Mitos atau Fakta: Cukur Melebatkan Rambut?

mencukur rambut bayi

Banyak orang meyakini bahwa si Kecil yang rambutnya dicukur akan tumbuh lebih lebat dan lebih tebal. Benarkah demikian? Bagaimana agar rambut si Kecil tumbuh makin lebat?

Mengapa Mencukur Rambut Bayi?

mencukur rambut bayi

Mencukur bayi adalah salah satu budaya yang banyak berkembang di masyarakat Asia dan Amerika Latin, bahwa rambut bayi perlu dicukur. Banyak yang menghubungkan hal ini dengan alasan-alasan religi.

Jadi, pada dasarnya tidak ada larangan mencukur rambut bayi selama dilakukan dengan aman dan lembut. 

Dipengaruhi Gen

mencukur rambut bayi

Hal ini merupakan perdebatan mitos dan fakta yang beredar di masyarakat, yang meyakini bahwa mencukur rambut bayi akan membuat rambut barunya semakin lebat. Ini sulit untuk dibuktikan kebenarannya Bunda, karena faktor yang paling menentukan dalam pertumbuhan rambut adalah genetik. 

Folikel rambut yang tumbuh di bawah kulit adalah tempat tumbuhnya rambut. Akar dari folikel rambut akan mendapatkan nutrisi dari darah.

Semakin baik nutrisi yang dibawa oleh darah, maka akan membantu pertumbuhan rambut. Rambut yang tumbuh dari folikel rambut akan melalui kelenjar minyak, yang akan membantu helaian rambut tampak berkilau dan lembut. 

Perlu Bunda sadari bahwa meskipun si Kecil lahir dengan rambut yang lebat maupun rambut tipis, setelah beberapa waktu rambut ini akan rontok secara alami tanpa perlu mencukur bayi. Lalu akan tumbuh kembali.

Kerontokan ini adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan dan normal tejadi pada bayi baru lahir.

Warna dan kelebatan rambut bayi sangat bergantung pada faktor genetik. Biasanya rambut akan mulai tumbuh sejak minggu ke-30 kehamilan.

Hormon Bunda pun turut berperan dalam menentukan banyak sedikitnya rambut yang tumbuh pada bayi di dalam kandungan. 

Karena hormon Bunda tinggi, biasanya rambut akan lebih cepat tumbuh. Namun setelah si Kecil lahir, karena sudah tidak dipengaruhi oleh hormon Bunda, pertumbuhan rambutnya pun melambat dan akan mengikuti siklus pertumbuhan rambut secara alami. 

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Meski mencukur bayi tidak ada hubungannya dengan mendapatkan rambut yang lebih lebat dan tebal, namun ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui mencukur, yaitu:

Membersihkan kulit kepala dari kerak yang menempel.

Biasanya pada kulit kepala bayi yang baru dilahirkan ada kerak yang sulit dibersihkan dengan cara mencuci rambutnya saja. Dengan mencukur rambutnya, maka Bunda akan lebih mudah untuk membersihkan kulit kepalanya dari kerak yang menempel.

Membantu melihat kondisi kepala si Kecil

Jika kepala si Kecil licin, maka Bunda akan dapat memperhatikan kondisi kepalanya secara lebih mudah untuk melihat adanya iritasi pada kulit kepala, adanya dermatitis seboroik/ketombe, benjolan, maupun luka. 

Cara Merawat Rambut Si Kecil

Agar si Kecil rambutnya lebih subur dan lembut, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk merawatnya, di antaranya:

Menggunakan minyak kelapa. 

Minyak kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Minyak ini juga dapat membantu menyehatkan kulit kepala si Kecil, memperlancar peredaran darah di area kulit kepala, juga membantu menyehatkan rambut sehingga tumbuh lebih sehat dan berkilau. 

Usapkan minyak kelapa pada kulit kepala si Kecil beberapa kali dalam seminggu. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Menyikat kulit kepala

Menyisir, menyikat, maupun memijat kulit kepala si Kecil dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut, karena peredaran darah di area kulit kepala menjadi lebih lancar, sehingga folikel dan sel-sel rambut menjadi lebih sehat.

Selain itu, hal ini akan membuat si Kecil merasa nyaman dan membuatnya relaks. 

Keramas secara teratur

Bayi mungkin belum perlu untuk dikeramas setiap hari seperti pada orang dewasa, namun mencuci rambut bisa membantu membuat kulit kepalanya tetap bersih dan sehat. Cuci rambutnya setiap 2-3 hari sekali. 

Pilih sampo khusus yang diformulasi untuk bayi, dengan formula hypoallergenic dan tidak pedih di mata. Selalu gunakan air hangat saat mencuci rambutnya agar si Kecil tetap nyaman.

 

Sumber:

First Cry Parenting. 2018. Shaving a Baby’s Head for Thicker Hair – Fact or Myth.

Mom Loves Best. 2021. Shaving Baby’s Hair: Is It Safe? Will It Grow Back Thicker?

Healthline. 2020. 10 Hacks for Baby Hair Growth.

The Asian Parent Indonesia. 2020. Manfaat Mencukur Rambut Bayi.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *