Bisakah Tetap Menyusui Jika Payudara Besar Sebelah?

payudara besar sebelah

Tidak sedikit wanita yang menyadari akan perbedaan ukuran satu payudaranya yang lebih besar dari yang lain. Dan saat hamil dan ingin menyusui, mungkin khawatir kondisi ini akan memengaruhi kemampuan mereka menyusui bayi. Apakah memang benar? Yuk, cari tahu!

Faktor Penyebab Payudara Besar Sebelah

payudara besar sebelah

Payudara besar sebelah, atau dikenal dengan payudara asimetris, adalah kondisi ketika sepasang payudara wanita memiliki perbedaan dalam ukuran, bentuk, posisi, atau volume kedua payudara.

Payudara besar sebelah sudah dapat dilihat sejak masa remaja. Di masa pubertas ini, mungkin saja payudara yang satu berkembang lebih cepat dibanding payudara lainnya. Faktor penyebabnya bisa jadi karena payudara yang satu memiliki lebih banyak jaringan payudara, atau karena payudara yang satu lebih sensitif terhadap hormon estrogen.

Biasanya ukuran payudara yang satu akan lebih besar sebanyak 20% daripada payudara lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, ukuran payudara mendekati menjadi ukuran yang sama. Bila sampai dewasa payudara masih menunjukkan perbedaan ukuran, biasanya perbedaaan ukuran ini tidak akan berubah seumur hidup.

Ukuran payudara juga akan berubah saat hamil, atau menstruasi yang biasanya diikuti dengan keadaan payudara yang lebih sensitif dari biasanya. 

Jika tidak disebabkan oleh hormon, payudara besar sebelah umumnya terjadi akibat keturunan. Bila ibu atau nenek kandung memiliki payudara dengan bentuk dan ukuran yang tidak simetris, payudara Bunda juga kemungkinan besar memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Alasan Medis Payudara Besar Sebelah

payudara besar sebelah

Payudara memiliki ukuran yang berbeda bisa saja disebabkan oleh kondisi medis Bunda seperti:

Atypical Ductal Hyperplasia

Adalah pertumbuhan jaringan berlebihan di saluran susu payudara. Kondisi ini bukan kanker, tapi bisa meningkatkan risiko kanker.

Hypoplastic Breasts (Payudara Hipoplastik)

Disebut juga payudara yang tidak berkembang. Kondisi medis ini menunjukkan payudara kecil, tipis, jaraknya berjauhan, berbeda satu sama lain, termasuk bagian areola. Kondisi ini bisa disebabkan masalah hormon atau cedera.

Juvenile Hypertrophy

Kondisi saat salah satu payudara berukuran lebih besar secara signifikan. Hal ini dikatakan terjadi karena pengaruh hormon. Juvenile Hypertrophy dapat diperbaiki melalui operasi.

Bisakah Payudara Besar Sebelah Menyusui?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perbedaan ukuran payudara tidak selalu disebabkan oleh kondisi medis yang membahayakan. Oleh karena itu, bila Bunda memiliki payudara besar sebelah, tidak perlu membuat Bunda berhenti menyusui Si Kecil. 

Saat menyusui, ukuran payudara akan membesar 2-3 kali lipat. Dan terkadang, kedua payudara tidak memiliki besar yang sama. Hal ini biasanya terjadi pada beberapa minggu setelah proses kelahiran. Saat itu, pasokan ASI di dalam payudara masih dalam proses penyesuaian. 

Pada saat menyusui, payudara besar sebelah biasanya juga dapat terjadi akibat Si Kecil terlalu sering menyusu pada salah satu payudara saja. Payudara yang sering digunakan oleh bayi untuk menyusu ini akan lebih terangsang dan memproduksi lebih banyak susu sehingga ukurannya lebih besar.

Mengatasi Payudara Besar Sebelah Saat Menyusui

Ada banyak Bunda yang mungkin was-was dengan kemampuannya menyusui saat menyadari punya payudara besar sebelah. Namun jangan takut Bun, karena Bunda tetap dapat menyusui. Coba lakukan beberapa hal ini:

Aktifkan payudara yang jarang digunakan

Bila SI Kecil lebih memilih salah satu payudara, cari tahu apa penyebabnya. Dengan demikian, Bunda dapat memberikan kenyamanan pada bayi sehingga ia mau menggunakan payudara yang jarang digunakan. 

Gunakan pompa

Bunda dapat juga merangsang payudara untuk menghasilkan ASI lebih banyak dengan memompanya. Dengan demikian, ukuran payudara menjadi sama.

Pijat payudara

Memijat payudara juga menjadi cara menstimulasi terbentuknya ASI. Lakukan pijatan memutar dan ke arah areola selama 10-15 menit selama beberapa kali dalam sehari.

Gunakan padding

Penggunaan padding atau pengganjal dapat menjadi solusi untuk memperbaiki penampilan payudara Bunda yang tidak seimbang.

Payudara besar sebelah merupakan kondisi yang banyak dialami oleh perempuan, jadi Bunda tidak sendirian dan tidak perlu minder. Meski ukuran kedua payudara tidak sama, Bunda tetap bisa menyusui.

Bila Bunda masih khawatir dengan payudara besar sebelah, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.

Sumber:

Hello Sehat. 2020. Payudara Besar Sebelah, Apakah Ini Normal?

Sehatq. 2020. Penyebab Payudara Besar Sebelah saat Menyusui dan Cara Mengatasinya.

Sehatq. 2019. Payudara Besar Sebelah, Wajarkah Mengalaminya?

Verywell Health. 2011. Why Are My Breasts Uneven?

Healthi Nation. 2018. Is It Normal to Have Different-Sized Breasts?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *