Mitos atau Fakta: Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Es?

minum es saat hamil

Ibu hamil boleh minum es tidak, ya? Ada begitu banyak mitos dan informasi yang tidak akurat yang beredar di masyarakat tentang kehamilan. Bunda mungkin akhirnya menjadi bingung karena tidak yakin dengan kebenaran mitos tersebut tapi pada saat bersamaan, khawatir jika tidak diikuti, maka mitos itu ternyata mengandung kebenaran. 

Salah satu dari mitos ini adalah larangan bagi ibu hamil untuk minum es atau air dingin dengan berbagai macam alasan, mulai dari membuat bayi membesar, membuat bayi bangun, serta membuat bayi kedinginan.

Asal Mula Mitos Larangan Minum Es bagi Ibu Hamil

minum es saat hamil
Foto: freepik.com

Larangan bagi ibu hamil untuk minum air dingin dan es banyak ditemukan di negara-negara Asia yang masih kental dengan tradisi dan menjalankan kepercayaan turun-temurun. Adanya larangan minum es bagi ibu hamil muncul karena adanya kepercayaan bahwa sesuatu yang dingin bisa membawa efek yang tidak baik bagi tubuh.

Secara umum, ada kepercayaan bahwa minum air dingin dan es dapat memperlambat kerja sistem pencernaan sehingga membuat gemuk. Minum air dingin juga dipercaya dapat membuat perut kembung, tubuh mudah kelelahan, dan persendian sakit. 

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa kandungan ibu hamil dan air ketuban di dalamnya itu bersuhu hangat. Jika ibu hamil sering minum air dingin, maka dipercaya bahwa hal itu dapat memengaruhi suhu di dalam kandungan menjadi lebih dingin sehingga membuat bayi kedinginan.

Faktanya: Ibu Hamil Boleh Minum Es

Foto: freepik.com

Menurut para dokter kandungan, tidak ada masalah jika Bunda ingin minum es dan air dingin lainnya saat sedang hamil. Hal yang perlu Bunda perhatikan bukanlah suhu minumannya tapi lebih kepada kandungan nutrisi dari minuman es tersebut serta kebersihannya. 

Bunda harus memastikan bahwa minuman yang dikonsumsi menggunakan air yang bersih. Plus, dimasak sampai matang untuk menghindari adanya bakteri dan mikroorganisme lainnya di air.

Jangan sampai karena Bunda menghindari minum es dan air putih dingin, akhirnya Bunda malah jadi kurang cairan. Jika rata-rata orang normal disarankan untuk minum air putih dua liter per hari, maka ibu hamil direkomendasikan untuk menambah jumlahnya menjadi 2,5 liter per hari. 

Tambahan air ini tujuannya adalah agar janin tercukupi kebutuhan cairannya sehingga dapat memproduksi urine yang cukup untuk menjadi air ketuban. Volume air ketuban yang cukup dapat membantu menjaga kondisi janin selama kehamilan.

Jadi, tak masalah jika Bunda minum air hangat, air bersuhu ruang, atau air dingin, yang penting adalah air tersebut bersih dan diolah dengan higienis. 

Namun perhatikan juga bahwa minuman jenis es-esan biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi agar rasanya manis dan segar. Ini yang harus Bunda waspadai karena konsumsi gula yang berlebihan berpotensi membuat ibu hamil menjadi kegemukan bahkan menderita diabetes gestational (diabetes kehamilan). 

Jika membeli minuman dingin dalam kemasan, perhatikan juga kandungan pengawet dan pewarna yang sebaiknya Bunda hindari. 

Selalu Periksa Kembali Kebenaran Informasi

Foto: freepik.com

Dengan begitu banyaknya informasi yang beredar tentang kehamilan, baik di internet, media sosial, keluarga, perkumpulan ibu hamil, dan lainnya, Bunda bisa jadi kewalahan dan bingung menentukan mana informasi yang merupakan fakta dan mitos. 

Apalagi jika suatu informasi disampaikan oleh banyak orang, bisa-bisa Bunda ikut percaya karena banyak orang yang percaya. Padahal informasi itu belum jelas kebenarannya,

Cara yang paling mudah untuk memastikan suatu informasi itu mitos atau fakta adalah dengan bertanya langsung kepada dokter kandungan atau orang yang memang ahli di bidang tersebut. 

Jika mencari informasi di internet, pastikan tulisan yang Bunda baca memiliki sumber-sumber yang kompeten dan bukan hanya opini pribadi. Ingatlah bahwa apa yang Bunda lakukan akan sedikit-banyak memengaruhi janin. Karena itu, biasakan selalu periksa kembali kebenaran informasi yang Bunda dapatkan. 

Sumber:

ABC News. 2017. Have a Cold Drink, AMA President Tells Mothers Worried about Stillbirth.

Alodokter. 2019. Fakta di Balik Minum Es Saat Hamil.

Klik Dokter. 2020. Yang Perlu Diketahui Seputar Minum Air Es Saat Hamil.

Fox, Nathan S. MD. Dos and Don’ts in Pregnancy Truths and Myths. Obstetrics & Gynecology:¬†April 2018 – Volume 131 – Issue 4 – p 713-721.

Pregnant Singapore. 2013. Pregnancy Myths: No Cold Drinks or Foods in the First Trimester?

Viva. 2018. Berapa Liter Air Putih yang Seharusnya Diminum Ibu Hamil?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *