Ketahui Tanda-tanda Kelahiran Sudah Dekat

tanda-tanda kelahiran sudah dekat

Ada banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak para orang tua, terutama yang sedang menyambut kelahiran anak pertama. Saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir, pertanyaan yang banyak diajukan terutama adalah tentang tanda-tanda kelahiran sudah dekat.

Berikut ini adalah beberapa tanda kelahiran sudah dekat yang perlu Bunda ketahui agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. 

Apa Saja Tanda Kelahiran Sudah Dekat?

Foto: freepik.com

Ditambah dengan seringnya Bunda mengalami kontraksi palsu atau Braxton Hicks, Bunda biasanya menjadi kurang tenang karena khawatir tanda kelahiran sudah dekat. 

Beberapa tanda berikut ini mungkin Bunda alami, meskipun tidak selalu terjadi secara berurutan maupun seluruhnya terjadi, yaitu:

  • Keluarnya cairan dari jalan lahir, berwarna agak kecokelatan atau merah muda.
  • Munculnya sensasi pada bagian panggul dan jalan lahir, yang menandakan si Kecil sudah semakin berada di bawah. Sensasi ini bisa jadi terasa menekan dan nyeri, sehingga membuat Bunda sulit untuk berjalan lebih cepat.
  • Berat badan Bunda mulai agak turun atau berhenti naik.
  • Muncul diare atau gangguan pencernaan.
  • Nyeri pada bagian punggung bawah.
  • Mulai terasa kram pada bagian panggul dan rektal.
  • Saat diperiksa dalam oleh dokter, biasanya pada bagian rahim akan mulai melunak, atau bahkan mulai muncul bukaan kecil. 
  • Bunda semakin sering merasa gelisah, cepat lelah, atau malah semakin bersemangat beraktivitas. Ini karena merasa ingin menyelesaikan segala sesuatunya sebelum harus berangkat ke rumah bersalin. Ini disebut juga dengan “nesting instinct”. 

Bila satu atau beberapa tanda tersebut mulai Bunda rasakan, itu berarti tanda kelahiran akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Tetap tenang dan hadapi tahapan persalinan ini dengan semangat, ya!

Apa Tanda yang Menunjukkan Persalinan Segera Terjadi?

tanda-tanda kelahiran sudah dekat
Foto: freepik.com

Berikut tanda-tanda kelahiran sudah dekat:

Pecahnya ketuban

Tidak semua Bunda mengalami pecahnya ketuban setelah sampai di rumah sakit. Tidak sedikit yang mengalami pecah ketuban di rumah maupun di saat tak terduga.

Pecahnya ketuban ini mirip sekali dengan rasa buang air kecil, tapi perbedaannya adalah air yang keluar terus mengalir tanpa bisa Bunda tahan. Cairan yang keluar warnanya bening tanpa aroma amonia seperti urine. 

Perlu Bunda ingat bahwa dengan pecahnya ketuban berarti selaput pelindung si Kecil sudah mulai terbuka, yang meningkatkan kontaminasi terhadap bakteri. Segeralah berangkat ke rumah sakit atau rumah bersalin karena waktu persalinan sudah sangat dekat.

Muncul perdarahan/lendir

Selama masa kehamilan, mulut rahim secara alami tertutup dan disumbat dengan selaput yang disebut mucus. Pada saat Bunda memasuki masa persalinan, rahim mulai mengalami bukaan dan dindingnya melunak sebagai tanda persiapan.

Mucus atau lendir ini, yang kira-kira banyaknya sekitar satu sendok teh, akan keluar secara alami dari jalan lahir; warnanya kecokelatan atau merah pucat. Kalau Bunda mengalami pertanda ini, berarti waktu persalinan bisa akan terjadi dalam beberapa jam ke depan.

Muncul nyeri hebat pada bagian punggung

Sebenarnya rasa nyeri atau pegal sudah dialami oleh para Bunda sejak awal kehamilan, juga saat kehamilan memasuki trimester ketiga.

Namun saat rasa pegal ini berubah menjadi nyeri hebat, kemungkinan Bunda mengalami apa yang disebut “back labor”, yang dialami oleh 1 dari 3 ibu hamil.

Nyeri hebat ini kemungkinan disebabkan kepala si Kecil menekan tulang belakang Bunda saat dirinya memasuki jalan lahir. Hal ini normal saja, Bunda, jadi tak perlu merasa khawatir. 

Muncul kontraksi

Berbeda dengan kontraksi palsu atau Braxton Hicks yang muncul dan menghilang secara tak beraturan, kontraksi persalinan yang sesungguhnya terjadi secara teratur dan jaraknya semakin berdekatan.

Bunda sebaiknya mencatat setiap kontraksi yang terjadi untuk mengetahui interval dari setiap kontraksi. Saat kontraksi sudah berjarak 5 menit sekali, ini semakin menandakan si Kecil tak sabar lagi hadir di tengah keluarganya!

Sumber:

Parents. 2020. Signs of Approaching Labor: How to Tell Your Baby is Coming Soon.

Healthline. 2018. Labor and Delivery.

What to Expect. 2020. 10 Signs of Labor.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *