Bentuk Perut Bulat saat Hamil, Tanda Bayi Laki-Laki?

bentuk perut bulat

Walau cara yang akurat untuk mengetahui jenis kelamin anak di dalam kandungan adalah dengan pemeriksaan medis seperti USG dan amniosentesis, tapi ada yang bilang bahwa bentuk perut bulat berarti hamil bayi laki-laki. Benarkah?

Perut Bulat Berarti Anak Laki-Laki, Perut Melebar Berarti Anak Perempuan

bentuk perut bulat

Bentuk perut bulat dan posisinya tinggi, seperti ada bola basket di dalam perut Bunda, sering kali dijadikan pertanda bahwa janin di dalam kandungan berkelamin laki-laki. 

Sementara jika perut terlihat melebar ke samping dan posisi rendah, maka berarti janinnya berkelamin perempuan. Prediksi jenis kelamin janin ini berlangsung turun-temurun dan tak hanya di Indonesia, tapi juga terjadi di seluruh dunia.

Faktanya, bentuk perut ibu hamil, posisinya, serta ukurannya tidak ditentukan oleh jenis kelamin anak yang dikandungnya, melainkan oleh kekencangan otot-otot perut dan bentuk badan Bunda.

Selain itu, posisi janin di dalam kandungan serta volume air ketuban ikut memengaruhi bentuk perut ibu hamil.

Lalu bagaimana jika Bunda ingin mengetahui tentang jenis kelamin anak di dalam kandungan?

Untuk mengetahuinya, Bunda harus menunggu sampai usia kehamilan 14 minggu, karena saat itulah jenis kelamin janin sudah dapat terlihat. 

Namun lebih baik Bunda menunggu sampai usia kehamilan mencapai 20 minggu agar mendapat hasil yang akurat dari USG trimester dua.  

Berbagai Bentuk Perut Ibu Hamil

bentuk perut bulat

Selain perut bulat, ada beberapa bentuk perut dan posisi kandungan yang umum ditemukan.

Bentuk perut

Bentuk perut terbagi menjadi perut bulat dan melebar. Perut yang bulat biasanya condong ke arah depan dan seperti ada bola besar di dalamnya. 

Jika ibu hamil bertubuh tinggi dan/atau memiliki berat badan normal, maka perutnya akan cenderung membulat ke depan, begitu juga ibu yang baru pertama kali hamil.

Perut yang bulat juga menandakan janin ada dalam posisi normal dengan kepala berada di atas dengan jantung atau di bawah. 

Berbeda dari perut bulat, jika ibu hamil memiliki bentuk perut melebar, maka janin ada dalam posisi melintang. Perut yang melebar ini juga cenderung dimiliki oleh ibu hamil dengan postur tubuh pendek dan berat badan yang berlebih saat hamil. 

Posisi janin melintang baru akan menjadi masalah jika janin belum berputar ke posisi kepala di bawah dan menghadap belakang (presentasi vertex) menjelang melahirkan. Atau, posisi sungsang.

Posisi kandungan

Ibu hamil yang bugar dan memiliki otot-otot perut kencang umumnya memiliki posisi kandungan tinggi. Karena otot-otot perut yang kuat dapat menahan dan mengangkat rahim yang membesar. 

Posisi kandungan yang tinggi juga bisa terjadi karena janin senang berada di bagian atas perut Bunda, terutama pada trimester satu dan dua. Namun biasanya pada trimester tiga, janin akan mulai turun ke bawah untuk persiapan melahirkan.

Kebalikannya, posisi kandungan di bawah terjadi saat otot-otot perut dan ligamen lemah, bisa jadi karena terlalu meregang menahan rahim yang membesar. Kondisi ini umum terjadi pada kehamilan kedua atau ketiga, sehingga kondisi otot-otot perut sudah tidak sekencang sebelumnya. 

Selain itu, posisi kandungan di bawah juga biasa terjadi pada trimester tiga saat janin mulai turun ke jalur lahir.

Ukuran Perut

bentuk perut bulat

Kebugaran dan bentuk tubuh ibu hamil sangat berpengaruh ke ukuran perut selama hamil. Ibu hamil dengan otot-otot perut kencang dan memiliki tubuh tinggi cenderung memiliki ukuran perut yang kecil dan tidak menonjol keluar. 

Hal itu dikarenakan ada banyak ruang di dalam perut untuk bayi bergerak. Ukuran perut yang kecil juga bisa berarti air ketuban di dalam kandungan volumenya sedikit, kondisi yang disebut dengan oligohydramnios

Ibu hamil dengan perawakan kecil dan pendek biasanya akan memiliki ukuran perut yang besar, begitu juga dengan ibu hamil dengan berat badan berlebih.

Namun ukuran perut besar bisa juga dipengaruhi oleh tingginya volume air ketuban (polyhydramnios), begitu juga usia kehamilan yang sudah memasuki trimester dua dan tiga.

Untuk informasi lebih jelas tentang bentuk-bentuk perut ini, Bunda bisa langsung menanyakan ke dokter kandungan atau bidan.

Sumber:

Healthline. 2019. Can You Tell You’re Having a Baby Boy by the Shape or Size of Your Belly?

Web MD. 2020. Pregnancy: What to Know About How You’re Carrying.

Verywell Family. 2020. 5 Concerns About Your Pregnant Belly.

Sehatq. 2020. Bentuk Perut Hamil Bisa Prediksi Jenis Kelamin Bayi, Mitos atau Fakta?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *