Tips untuk Bunda di Kehamilan Minggu ke-20

Cari Tahu Jenis Kelamin Bayi

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui jenis kelamin bayi, minggu 20 adalah masa di mana dokter Anda bisa memberitahu informasi ini. Tidak yakin ingin mengetahuinya dari sekarang? Tidak perlu khawatir, ini sepenuhnya adalah keputusan dan pilihan Anda dan pasangan. Ingat juga bahwa bahkan ketika Anda mengetahui jenis kelamin bayi saat pemeriksaan ultrasound, ada kemungkinan salah. Jadi, Anda juga harus bersiap untuk mendapatkan kejutan! 

Gunakan Belly Band

Ban ini mirip tank top, hanya saja tidak memiliki tali pengikat di bagian bahu. Fungsinya adalah membantu menopang perut yang semakin membesar. 

Pakai Produk Bebas Minyak

Cari label “noncomedogenic” dan “tanpa parfum” ketika membeli makeup dan produk perawatan kulit. “Bebas minyak” cenderung tidak menambahkan minyak dan menyumbat pori-pori, sehingga cocok untuk pemilik kulit berminyak. Jika kulit Anda kering, produk yang melembapkan adalah pilihan terbaik. 

Hindari High Heels 

Kaki membengkak dan kaki kram. Jadi berikan kenyamanan penuh pada kaki dengan memakai sepatu/sandal nyaman selama hamil. 

Putuskan di Mana akan Melahirkan

Jika berencana untuk melahirkan di rumah sakit, tidak ada salahnya mencari tahu keadaan rumah sakit yang Anda tuju. Selama ini di sini, cek ruangan bayi dan jika mereka menyediakan kelas persalinan. Jika Anda ingin melahirkan di rumah, cari bidan dan diskusikan dengan dokter apa yang harus Anda persiapkan. 

Konsumsi Makanan Sehat

Anda mungkin terharu dan senang setiap kali memandang perut yang semakin membesar. Namun bukan berarti Anda bisa makan sebanyak-banyaknya. Di usia minggu 20 ini, rata-rata kenaikan berat badan bayi direkomendasikan adalah 0,5 kg (meski dokter Anda lebih tahu yang terbaik untuk Anda). Oleh karenanya, jaga pola makan sesehat mungkin. Selain itu, makan dalam porsi kecil tapi sering bisa mencegah penyakit asam lambung. Dengan begini, nutrisi untuk bayi mengalir dengan lebih lancar. 

Lakukan Peregangan 

Jika saat kerja Anda duduk berjam-jam, atau bahkan ketika berdiri sendirian, tulang dan sendi akan kaku. Jadi, beristirahatlah setiap lima atau 10 menit setiap satu jam sekali.

Berjalanlah sebentar atau lakukan peregangan sambil berdiri, yakni membungkuk dan sentuh jari Anda dengan pelan. Lakukan juga peregangan saat duduk di sofa sambil menonton Netflix. Panjangkan tungkai kaki, lenturkan kaki dan goyangkan jari-jari kaki sambil mengambil nafas beberapa kali. Dan jangan lupa untuk miringkan leher ke kiri dan ke kanan.

Konsumsi Zat Besi 

Pada minggu 20, simpanan zat besi di dalam tubuh ibu mulai berkurang. Padahal saat ini, bayi sangat membutuhkan sel-sel darah merah. Ini membuat Anda berisiko mengalami anemia. Risiko ini semakin meningkat jika Anda hamil kembar atau lebih. Bicarakan dengan dokter bagaimana cara memastikan asupan zat besi terpenuhi, dan apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen zat besi. 

Published
Categorized as Minggu 20

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *