Tidak Jerawatan Berarti Hamil Anak Laki-Laki, Benarkah?

Begitu banyak kepercayaan yang beredar di masyarakat tentang kehamilan, sampai muncul jerawat di wajah ibu hamil pun dianggap sebagai pertanda jenis kelamin anak. Misalnya, jika ibu tidak berjerawat maka mengandung bayi laki-laki. 

Sementara munculnya jerawat di wajah ibu hamil dan wajah yang terlihat kusam menandakan hamil anak perempuan. Apakah benar seperti ini?

Prediksi Jenis Kelamin Janin, Apakah Akurat?

Begitu penasarannya dengan jenis kelamin janin yang dikandung, beberapa perubahan yang dijalani oleh ibu hamil selama kehamilan pun sering kali dijadikan dasar untuk memprediksi jenis kelamin janin.  

Misalnya saja, jika kondisi kulit wajah ibu hamil baik-baik saja dan tidak berjerawat saat hamil, maka diprediksi anaknya berjenis kelamin laki-laki. Begitu juga dengan ngidam makanan yang gurih dan asin serta bentuk perut lebih mancung ke depan.

Bagaimana dengan anak perempuan?

Jika Bunda mengalami mood swing dan morning sickness yang parah, ngidam makanan yang manis-manis, kulit wajah jadi berjerawat dan tampak kusam, rambut jadi mudah lepek, dan detak jantung janin lebih cepat (mencapai 160 kali per menit), ada yang bilang Bunda akan memiliki anak perempuan. 

Perlu Bunda ketahui bahwa prediksi-prediksi ini tidak dijamin akurasinya. Apalagi ada beberapa penelitian yang dilakukan yang telah membuktikan bahwa kebanyakan cara memprediksi jenis kelamin janin ini sebenarnya hanya mitos. 

Masalah kulit wajah dan rambut saat hamil, misalnya, ternyata 90 persen ibu hamil mengalaminya, tak hanya yang mengandung anak perempuan. Jadi, Bunda tak perlu percaya bahwa janin berjenis kelamin laki-laki hanya karena tidak berjerawat saat hamil, ya. 

Penyebab Berjerawat dan Tidak Berjerawat saat Hamil

tidak jerawatan saat hamil

Munculnya jerawat di wajah ibu hamil merupakan sesuatu yang wajar sebagai akibat dari perubahan hormon. Biasanya jerawat bermunculan pada trimester pertama, saat perubahan hormon sedang tinggi. 

Walau begitu, jerawat juga bisa muncul pada trimester-trimester berikutnya, terutama pada trimester tiga saat produksi hormon kembali berfluktuasi. 

Karena perubahan hormon, kulit wajah ibu hamil biasanya akan jadi lebih berminyak karena kelenjar di wajah menjadi lebih aktif. 

Para ahli tidak dapat menentukan siapa yang akan berjerawat dan tidak berjerawat saat hamil, tapi Bunda berpotensi untuk berjerawat jika memang memiliki kulit yang rentan berjerawat dan biasa berjerawat saat menstruasi. 

Uniknya, walau tidak banyak, tetapi ada juga ibu hamil yang merasa bahwa perubahan hormon ini membuat kondisi kulit wajah yang tadinya berjerawat malah menjadi lebih baik. Sehingga mereka tidak berjerawat saat hamil. 

Perawatan dan Pengobatan Jerawat saat Hamil

Mengobati jerawat menjadi hal yang rumit saat sedang hamil karena kebanyakan bahan-bahan yang terkandung di dalam obat jerawat yang dijual bebas belum pernah diteliti dampaknya terhadap ibu hamil. 

Karena itu, Bunda sangat disarankan untuk tidak mencoba menggunakan obat-obat jerawat yang dijual bebas untuk mengatasi jerawat di wajah. Lebih baik Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter kulit untuk mendapatkan obat jerawat yang aman untuk ibu hamil.

Jika jerawat yang muncul tidak parah, maka Bunda bisa melakukan perawatan kulit wajah untuk membantu mengatasi jerawat. Pastikan produk-produk perawatan kulit wajah yang Bunda gunakan aman untuk ibu hamil, ya. 

Selain itu, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah, Bunda bisa melakukan beberapa perawatan sederhana berikut ini:

  • Cukup bersihkan wajah dua kali sehari saja atau saat wajah kotor. Hindari menggunakan scrub yang kasar karena dapat memperparah jerawat. 
  • Jerawat akibat hormon biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas. Karena itu, hindari sering memegang jerawat, apalagi sampai dipencet. Ini malah dapat memicu infeksi dan luka bekas jerawat.
  • Rambut yang kotor dan menyentuh wajah juga dapat menimbulkan jerawat. Karena itu, cucilah rambut secara rutin 2-3 hari sekali.
  • Jaga kebersihan benda-benda yang menyentuh wajah Bunda, misalnya perlengkapan merias wajah (kuas, spons, puff), sarung bantal, dan layar ponsel.  

Sumber:

Web MD. 2020. Pregnancy Acne.

American College of Obstetricians and Gynecologists. 2018. Skin Conditions during Pregnancy.

Mayo Clinic. 2019. What’s the Best Way to Treat Pregnancy Acne?

Medical News Today. 2018. How Can You Tell if You are Having a Boy or a Girl?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *