8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bayi Sudah Masuk Panggul

Bunda, hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul penting untuk diketahui, lho. Pasalnya, berbagai hal tersebut bisa berisiko mengganggu proses proses melahirkan. Nah, apa saja ya Bun yang sebaiknya dihindari ketika posisi Si Kecil sudah masuk panggul? Yuk, kita simak infonya! 

Pada akhir trimester ketiga, janin akan mulai masuk panggul ibu untuk memosisikan dirinya di jalan lahir. Saat bayi sudah masuk panggul, ibu hamil akan merasakan berbagai keluhan, mulai dari nyeri panggul, sering buang air kecil, hingga keluarnya mucus plug. Ini artinya, persalinan sudah makin dekat, Bun. 

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan janinnya dengan menjauhi hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul, ya. Hal ini juga bertujuan agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. 

Berbagai Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bayi Sudah Masuk Panggul

Berikut ini adalah berbagai hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul: 

1. Bepergian jauh 

Sebenarnya, bepergian jauh saat hamil masih boleh dilakukan, kok. Namun, jika bayi sudah masuk panggul, aktivitas ini tidak dianjurkan lagi ya, karena waktu persalinan sudah makin dekat, Bun.  

Bepergian jauh saat bayi sudah masuk panggul bisa membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman dan kelelahan. Soalnya, perjalanan yang terlau jauh akan mengharuskan Bunda untuk duduk dalam jangka waktu yang lama, sedangkan posisi ini bisa membuat tubuh merasa kurang nyaman.

Nah, hal ini tentu dapat membuat ibu hamil mengalami kelelahan, serta meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur, ketuban pecah dini, dan pembentukan bekuan darah. 

Jika hendak bepergian jauh, terlebih jika menggunakan pesawat, sebaiknya Bunda mengantongi surat kelayakan terbang dari dokter jika usia kandungan sudah mencapai sekitar 28–35 minggu, ya.

2. Tidur telentang 

Hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul adalah tidur telentang, Bun. Saat tidur telentang, rahim Bunda yang kian berat dapat menekan pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah ke janin. Selain itu, posisi tidur telentang juga cenderung akan membuat keluhan sakit punggung, pusing, hingga sesak napas menjadi makin berat. 

Agar tetap nyaman dan aman, Bunda sebaiknya tidur dengan posisi miring ke kiri. Soalnya, tidur miring ke kiri dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh dan ke janin. Dengan begitu, pasokan oksigen dan nutrisi yang diperlukan janin dapat disalurkan dengan optimal.

Di samping itu, tidur miring ke kiri selama hamil juga dapat mengurangi tekanan pada liver dan ginjal yang berada di perut sebelah kanan, sehingga dapat mengatasi pembengkakan tangan, tungkai kaki, dan kaki, lho. 

3. Melakukan olahraga berat

Selama kehamilan, apalagi bila bayi sudah masuk panggul, ada baiknya untuk tidak melakukan olahraga berat ya, Bun. Soalnya, melakukan olahraga berat saat hamil, seperti angkat beban, bersepeda, dan aerobik, dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera, perdarahan vagina, dan persalinan prematur, lho. 

Memang, olahraga selama hamil tetap boleh dilakukan. Namun, Bunda harus memilih jenis olahraga ringan yang aman dan nyaman untuk ibu hamil ya, misalnya berjalan santai, senam hamil, atau yoga. Namun, sebelum melakukanya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Bun. 

4. Melakukan aktivitas berat

Tidak hanya olahraga berat, melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat juga tidak dianjurkan saat bayi sudah masuk panggul, lho. Ini karena aktivitas fisik yang berlebihan bisa membuat ibu hamil mudah lelah. 

Kelelahan saat hamil tua,bisa saja berbahaya karena meningkatkan risiko terjadinya persalinan prematur, persalinan yang berlangsung lebih lama, dan depresi pascapersalinan.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengurangi aktivitas fisik yang berat, ya. Bila ingin melakukan pekerjaan rumah tangga, Bunda bisa meminta bantuan pasangan atau orang terdekat agar tidak mudah lelah. Selain itu, jika Bunda masih bekerja di kantor, ambillah cuti melahirkan menjelang hari persalinan, ya, Bun. 

5. Mandi atau berendam dengan air panas

Mandi atau berendam dengan air panas memang terasa nyaman dan enak ya, Bun. Namun, perlu diketahui, ternyata hal ini tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul, lho. 

Hal ini memang masih menjadi kontroversi. Namun, ada riset yang menyebutkan bahwa berada di suhu yang terlalu panas dalam waktu lama, misalnya ketika mandi berendam dengan air panas atau sauna, bisa mengganggu aliran darah. Nah, hal ini bisa saja berdampak pada kandungan dan janin, Bun.

Daripada menggunakan air panas, Bunda dapat memilih air dingin atau air hangat suam-suam kuku untuk mandi, ya. Kalaupun ingin mandi air hangat, sebaiknya batasi paling lama 10 menit.

6. Membersihkan kotoran hewan peliharaan

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul adalah membersihkan kotoran hewan peliharaan. Kotoran hewan bisa mengandung bakteri atau parasit yang bisa menimbulkan penyakit infeksi, seperti toksoplasmosis. Infeksi ini bisa berbahaya bagi janin.

Agar tidak terserang penyakit tersebut, mintalah bantuan orang lain untuk membersihkan kandang hewan perliharaan, ya. 

7. Memakai sepatu hak tinggi 

Hayo, siapa yang masih sering memakai sepatu hak tinggi selama hamil? Sebaiknya mulai sekarang jangan ya, Bun. Menggunakan sepatu hak tinggi merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul, lho. 

Alasannya, memakai sepatu hak tinggi saat perut sudah semakin membesar dapat memicu beragam masalah kesehatan. Nah, salah satunya adalah nyeri punggung, Bun. 

Saat hamil, tubuh akan memproduksi hormon relaksin yang berfungsi untuk mengendurkan otot dan ligamen, sehingga bayi dapat lebih mudah melewati panggul saat persalinan nanti. Namun, peregangan pada otot dan ligamen ini menyebabkan nyeri di bagian bawah punggung, termasuk area panggul dan pinggul. 

Nah, ketika memakai high heels, tubuh ibu hamil bertumpu pada area tersebut, sehingga rasa nyeri akan semakin terasa, Bun

8. Mengonsumsi makanan dan minuman mentah 

Mengonsumsi makanan dan minuman mentah, seperti sashimi, sushi, telur setengah matang, serta susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, juga menjadi hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul. Pasalnya, saat hamil, sistem kekebalan tubuh akan turun sehingga berisiko terkena infeksi, Bun. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan janin dan Bumil.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan mentah selama kehamilan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya keguguran, persalinan prematur, sampai cacat lahir, lho.  

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sudah masuk panggul ya, Bun. Selain itu, Bunda dianjurkan untuk melakukan gerakan ringan yang bisa membantu mempercepat kontraksi, seperti slow dance, senam Kegel, squat, atau senam dengan birthing ball atau gym ball

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat, mengelola stres dengan baik, memperbanyak konsumsi air putih, serta minum vitamin prenatal. Hal ini dilakukan agar tubuh Bunda tetap fit saat proses persalinan. 

Nah, sambil menunggu datangnya waktu persalinan, Bunda boleh lho bertanya seputar kesehatan, kehamilan, atau proses persalinan ke dokter dengan chat secara online, ya.

Sumber: 

Daryani, et al. (2021). Fatigue and Sleep Quality in Different Trimesters of Pregnancy. Sleep Science, 14 (Spec 1), pp. 69–74. 

National Health Service UK (2022). Keeping Well in Pregnancy. Travelling in Pregnancy. 

North Atlanta Women’s Care (2023). Wearing Heels During Pregnancy – Understand the Potential Risk.

American Pregnancy Association (2024). Activities to Avoid During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Fatigue During Pregnancy.

Baby Center (2023). When Will My Baby Drop?

Baby Center (2021). Is It Safe to Wear Heels While I’m Pregnant?

Baby Center UK (2023). Is It Safe to Eat Rare or Raw Meat During Pregnancy?

Kids Health, Nemours (2023). Parents. Is it Safe to Clean a Cat’s Litter Box During Pregnancy?

Drugs (2024). Pregnancy at 35 to 38 Weeks.

Healthline (2024). The Third Trimester of Pregnancy: Concerns and Tips.

Healthline. The Third Trimester of Pregnancy.

Medicine Net (2024). What Happens If You Eat Raw Foods When You Are Pregnant?

Parents (2023). Is It Safe to Sleep on Your Back During Pregnancy?

Parents (2023). What You Need To Know About Taking Baths During Pregnancy.

The Bump (2023). Is Sushi Safe to Eat During Pregnancy?

The Bump (2023). Can You Fly While Pregnant? What to Know Before Takeoff.

WebMD (2023). Does a Hot Bath Induce Labor?

What to Expect (2022). Fatigue During Pregnancy.

What to Expect (2021). Dogs, Cats and Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *