Makanan Bayi: Lebih Baik Beli atau Bikin Sendiri?

Tak terasa, si Kecil sudah berusia 6 bulan, itu tandanya dia sudah siap untuk mulai menyantap Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan belajar makan makanan padat. Lebih baik memberikan makanan bayi buatan sendiri atau beli, ya?

Mari kita sama-sama lihat sisi positif dan negatifnya, sebelum Bunda mengambil keputusan penting ini. 

Mana yang Lebih Sehat?

makanan bayi

Fase baru ini tentu membuat Bunda merasa bersemangat. Namun ternyata untuk memutuskan makanan apa yang tepat bagi si Kecil terkadang menjadi dilema tersendiri bagi Bunda: antara makanan bayi buatan sendiri atau makanan kemasan siap masak/siap santap yang dibeli di toko

Sebagian orang beranggapan bahwa makanan kemasan atau yang diproduksi massal sudah tentu nutrisinya lebih rendah daripada makanan yang disiapkan di rumah. 

Sebuah studi yang dilakukan di Skotlandia, yang dipublikasikan pada bulan Juli 2016 dalam jurnal Archives of Disease in Childhood menemukan bahwa makanan bayi buatan sendiri yang dimasak dengan mengikuti resep dari buku, sebesar 77% mengandung nutrisi yang lebih baik daripada makanan kemasan.

Namun studi ini juga menjelaskan bahwa makanan bayi buatan sendiri yang dibuat dari bahan-bahan segar tidak selalu lebih baik daripada makanan kemasan.

Kalau Bunda perhatikan, saat ini malah banyak sekali makanan bayi siap masak/siap santap yang terbuat dari bahan-bahan organik dan tidak menggunakan campuran seperti perasa dan penyedap artifisial apa pun. Tinggal Bunda yang memutuskan mau membeli yang seperti apa. 

Menyiapkan makanan untuk si Kecil tentu lebih memuaskan, apalagi kalau si Kecil menyantapnya tanpa sisa. Namun ada beberapa situasi dan kondisi yang kadang tidak memungkinkan untuk Bunda memasak setiap hari. 

Jadi, memberikan makanan kemasan untuk si Kecil juga tidak dapat dianggap sebagai sebuah kesalahan atau kelalaian.

Apa Saja Sisi Positif Makanan Bayi Buatan Sendiri?

makanan bayi
  • Lebih hemat. Bunda bisa menghemat banyak anggaran kalau mempersiapkan sendiri makanan untuk si Kecil.
  • Bunda bisa memilih bahan-bahan segar yang diinginkan atau membuat kombinasi makanan sendiri.
  • Mempersiapkan sendiri makanan di rumah bisa menjadi saat Bunda memperkenalkan berbagai makanan favorit Bunda kepada si Kecil. 
  • Mempersiapkan makanan bayi buatan sendiri memberi rasa puas dan rewarding kepada Bunda. 

Apa Kekurangan Makanan Bayi Buatan Sendiri?

makanan bayi
  • Memasak makanan bayi buatan sendiri membutuhkan waktu lama. Bagi Bunda yang sibuk dan tidak punya bala bantuan, ini akan menjadi masalah tersendiri. 
  • Makanan bayi buatan sendiri cepat basi bila dibandingkan dengan makanan kemasan yang bisa bertahan selama beberapa waktu.
  • Terkadang Bunda memasak terlalu banyak, sehingga perlu dibuang karena bersisa.

Apa Kelebihan Makanan Kemasan?

  • Praktis dan hemat waktu. Banyak makanan bayi siap santap yang sudah dikemas dalam porsi yang pas, sehingga Bunda tidak perlu khawatir memberikan terlalu banyak atau membuang-buang makanan yang sisa.
  • Makanan kemasan siap masak mudah dibuat dan hasil akhirnya lebih terjamin (tekstur yang pas, rasa yang enak, dan sebagainya).
  • Tersedia dalam berbagai tahapan sesuai usia si Kecil. Bunda tinggal memilih dan menyesuaikannya.

Apa Kekurangan Makanan Kemasan?

  • Menyisakan banyak sampah dari kemasan—botol, karton, plastik pembungkus, dan sebagainya.
  • Biasanya harganya mahal, apalagi kalau menggunakan bahan organik. 
  • Ada yang menggunakan campuran perasa, pewarna, dan pengawet. 

Jadi, mana yang lebih baik? Jawabannya kembali kepada kebijaksanaan Bunda dan Ayah. 

Anda juga dapat lebih fleksibel dalam menerapkan pemberian MPASI kepada si Kecil, yaitu menggabungkan keduanya, disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Saat sibuk atau bepergian bersama keluarga, Bunda bisa siapkan makanan kemasan. Sementara saat punya lebih banyak waktu dan ingin mempersiapkan makanan bayi buatan sendiri, Bunda bisa membuatnya.

Sumber:

Parentology. 2019. The Great Debate, Homemade Baby Food Versus Store-Bought.

What to Expect. 2021. Homemade vs. Store-Bought Baby Food.

Live Science. 2016. Homemade Baby Food Isn’t Necessarily Healthier Than Store-Bought.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *