Tahap Perkembangan Mata Janin di dalam Kandungan

Perkembangan pancaindra anak sudah dimulai ketika ia berada di dalam kandungan, termasuk mata. Sangat menakjubkan untuk menyimak proses di setiap tahap perkembangan mata janin, mulai dari awal terbentuk sampai akhirnya bisa berfungsi walau belum sempurna. 

Perlu Bunda ketahui bahwa mata sebagai organ visual baru terbentuk sebesar 65 persen selama di dalam kandungan, dan butuh proses pematangan sejak ia lahir sampai seterusnya agar dapat berfungsi dengan sempurna.

Tahap Perkembangan Mata Janin Per Trimester

perkembangan mata janin
Foto: freepik.com

Bunda bisa mempelajari tahap perkembangan mata janin selama kehamilan agar Bunda tahu apa yang harus dilakukan baik saat anak masih berada di dalam kandungan maupun saat ia sudah lahir ke dunia.

Trimester 1

Mata manusia mulai terbentuk saat berusia 17 hari di dalam kandungan. Pada trimester ini, tahap perkembangan mata janin masih benar-benar mendasar yaitu pembentukan semua elemen-elemen mata dan struktur mata. 

Pada usia 4-5 minggu, elemen-elemen mata seperti kornea, pupil, lensa, iris, dan retina mulai dibentuk. Tak lama setelah itu, kelenjar air mata mulai terbentuk walau baru akan mengeluarkan air mata setelah bayi lahir, kira-kira pada usia tiga bulan. Lalu pada usia delapan minggu, kelopak mata mulai terbentuk.

Proses pembentukan kedua mata janin pada trimester ini benar-benar menakjubkan karena dimulai dari nol sampai struktur mata akhir terbentuk.

Jaringan saraf yang menghubungkan kedua mata dengan otak bagian depan juga mulai terbentuk dan membutuhkan waktu lima bulan sampai akhirnya selesai. Pembuluh darah ke mata juga mulai terbentuk. 

Trimester 2

Tahap perkembangan mata janin pada trimester ini memasuki masa penting karena akhirnya mata sudah mulai berfungsi. Pada usia 16 minggu, mata janin sudah melakukan pergerakan dari satu sisi ke sisi yang lain namun lambat. 

Mata juga sudah dapat menangkap cahaya secara samar-samar. Pada trimester ini, konstruksi kelopak mata berlangsung dengan cepat selama empat minggu. 

Setelah kelopak mata terbentuk dan retina juga sudah terbentuk, maka kelopak mata janin akhirnya bisa membuka dan menutup pada usia 27 minggu. Saat itu, mata sudah dapat berfungsi sebagai organ visual walaupun belum sempurna. 

Trimester 3

Pada trimester ini, tahap perkembangan mata janin sudah semakin meningkat.

Janin sudah bisa mendeteksi cahaya terang yang menembus sampai ke rahim mulai minggu ke-27 dan matanya dapat berkedip sebagai respon. Karena itu, Bunda sudah dapat memberinya stimulasi dengan menyorotkan senter ke perut. 

Jika janin mendeteksi cahaya ini, maka ia akan bergerak bahkan menendang. Cahaya yang terang juga membantu bayi mengenali bentuk walaupun masih samar-samar karena pupil mata sudah mulai bekerja dengan mengerut dan melebar.

Pada trimester ini juga, REM menjadi semakin sering dan janin mulai membentuk pola tidur. REM dan pola tidur membantu mensinkronisasikan retina dan gelombang otak sehingga penting untuk perkembangan kemampuan visual anak nantinya.

Pada usia 36 minggu sampai saat kelahiran, mata janin cenderung menjadi tidak aktif dan keadaannya seperti sedang tidur.

Mata Anak Terus Berkembang setelah Lahir

Foto: freepik.com

Kondisi di dalam kandungan yang cenderung gelap membuat janin kurang mendapat stimulasi secara visual. Walau janin menunjukkan ketertarikan untuk mengikuti gerakan cahaya terang, namun secara umum kedua matanya cenderung belum matang saat ia lahir. 

Karena itulah, ia akan terus belajar menggunakan matanya, mulai dari mengasah kemampuan untuk memfokuskan pandangan saat baru lahir, membedakan warna, sampai nanti ia belajar membaca pada usia prasekolah.

Bunda dapat membantu perkembangan kemampuan visualnya dengan memberikan stimulasi-stimulasi yang tepat, terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan bayi saat kemampuan visualnya meningkat dengan cepat. Tentu saja, stimulasi yang diberikan harus sesuai dengan usianya. 

Stimulasi visual yang tepat akan sangat membantu anak memaksimalkan fungsi mata sebagai salah satu panca indra. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata bayi yang pertama saat usianya enam bulan di dokter mata untuk memastikan mata bayi berkembang sesuai usianya dan tidak ada masalah.

Sumber:

2020 Mag.2012. Embryonic Eye Development.

Hell Sehat. 2018. Mengenal Tahap Perkembangan Kelima Indra Bayi Dalam Kandungan.

What to Expect. 2018. Fetal Eyesight: What Your Baby Can See in Utero.

Baby Center. 2018. Fetal Development: Your Baby’s Eyes and Sight.

American Optometric Association. Infant Vision: Birth to 24 Months of Age.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *