Jika Mengalami Puting Lecet Bolehkah Tetap Menyusui?

puting lecet menyusui

Salah satu masalah menyusui yang umum dihadapi oleh ibu yang baru melahirkan adalah puting yang lecet. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit saat Bunda menyusui si Kecil dan dapat berlangsung berhari-hari.

Akibatnya, ada ibu yang yang memutuskan berhenti menyusui sementara karena tidak yakin boleh menyusui atau tidak saat puting lecet dan berdarah, lalu memberi ASI menggunakan botol dengan dot. 

Padahal, pemberian botol seperti ini tidak dianjurkan untuk bayi baru lahir untuk menghindari bayi bingung puting. Jadi, jika mengalami puting lecet bolehkah menyusui?

Penyebab Puting Lecet

puting lecet menyusui

Pada bayi baru lahir, yang sering kali menjadi penyebab puting menjadi lecet adalah pelekatan bayi yang kurang tepat ke payudara Bunda. Bayi yang baru lahir memang butuh waktu untuk belajar menyusu dengan benar, jadi pelekatannya sering kali masih tidak tepat. 

Saat pelekatannya ke puting payudara Bunda tidak tepat, maka bayi akan cenderung hanya mengisap puting saja. Bahkan seperti mengunyah puting karena merasa frustrasi ASI yang keluar tidak sesuai keinginannya. Ini yang membuat puting payudara menjadi lecet dan luka.

Posisi menyusui dan teknik menyusui yang kurang tepat juga dapat membuat puting Bunda menjadi lecet. Untuk mengatasi tiga masalah ini, Bunda dapat berkonsultasi kepada konsultan laktasi dan memintanya untuk mengevaluasi cara Bunda menyusui dengan melihat langsung. 

Tanyakan juga puting lecet bolehkah menyusui? Dengan cara ini, Bunda akan mendapatkan jawaban yang tepat sehingga diharapkan masalah puting lecet tak lagi terjadi. 

Selain tiga penyebab di atas, puting yang lecet juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi jamur yang dapat menyerang puting payudara Bunda dan mulut bayi, serta cara memerah ASI yang kurang tepat saat menggunakan breast pump

Pada bayi yang lebih besar, puting yang lecet bisa terjadi akibat bayi tumbuh gigi sehingga menggigit atau mengunyah puting akibat rasa gatal di giginya.

Jika Puting Lecet Bolehkah Menyusui?

Saat puting payudara Bunda lecet tapi tidak parah, walaupun sampai mengeluarkan sedikit darah, maka para ahli menyarankan agar Bunda tetap menyusui. Sambil menyusui, pastikan posisi pelekatan bayi sudah tepat sehingga rasa sakit akibat puting yang lecet bisa berkurang. 

Pilih posisi menyusui yang dapat mengurangi rasa sakit di puting lalu variasikan penggunaannya saat menyusui, yaitu laid-back position, cradle position, cross cradle position, dan football position

Jika rasa sakit tak tertahankan, maka Bunda dapat mengoptimalkan payudara yang putingnya tidak lecet untuk menyusui terlebih dahulu, baru kemudian gunakan payudara dengan puting lecet. 

Selain itu, Bunda juga bisa menerapkan teknik relaksasi yang dipelajari di kelas melahirkan saat rasa nyeri muncul di tengah-tengah menyusui. 

Sambil menyusui, Bunda dapat menerapkan tips perawatan puting lecet berikut agar terasa lebih nyaman dan lecetnya berkurang:

  • Setelah selesai menyusui, keluarkan sedikit ASI dari puting, lalu oleskan di puting dan areola. ASI bersifat antibakteri sehingga dapat membantu penyembuhan iritasi dan luka di kulit. Tunggu sebentar sampai mengering, baru kenakan bra. Namun cara ini tidak efektif untuk lecet akibat infeksi jamur ya, Bun.
  • Bunda juga dapat membantu penyembuhan puting payudara lecet menggunakan nipple cream yang mengandung lanolin murni. Lanolin membantu menjaga kelembapan, mendorong penyembuhan luka, dan membuat puting yang lecet terasa nyaman. Keluarkan krim sedikit saja lalu tepuk-tepukkan (jangan dioles) di puting dan areola.  
  • Saat mandi, hindari membersihkan puting payudara yang lecet dengan sabun, cukup basuh menggunakan air hangat. Puting yang lecet juga bisa dibersihkan dengan larutan saline. 
  • Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat karena gesekan kain dengan puting dapat memperparah lecet di puting.

Sudah terjawab ya, Bunda, pertanyaan puting lecet bolehkah menyusui? Jika Bunda masih mengalami masalah seputar menyusui, maka bisa ditanyakan ke dokter anak dan konsultan laktasi yang siap membantu Bunda.

Sumber:

What to Expect. 2020. How to Treat Sore Nipples and Breastfeeding Pain.

La Leche League International. Breastfeeding with Sore Nipples.

Medical News Today. 2020. Cracked Nipples: Causes and Treatments.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *