Ini Pakaian Nyaman untuk Bunda Pascamelahirkan

pakaian-pascamelahirkan-3

Akhirnya… tamu istimewa yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Si Kecil yang imut dan menggemaskan sudah hadir di tengah keluarga, menambah serunya keseharian Bunda dan Ayah di rumah. Hari-hari Bunda pun semakin membutuhkan kenyamanan, terutama pakaian pasca melahirkan, karena setidaknya di enam bulan pertama, Bunda harus siaga memberikan ASI dan aktif mempersiapkan segala kebutuhan buah hati.

Lupakan dulu, celana jeans ketat dan fitted T-shirt, karena pakaian kasual seperti ini mungkin malah membuat Bunda repot saat harus memerah ASI maupun menyusui si Kecil. Ini dia, panduan pakaian pascamelahirkan untuk Bunda!

pakaian pascamelahirkan
Foto: freepik.com

Setelah selama sembilan bulan kehamilan Bunda mengubah gaya busana menjadi yang serba longgar. Setelah melahirkan pun, Bunda juga perlu memilih beberapa jenis pakaian pascamelahirkan yang paling nyaman dengan bahan halus dan lembut. Ini juga bisa membantu menutupi bentuk tubuh yang belum kembali ke ukuran semula, di antaranya adalah:

1. Gaun rumah atau daster dengan bukaan depan

Setidaknya selama beberapa minggu setelah melahirkan, banyak Bunda yang memilih pakaian pascamelahirkan berupa gaun atau daster dengan bukaan depan. Ini untuk mempermudah saat menyusui, juga saat harus mengencangkan gurita atau mengganti penutup luka pasca operasi caesar.

Pilih gaun dengan V-neck rendah, dengan tali bahu kecil, dengan bahan yang menyerap keringat, seperti kain katun atau batik.

2. Robe atau kimono

Pakaian pascamelahirkan jenis ini juga banyak dipilih oleh para ibu karena mudah dibuka, atau sebagai pelapis baju rumah. Pilih yang bahannya tidak licin sehingga bisa diikat kencang, sehingga Bunda tidak direpotkan untuk membenahi kimono yang berantakan berulang-ulang. 

Foto: freepik.com

3. Bra khusus menyusui

Salah satu pakaian pascamelahirkan yang paling esensial adalah bra khusus menyusui. Bra ini didesain khusus dengan menggunakan kancing di bagian depan untuk memudahkan Bunda menyusui. Bra ini biasanya tidak menggunakan kawat pada bagian bawah payudara, sehingga nyaman dikenakan.

4. Lounge wear

Selama Bunda menemani si Kecil di rumah, gaya lounge wear bisa Anda pilih sebagai pakaian pascamelahirkan. Potongannya serupa dengan piyama, dengan kemeja longgar dan celana berpipa lebar, sehingga sangat nyaman dikenakan. Lounge wear pun kini sah dipakai di luar rumah, jadi Bunda tidak perlu mengganti pakaian lagi saat harus keluar rumah sejenak.

5. Legging

Celana legging yang terbuat dari kain lentur atau bahan kaus sangat cocok sebagai pakaian pascamelahirkan. Mudah menyerap keringat juga memudahkan Bunda bergerak juga saat menggendong si Kecil. 

Foto: freepik.com

6. Shirt dress atau T-dress longgar

Untuk Bunda yang harus kembali beraktivitas di kantor, kenakan pakaian pascamelahirkan bergaya shirt dress dan T-dress yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan. 

7. Baju gaya oversize

Baju-baju longgar yang bisa membantu menutupi bentuk tubuh biasanya dipilih oleh para Bunda pasca melahirkan, selain nyaman, Bunda akan merasa lebih percaya diri. 

8. Baju-baju berbahan rajut yang lembut

Kalau Bunda adalah penyuka baju-baju berbahan rajut, cobalah untuk mengoleksi pakaian pascamelahirkan berbahan rajutan lembut seperti sweter atau rok rajut yang kembali trendi saat ini. Baju rajut biasanya juga bisa membantu menutupi bentuk tubuh yang belum kembali ideal setelah melahirkan. 

9. Kardigan yang menutupi area pinggul

Kardigan adalah salah satu pakaian pascamelahirkan yang ideal, karena selain nyaman dikenakan, outer yang satu ini bisa membantu memberikan ilusi tubuh lebih langsing. Bunda bisa padankan dengan tank top khusus menyusui, kaus lengan pendek, juga legging.

Ingatlah Bunda, bahwa setelah melahirkan pun, Bunda tetap bisa tampil gaya dan fashionable. Pilih gaya pakaian pascamelahirkan yang paling pas dengan kepribadian Anda, sehingga Bunda tetap percaya diri dan tampak menarik.

Sumber:

Marie Claire. 2020. How to Build a Postpartum Wardrobe that’s Comfortable and Foolproof.

Who What Wear. 2021. The Absolute Comfiest Clothes I Tested on Maternity Leave.

Enjoy Mom Life. 2021. What to Wear After Giving Birth in the Hospital.

Life So Ever. 2020. What To Wear Home From The Hospital After Giving Birth

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *