Efek Samping Tidak Haid setelah Melahirkan, Apakah Ada?

Adakah efek samping tidak haid setelah melahirkan? Sebagian ibu yang baru bersalin mungkin mempertanyakan hal ini. Sebetulnya, tidak haid untuk sementara waktu setelah melahirkan normal terjadi kok, Bun. Hal ini terjadi karena tubuh Bunda perlu menyesuaikan diri selama masa transisi antara masa kehamilan dengan kondisi sebelumnya. 

Wanita normalnya mengalami menstruasi atau haid setiap bulan ketika tidak ada pembuahan di rahim. Darah yang keluar merupakan hasil peluruhan dari lapisan rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. 

Nah, selama kehamilan, menstruasi akan berhenti. Hal ini karena lapisan rahim akan menebal dan tidak meluruh supaya embrio bisa tertanam di dinding rahim dan berkembang menjadi janin. Nantinya, menstruasi akan muncul lagi setelah ibu melahirkan. 

Hanya saja, sebagian ibu mungkin tidak mengalami haid pascamelahirkan selama berbulan-bulan. Kondisi tersebut mungkin menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran karena takut ada efek samping tidak haid setelah melahirkan. Namun sebelum mengetahui dampaknya, sebaiknya Bunda ketahui dulu yuk apa yang menyebabkan haid tidak kunjung terjadi pascamelahirkan.

Penyebab Tidak Haid setelah Melahirkan

Tidak haid setelah melahirkan biasanya terjadi pada ibu yang sedang menyusui atau memberikan ASI eksklusif ke bayi. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon prolaktin setelah melahirkan guna meningkatkan produksi ASI. 

Nah, hormon prolaktin ini membuat ovulasi atau pelepasan sel telur terhenti, sehingga tubuh wanita memang tidak akan haid untuk sementara waktu setelah melahirkan. 

Selama Bunda masih aktif memberikan ASI kepada Si Kecil, maka tubuh akan terus memproduksi hormon prolaktin. Nantinya, haid bisa mulai terjadi lagi antara 6–9 bulan pascapersalinan, tepatnya setelah frekuensi menyusui berkurang, karena pada usia tersebut bayi sudah mengonsumsi MPASI. 

Waktu haid setelah persalinan bisa berbeda pada setiap wanita. Terkadang, siklus dan periode menstruasi pun bisa saja belum teratur karena tubuh ibu masih beradaptasi dengan perubahan hormon.

Sementara pada ibu yang tidak menyusui, menstruasi bisa terjadi lebih cepat, yakni sekitar beberapa minggu setelah bersalin. Hanya saja, Bunda perlu membedakan darah haid dengan darah nifas yang keluar 4–6 minggu setelah persalinan, ya.

Darah nifas terkadang dianggap sebagai haid karena mengandung cairan yang bercampur darah, lendir, dan jaringan rahim yang mirip dengan menstruasi. 

Bunda dapat membedakan darah haid dan nifas melalui durasinya. Haid sendiri biasanya berlangsung sekitar 1 minggu, sementara darah nifas akan muncul selama kurang lebih 6 minggu.

Efek Samping Tidak Haid setelah Melahirkan 

Kini Bunda tidak perlu khawatir lagi ya setelah mengetahui penyebab tidak haid pascamelahirkan. Kondisi ini memang normal terjadi, bahkan efek samping tidak haid setelah melahirkan pun tidak ada. 

Hanya saja, tidak adanya haid ini menandakan bahwa tubuh Bunda belum memasuki masa subur, sehingga Bunda belum bisa hamil lagi. Hal ini memang normal kok, Bun, karena tubuh Bunda membutuhkan waktu untuk menjalani pemulihan pascamelahirkan. 

Selama pemulihan ini, Bunda juga dianjurkan untuk menunda hubungan intim hingga sekitar 6 minggu atau hingga dinyatakan aman untuk berhubungan intim oleh dokter. 

Selain dapat mencegah kehamilan berjarak dekat, tidak langsung berhubungan intim setelah melahirkan juga bisa mempercepat pemulihan Bunda. Kalaupun ingin berhubungan intim, Bunda bisa melakukan seks oral atau petting.

Setelah melewati 6 minggu pascamelahirkan, Bunda dan Ayah boleh saja berhubungan intim, tetapi sebaiknya gunakan alat kontrasepsi, ya. Waktu yang ideal untuk merencanakan promil atau kehamilan berikutnya adalah 18–24 bulan setelah kelahiran sang buah hati. 

Itulah informasi tentang penyebab dan efek samping tidak haid setelah melahirkan. Secara umum, kondisi ini tak perlu dikhawatirkan berlebih ya, Bun. 

Jika Bunda mengalami keluhan tentang haid pascamelahirkan yang membuat cemas, misalnya ada perubahan pada siklus menstruasi, tidak kunjung haid hingga 3 bulan setelah berhenti menyusui, atau kesulitan berhubungan dan merencanakan kehamilan berikutnya, jangan ragu untuk chat dokter, ya.

Sumber:

Health Direct Australia (2023). Periods While Breastfeeding.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Periods After Pregnancy.

American Pregnancy Association. Sex After Birth.

Cleveland Clinic (2022). Lochia.

Mayo Clinic (2022). Family Planning: Get The Facts About Pregnancy Spacing.

Levine, H. Baby Center (2022). When will I get my first period after birth?

Migala, J. Health (2023). How Your Period Changes After Pregnancy.

Harris, N. Parents (2024). Why Do I Have Irregular Periods After Birth?

Reece, T. Parents (2023). All About Your First Postpartum Period.

Aggarwal, N. The Bump (2022). Can You Get Your Period While Pregnant?

WebMD (2023). First Period After Pregnancy: What to Expect.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *