Daily Baby Month-8 Day-22

Mitos atau Fakta: Anak Tidak Boleh Diberi Telur, Nanti Bisulan?

Tidak ada hubungan antara anak makan banyak telur dengan bisulan. Penyebab bisul adalah infeksi Staphylococcus aureus, yaitu bakteri yang umum berada di kulit anak-anak.

Infeksi terjadi ketika terdapat luka atau lecet di kulit yang membuat bakteri masuk. Untuk mencegah infeksi menyebar, tubuh akan mengumpulkan bakteri, sel darah putih, dan jaringan yang rusak di satu tempat. Inilah yang membentuk bisul yang berisi nanah.

Untuk mencegah bisul muncul, biasakan anak untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, jangan acuh jika terjadi luka atau lecet walaupun kecil. Harus segera ditangani agar tidak menjadi pintu masuk kuman ke dalam tubuh.

Jadi, Bunda tak perlu khawatir saat anak sering makan telur karena seharusnya tidak menyebabkan bisulan. Lagipula, sayang sekali jika Bunda melarang anak makan telur karena telur mengandung nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh anak, seperti lemak, protein, serta berbagai vitamin dan mineral untuk optimalisasi pertumbuhannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *