Bingung Memilih Bra Menyusui yang Tepat? Ini Bocorannya

cara memilih bra menyusui

Bunda yang sedang menyusui tentunya sudah cukup direpotkan oleh berbagai aktivitas merawat Si Kecil. Oleh karena itu, memiliki dan menggunakan perlengkapan menyusui menjadi hal yang esensial karena bisa meringankan tugas. Salah satunya dengan memiliki bra menyusui yang nyaman. Ini tips memilih bra menyusui yang tepat.

Alasan Perlunya Menggunakan Bra Menyusui 

cara memilih bra menyusui

Saat menyusui, payudara Bunda akan mengalami perubahan besar, seperti berikut:

  • Ukuran payudara Bunda akan lebih besar dari biasanya karena berisi ASI .
  • Payudara Bunda akan lebih sensitif dan terasa sakit dengan berbagai gesekan.
  • Akan terjadi rembesan ASI yang bisa muncul di pakaian.
  • Sewaktu-waktu akan menyusui baik di dalam maupun luar ruangan.

Dengan segala kondisi ini, tentunya Bunda tidak dapat menggunakan bra biasa. Bunda memerlukan bra khusus yang dapat memfasilitasi semua kondisi tersebut agar tidak mengganggu proses menyusui.

Bunda dapat mulai menyiapkan membeli bra menyusui sebulan sebelum kelahiran. Sebab, saat itu ukuran payudara Bunda paling mendekati ukuran saat menyusui. Paling cepat, Bunda bisa membeli nursing bra saat memasuki trimester ketiga.

Jika Bunda ingin menyusui secara eksklusif selama enam bulan sampai satu tahun, 3-7 buah bra menyusui dengan kualitas bagus cukup untuk persediaan.

Cara Memilih Ukuran Bra Menyusui

Payudara wanita akan membesar saat hamil dan menyusui. Tambahkan satu nomor cup dan lingkar dada dari biasanya jika Bunda membeli bra untuk dipakai saat hamil trimester ketiga. 

Bunda juga perlu menambahkan satu nomor cup lagi bila Bunda ingin membeli nursing bra saat hamil. Setelah delapan minggu menyusui, lingkar dada akan kembali normal namun ukuran cup naik satu nomor dari ukuran sebelum hamil. 

Jadi, misalnya sebelum hamil ukuran bra Bunda 36A, maka di akhir kehamilan ukuran bra Bunda jadi 38B dan saat menyusui menjadi 38C. Dua bulan setelah melahirkan, ukuran bra Bunda menjadi 36B.

Bagian Penting Bra Menyusui

Bra untuk menyusui memiliki beberapa tipe, yang bisa dipilih sesuai dengan kegunaannya. Tipe bra dengan bukaan atas, cara bukanya dengan melepaskan pengait pada bagian strap, yang memudahkan Bunda menyusui untuk melepas bra tanpa merusak bahannya.

Tipe bra dengan bukaan depan, bisa dibuka dengan lebar karena ada kancing di bagian cup bra depan. Tipe bra bukaan depan ini, biasa digunakan saat Bunda masih dalam masa persalinan. Sedangkan bukaan silang memiliki bukaan cup bra yang menyilang atau overlapping.

Tiga bagian bra yang perlu Bunda perhatikan sebelum membeli bra menyusui adalah:

Bagian punggung

Pilih bra yang mampu membungkus rapat payudara namun tetap nyaman di bagian punggung. Jika karet bra yang Bunda kenakan cenderung naik di bagian belakang, berarti ukuran bra terlalu besar. Sebaliknya, kalau bagian bawah dada atau belakang bra terlalu ketat dan membuat Bunda sesak, maka ukuran bra terlalu kecil.

Tali pengikat

Pilih tali yang memberi rasa nyaman pada bahu saat dikenakan. Apabila tali tersebut menempel terlalu ketat pada kulit bahu, maka tandanya Bunda harus mengendurkan tali tersebut. Begitu pun dengan mangkuk atau cup payudara apabila tidak mampu menopang payudara secara keseluruhan, tandanya tali pengikat bra terlalu panjang dan harus dipendekkan.

Cup

Sebelum membeli bra, pastikan apakah payudara Bunda tidak sampai menyembul keluar dari balik cup atau tertekan di samping ketiak. Teruslah mencoba berbagai ukuran sampai Bunda benar-benar puas dan menemukan maternity bra yang paling cocok.

Tips Memilih Bra Menyusui yang Nyaman

Agar tidak salah beli dan proses menyusui tetap nyaman, coba lakukan ini saat membeli bra menyusui.

  • Pilih bahan bra menyusui yang menyerap keringat agar nyaman saat dipakai, misalnya 100% katun.
  • Hindari bra menyusui yang memiliki jahitan di bagian dalam karena bisa mengenai puting yang sensitif.
  • Pilih bra menyusui dengan kaitan cup yang mudah dipasang dan dibuka dengan satu tangan. Sebab, satu tangan lagi akan dipakai untuk menggendong bayi yang ingin segera menyusu.
  • Pilih bra menyusui tanpa kawat, terutama jika dipakai di minggu awal kelahiran. Sebab, kawat pada bra bisa menghalangi jaringan penghasil susu. Namun jika ukuran payudara Bunda  sangat besar dan membutuhkan penyangga yang lebih kuat, Bunda bisa memilih bra kawat.
  • Pilih bra yang memiliki bukaan besar agar mudah mengeluarkan payudara saat menyusui, namun tetap harus menopang buah dada dari bawah ketika cup dibuka. 
  • Pastikan ada celah kosong sebesar dua jari di bawah bra dan tangan Bunda cukup untuk masuk ke dalam cup jika ingin memasang bantalan menyusui (breast pad).

Sekarang Bunda sudah tahu cara memilih bra menyusui yang benar. Bunda juga bisa meminta saran teman atau keluarga yang pernah menyusui untuk mendapatkan kiat-kiat agar tidak salah beli. Nikmati masa-masa persiapan menyusui ini agar Bunda tetap bahagia yang merupakan faktor yang juga ikut melancarkan produksi ASI.

Sumber:

Mom Junction. 2021. 8 Most Important Tips To Buy A Right-Fit Pregnancy Bra.

Ibupedia. Tips Memilih Bra untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

Mother and Baby. 2020. Buat New Moms, Ini Tips Memilih Bra Menyusui yang Tepat.

Orami. 2019. Bra Berkawat Penyebab Kanker Payudara, Fakta atau Mitos?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *