortel

Rekomendasi jus yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah jus wortel. Jus ini dikenal kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, sayuran ini juga merupakan sumber antioksidan, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. 

Jus wortel juga mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kadar gula darah tetap normal, mencegah preeklampsia dan kelahiran prematur, meredakan morning sickness, serta menunjang pertumbuhan otak dan saraf janin.

Tak hanya itu, sayuran ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, lho. Nah, kandungan kalium ini dapat membantu mengontrol tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil, serta mengatasi kram kaki saat hamil

3. Jus bayam

Eh, kok bayam dijus? Mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, tapi ternyata jus yang bagus untuk ibu hamil ini memiliki rasa yang enak, lho. Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat baik dikonsumsi selama hamil. Sayuran ini kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, asam folat, dan kalium. 

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah ini, bayam memiliki banyak manfaat, antara lain membantu mengatasi sembelit, menurunkan risiko terjadinya bayi lahir dengan berat badan rendah, mencegah anemia, mengatur tekanan darah agar tetap normal, hingga menjaga kesehatan tubuh selama hamil. 

Nah, untuk menambah kesegaran dan kenikmatan dari jus bayam, Bunda bisa mencampurkan jus ini dengan apel, nanas, perasan jeruk nipis, dan madu. Rasanya dijamin segar, deh, Bun! 

4. Jus apel

Jus apel juga bisa dikonsumsi sebagai jus yang bagus untuk ibu hamil, nih. Pasalnya, buah apel mengandung serat, karbohidrat, dan prebiotik. Kombinasi nutrisi ini dapat membuat perut ibu hamil kenyang lebih lama, memberikan energi tambahan, dan menjaga kesehatan usus

Selain itu, apel juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama Bunda hamil. 

5. Jus stroberi

Selama hamil, Bunda mungkin akan lebih mudah lelah, terutama jika masih harus bekerja atau beraktivitas di luar. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mencoba jus yang bagus untuk ibu hamil, seperti jus stroberi. 

Jus yang bagus untuk ibu hamil ini mengandung karbohidrat yang bisa menambah energi pada tubuh Bunda selama hamil. Tak hanya itu, buah berwarna merah ini juga memiliki kandungan vitamin C, serat, dan asam folat lho, Bun. 

Semua nutrisi ini bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan usus, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi, seperti spina bifida. 

Selain itu, folat dalam stroberi juga berperan dalam menghasilkan sel darah merah, sehingga ibu hamil bisa tercegah dari anemia atau kurang darah.

6. Jus mangga

Kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan asam folat membuat jus mangga baik dikonsumsi selama kehamilan. Mengonsumsi segelas jus mangga akan membuat tubuh Bunda lebih berenergi, lho. Selain itu, jus ini juga bisa membantu mencegah anemia dan melancarkan pencernaan agar Bunda terhindar dari sembelit selama hamil. 

Namun, bagi ibu hamil yang menderita diabetes gestasional, ada baiknya untuk membatasi asupan mangga ini, ya. Soalnya, buah berwarna kuning ini memiliki kandungan gula yang tinggi daripada buah-buahan lainnya. 

7. Jus alpukat 

Jus yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah jus alpukat. Tak hanya membuat kenyang, buah berwarna hijau ini kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B6, yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan dan otak janin dan meringankan mual akibat morning sickness

Manfaat lain dari alpukat adalah sebagai sumber lemak sehat yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, mendukung tumbuh kembang janin, dan menambah berat badan ibu hamil.

Agar lebih sehat, Bunda bisa memilih jus dan sayur yang segar untuk diolah menjadi jus. Setelah itu, Bunda bisa mencuci buah atau sayuran tersebut hingga bersih, memotongnya, lalu olah menjadi jus yang bagus untuk ibu hamil.

Selain membuatnya sendiri di rumah, jus yang bagus untuk ibu hamil juga bisa Bunda beli di penjual jus atau di supermarket. Tapi kalau Bunda ragu, sebaiknya bikin sendiri saja ya, Bun, karena lebih terjamin kebersihan dan kualitas buah yang digunakan. 

Terlepas dari nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil dan janin, Bunda hanya boleh mengonsumsi jus buah atau sayuran maksimal 1 gelas kecil (150 ml) sehari, ya. 

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi air putih sebanyak 8–12 gelas per hari supaya kebutuhan cairan harian saat hamil terpenuhi dan Bunda tidak mengalami dehidrasi. 

Sumber:

World Health Organization (2023). All Interventions. Vitamin B6 Supplementation During Pregnancy.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2023). Ragam Makanan yang Mengandung Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil.

National Health Service UK (2023). Food Guidelines and Food Labels. Water, Drinks and Hydration. 

Cleveland Clinic (2024). Nutrition. 7 Reasons You Should Eat More Spinach.

Baby Center (2024). Can I Eat Mangoes During Pregnancy?

Family Doctor (2024). Added Sugar: What You Need To Know. 

Health (2024). 6 Health Benefits of Spinach.

Health (2023). 6 Health Benefits of Strawberries.

Health (2023). Health Benefits of Orange Juice. 

Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Healthline (2020). 5 Evidence-Based Benefits of Spinach Juice

Healthline (2020). 7 Benefits of Eating Avocado During Pregnancy.

Health X Change Singapore. Fruit Juice vs Whole Fruits: Which is Healthier?

MedicineNet (2022). 9 Health Benefits of Drinking Carrot Juice.

Parents (2022). 27 Pregnancy Power Foods.

Verywell Health (2022). How to Prevent Gestational Diabetes. 

WebMD (2024). Health Benefits of Apples.

WebMD (2023). Health Benefits of Mangoes.

WebMD (2023). Health Benefits of Strawberries.

WebMD (2022). Are There Health Benefits to Drinking Orange Juice?

WebMD (2022). What Not to Eat When You’re Pregnant.

What to Expect (2022). 18 Best Foods to Eat During Pregnancy. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *