Persiapan Ibu Menyusui Ikut Vaksinasi COVID-19

persiapan vaksin ibu menyusui

Kementerian Kesehatan telah memberi lampu hijau ibu menyusui ikut vaksinasi COVID-19 melalui Surat Edaran nomor HK.02.02/I/368/2021. Bunda tentu tak ingin ketinggalan untuk melakukannya untuk mengurangi dampak fatal dari infeksi virus SARS-CoV-2 bagi Bunda, dan secara tak langsung bagi bayi.

Keamanan Ibu Menyusui Ikut Vaksinasi COVID-19

persiapan vaksin ibu menyusui

Mungkin awalnya Bunda sempat ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19, apalagi informasi yang beredar bisa sangat membingungkan. Bunda tak perlu khawatir karena berbagai lembaga kesehatan dunia telah menyatakan kalau ibu menyusui ikut vaksinasi COVID-19 itu aman, di antaranya WHO, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat, dan NHS (National Health Service) Inggris. 

Menurut Dr. Soumya Swaminathan, Chief Scientist WHO, ibu menyusui dapat melakukan vaksinasi COVID-19 dan dianjurkan untuk melakukannya. Tidak perlu khawatir karena berbagai jenis vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan tidak ada yang menggunakan virus hidup jadi tidak berisiko untuk terjadinya transmisi ke bayi lewat ASI.

Ibu menyusui ikut COVID-19 malah bermanfaat bagi bayi, karena antibodi yang diciptakan dari vaksinasi dapat masuk ke ASI dan berpindah ke bayi. Ini dapat memberi perlindungan bagi bayi dari virus SARS-CoV-2 walaupun pasif. Ini sangat penting terutama jika Bunda tinggal di daerah rentan dengan penderita COVID-19 yang tinggi.

Lakukan Ini Sebelum Mendaftar Vaksinasi COVID-19

Sebelum Bunda mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi Bunda sehat dan bugar. 

Selain itu, untuk memastikan juga bahwa vaksinasi tidak akan memberi dampak yang fatal bagi Bunda dan bayi.

Vaksinasi COVID-19 tidak dapat dilakukan kepada orang dengan kondisi berikut:

  • Sedang tidak sehat, misalnya sedang pilek, batuk, atau gejala lainnya yang bisa jadi merupakan gejala dari infeksi virus SARS-CoV-2.
  • Sedang menunggu hasil tes COVID-19.
  • Memiliki hasil tes COVID-19 yang positif dan sedang menjalani isolasi.
  • Sedang dikarantina.
  • Melakukan kontak erat dari penderita COVID-19. 

Memperkaya pengetahuan Bunda tentang ibu menyusui ikut vaksinasi COVID-19 juga perlu dilakukan. Selain berkonsultasi dengan dokter, Bunda juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan dari sumber terpercaya. Jika ada informasi yang membingungkan, Bunda bisa menanyakannya langsung ke dokter. Bunda bisa memanfaatkan teknologi telemedicine sehingga tidak perlu datang ke rumah sakit. 

Persiapan Mengikuti Vaksinasi COVID-19

Setelah Bunda sudah yakin akan ikut vaksinasi COVID-19 dan mendapat izin dari dokter, maka segeralah untuk mendaftarkan diri. Jika sudah mendapatkan jadwal vaksin, jangan lupa untuk melakukan persiapan-persiapan berikut ini:

  • Persiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, surat domisili, dan surat keterangan kerja dari perusahaan.
  • Istirahat yang cukup dengan tidur selama 8-9 jam pada malam sebelum vaksinasi.
  • Susui bayi terlebih dahulu dan jika masih tersisa ASI, kosongkan payudara dengan memompanya.
  • Pastikan Bunda telah sarapan yang cukup dengan menu makanan yang bernutrisi.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan pastikan bagian lengan mudah dibuka.
  • Tidak perlu panik dan deg-degan sebelum vaksinasi, karena dapat membuat detak jantung Bunda meningkat.

Di lokasi vaksinasi, Bunda harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker dua lapis, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Bunda akan mendapatkan paracetamol untuk diminum jika Bunda kemudian mengalami demam dan nyeri. Jika tidak disediakan, maka Bunda bisa membelinya sepulang dari vaksinasi.

Untuk ibu menyusui ikut vaksinasi COVID-19, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi paracetamol sebelum vaksinasi dengan alasan untuk mengantisipasi munculnya KIPI dari vaksinasi. Dikhawatirkan, konsumsi obat tersebut sebelum vaksinasi malah akan memengaruhi kerja vaksin setelah disuntikkan. 

Ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan detail ke dokter sebelum melakukan vaksinasi agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Sumber:

World Health Organization. 2021. Episode #41 – Vaccines, Pregnancy, Menstruation, Lactation and Fertility.

Australian Government. 2021. Preparing for Covid-19 Vaccination.

Alomedika. 2021. Vaksinasi COVID-19 Pada Wanita Hamil Dan Menyusui.

Kontan. 2021. 7 Tips Sebelum Ibu Menyusui Ikut Vaksinasi Covid-19.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *