8 Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Apakah Bunda Mengalaminya?

Ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat, seperti kelelahan dan sering pusing, bisa muncul karena pasokan sel darah merah yang berkurang akibat asupan asam folat tidak terpenuhi. Tentunya, kondisi ini harus diatasi karena bisa berdampak pada kesehatan ibu hamil dan janin. Lantas, apa saja yang menandakan kalau ibu hamil kekurangan asam folat, ya?

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks, tepatnya B9, yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pada ibu hamil, nutrisi ini berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh dan menghasilkan sel-sel darah. 

Sementara pada janin, asam folat berperan penting dalam mendukung perkembangan otak, saraf, dan sumsum tulang belakangnya. Asam folat juga penting untuk mencegah janin mengalami cacat bawaan lahir, seperti spina bifida dan bibir sumbing.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, ibu hamil diwajibkan memenuhi asupan asam folat sebesar 600 mcg setiap harinya. Lantas, bagaimana jika ibu hamil tidak memenuhi asupan asam folat? Nah, sebelum mengetahui dampaknya, Bunda kenali dulu yuk ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat. 

Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Tahukah Bunda, asupan asam folat yang tidak terpenuhi bisa menyebabkan ibu hamil mengalami anemia, lho. Ini karena asam folat berperan dalam proses pembentuk sel darah merah di dalam tubuh. Oleh karena itu, kekurangan asam folat tidak boleh disepelekan ya, karena bisa berdampak pada kesehatan Bunda dan janin. 

Nah, dengan mengetahui ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat, Bunda pun bisa mengatasi kondisi ini dan terhindar dari dampaknya. 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat yang penting untuk diketahui:

1. Kelelahan

Asam folat berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, ketika asupan asam folat tidak tercukupi, maka hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan kadar sel darah merah. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas dan jadi mudah lelah selama kehamilan

Kondisi tersebut tentu menyebabkan ibu hamil sulit beraktivitas karena tubuh jadi tidak berenergi.

2. Pusing dan sakit kepala

Anemia yang disebabkan oleh kekurangan asam folat bisa menimbulkan pusing dan sakit kepala pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena kurangnya pasokan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. 

Nah, jika mengalami sakit kepala saat bangun tidur atau berdiri dari posisi berbaring, Bunda perlu waspada ya, karena ini bisa jadi ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat.

3. Pucat

Ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat lainnya ialah kulit yang terlihat pucat. Selain pucat di kulit, beberapa bagian tubuh lain, seperti kuku, telapak tangan, bagian dalam kelopak mata, dan bagian dalam mulut juga bisa terlihat pucat. 

Kondisi ini sendiri disebabkan oleh aliran sel darah merah ke kulit berkurang karena asupan asam folat tidak tercukupi.

4. Jantung berdebar

Ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat yang juga perlu Bunda waspadai adalah detak jantung yang berdebar meski tidak sedang beraktivitas berat. Ketika ibu hamil tidak mencukupi asam folat harian dan mengalami kurang darah, pasokan oksigen ke seluruh tubuh bisa berkurang. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan jantung bekerja ekstra untuk mengangkut oksigen sehingga menyebabkan detak jantung tidak teratur dan cepat.

5. Sesak napas

Ibu hamil yang tidak memenuhi kebutuhan asam folat juga bisa mengalami sesak napas, lho. Seperti yang sudah disebutkan, kurangnya asupan asam folat bisa menyebabkan pasokan sel darah yang mengantar oksigen ke tubuh berkurang.

Keluhan ini akan makin parah pada malam hari, tepatnya ketika Bunda berbaring telentang. Soalnya, berbaring dapat meningkatkan tekanan pada diafragma, terlebih pada ibu hamil yang tengah hamil tua.

6. Susah konsentrasi dan mudah lupa 

Sulit konsentrasi dan mudah lupa juga bisa jadi ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat, lho. Soalnya, asam folat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saraf-saraf di tubuh, terutama otak. 

Nah, kurangnya asupan asam folat harian terbukti dapat menurunkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan mengingat. Maka dari itu, bila Bunda sering kali mudah lupa dan sulit untuk fokus atau berkonsentrasi saat beraktivitas, bisa jadi ini adalah tanda asupan asam folat Bunda belum tercukupi.

7. Lidah bengkak

Lidah bengkak, memerah, dan terasa nyeri saat menelan? Bisa jadi, ini ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat. Pasalnya, kekurangan nutrisi ini bisa membuat lidah bengkak, meradang, dan kemerahan.

8. Sering sariawan dan luka di sudut bibir

Tidak hanya penting untuk menghasilkan sel-sel darah merah, asam folat juga berperan penting dalam perbaikan jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan lidah.

Oleh karena itu, defisiensi atau kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan kulit di sekitar mulut jadi kering, bibir pecah-pecah, bahkan menimbulkan sariawan

Kini, Bunda sudah tahu kan apa saja ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat? Apabila Bunda mengalami beberapa kondisi di atas, sebaiknya jangan diabaikan ya,  karena mungkin asupan asam folat harian Bunda masih kurang sehingga ciri-ciri tersebut muncul. 

Kekurangan asam folat dikhawatirkan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami anemia defisiensi folat serta meningkatkan risiko bayi terlahir dengan kondisi cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali. Kekurangan asam folat juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah pada bayi.

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam folat sendiri. Oleh karena itu, agar tidak kekurangan asam folat, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, telur, ikan, jeruk, alpukat, pepaya, hingga makanan yang diperkaya asam folat, seperti sereal.

Nah, karena jumlah asam folat di makanan cukup kecil untuk memenuhi asupan harian, Bunda juga disarankan mengonsumsi suplemen yang sudah dilengkapi asam folat, ya.

Apabila sudah mengalami beberapa ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat, alangkah baiknya segera konsultasikan kepada dokter supaya kondisi ibu hamil dan janin bisa diperiksa dan ditangani dengan tepat. Bunda juga bisa lho berkonsultasi secara online untuk mendapatkan jawaban yang cepat.

Sumber:

Akhgarjand, C., et al. (2022). Does Folic Acid Supplementation Have a Positive Effect on Improving Memory? A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Frontiers in Aging Neuroscience, 14, 966933.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA.

National Library of Medicine. Medline Plus (2023). Paleness.

National Health Service UK (2024). Iron Deficiency Anaemia.

National Health Service UK (2023). Vitamins, Supplements and Nutrition in Pregnancy.

National Health Service UK (2023). Vitamin B12 or Folate Deficiency Anaemia.

National Health Service UK (2020). B Vitamins and Folic Acid.

American Pregnancy Association. Folate and Folic Acid in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). Tongue Problems.

Cleveland Clinic (2021). Folate Deficiency.

Hermann, Z.S. DermNet New Zealand (2022). Angular cheilitis.

Van De Wale, G. & Brown, M.J. Healthline (2024). 14 Symptoms of Iron Deficiency Anemia.

Smith-Gracia, D. Healthline (2023). Why Am I Short of Breath with Anemia?

Healthline. What You Need to Know When Anemia and Headaches Happen Together.

Patient Info UK (2023). Folic acid deficiency.

Barhum, L. Verywell Health (2024). Symptoms of Iron Deficiency Anemia

Bottaro, A. Verywell Health (2024). What Causes Pale Skin (Pallor)?

Frysh, P. WebMD (2024). Signs You’re Low on Vitamin B12.

Watson, S. WebMD (2022). Folic Acid and Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *