Ingin Melakukan Exclusive Pumping? Ketahui Ini Dulu

Ingin melakukan exclusive pumping? Ada baiknya mengetahui faktanya sebelum memutuskan melakukannya.

Apa Itu Exclusive Pumping?

Exclusive pumping atau EPing adalah metode memompa ASI untuk memberikan ASI perah tanpa menyusui bayi secara langsung.

Exclusive pumping dapat dilakukan jika ibu tidak bisa menyusui atau bayi tidak dapat menyusu secara langsung, tetapi ibu masih ingin anaknya mendapatkan ASI secara eksklusif. Proses ini dilakukan dengan memompa ASI secara teratur setiap hari.

Mengapa Exclusive Pumping?

Ada beberapa alasan yang dapat melatarbelakangi Eping:

  • Bayi lahir prematur, tidak dapat rawat gabung, bayi sakit dan dirawat di unit rawat intensif atau unit gawat darurat (UGD) sehingga tidak dapat menyusu langsung.
  • Bayi memiliki masalah sehingga sulit menyusu.
  • Jika menyusui dirasa menyakitkan sehingga lebih mudah untuk memompa.

Apapun alasan yang melatarbelakangi exclusive pumping, ada baiknya kondisi menyusui ibu dan bayi dievaluasi oleh tenaga ahli. Sisi positifnya, ibu dapat tetap berakvititas di luar rumah tanpa menyusui langsung tapi kebutuhan ASI perah bayi tetap terpenuhi. Dengan exclusive pumping, ibu tetap dapat memastikan anak mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI. Selain itu ikatan batin dapat tetap terjalin dengan memberikan ASI dari botol.

Apa Tantangan Exclusive Pumping?

Meski tidak menyusui langsung, bukan berarti exclusive pumping menjadi mudah. Justru metode ini menantang karena ibu perlu memerah ASI hingga 10-12 kali sehari, dengan durasi rata-rata tiap payudara 15 menit. Belum lagi aktivitas mencuci dan mensterilkan pompa ASI.

Frekuensi ini dapat berubah-ubah tergantung usia dan pertambahan atau pengurangan usia bayi. Di samping itu pasti akan perlu penyesuaian jika nantinya ibu ingin kembali menyusui langsung.

Bagaimana agar Eping Efektif?

Jika tetap memilih exclusive pumping, berikut tips agar metode ini dapat menjadi efektif:

  • Oleh karena ibu akan terus menggunakan pompa ASI ini setiap hari terus menerus, maka pilih pompa ASI yang berkualitas dan yang menurut ibu nyaman digunakan.
  • Saat bayi baru lahir, pemerahan ASI perlu dilakukan sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan. Setelah 6 bulan dan kebutuhan makanannya dapat dipenuhi dengan makanan padat, ibu mungkin lebih dapat mengelola waktu pemerahan ASI.

Hal yang perlu diingat bahwa jika menyusui eksklusif dapat menjadi salah satu metode kontrasepsi, tidak demikian dengan exclusive pumping. Sehingga ibu dan Ayah perlu menggunakan metode kontrasepsi lain jika tidak merencanakan memiliki anak lain dalam waktu dekat.

Selain itu, exclusive pumping juga tidak lebih mudah daripada menyusui langsung sehingga ibu perlu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Sumber:

  • Parents. Exclusive Pumping: The Scoop on Schedules, Milk Supply and Tips for Success.
  • Very Well Family, 2020. Guide to the Exclusive Pumping of Breast Milk.

By dr. Meutia Ayuputeri K., M.Res, IBCLC, CIMI

Dokter Umum Konsuler Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *