Amankah Membuat Tato Saat Hamil?

membuat tato saat hamil

Ada aktivitas-aktivitas yang harus dikurangi bahkan sebaiknya tidak dilakukan saat Bunda menjalani kehamilan, misalnya minum kopi lebih dari dua gelas dalam sehari atau melakukan olahraga ekstrem. Bagaimana dengan membuat tato saat hamil? Bunda harus mempertimbangkan untung-ruginya dengan seksama saat ingin melakukannya.  

Tidak Ada Aturan Khusus untuk Ibu Hamil

membuat tato saat hamil

Ada berbagai alasan yang membuat ibu hamil ingin membuat tato. Bisa jadi karena ia ingin merayakan momen penting dalam hidupnya, yaitu kehamilan, melalui pembuatan tato.

Namun mengingat kondisi yang sedang hamil, perlukah ibu hamil menundanya?

Sebenarnya tidak ada aturan khusus yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan di dunia mengenai pembuatan tato saat hamil.

Sampai saat ini juga, belum ada penelitian atau studi khusus yang dilakukan terhadap ibu hamil mengenai pembuatan tato. Karena itu, masih belum ada kejelasan mengenai aman atau tidaknya pembuatan tato pada ibu hamil.

Jadi keputusan untuk membuat tato ada di tangan Bunda. Pertimbangkan dengan baik segala sesuatunya, terutama risiko pembuatan tato terhadap kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan mengenai hal ini. 

Tak ada salahnya juga untuk menghubungi komunitas pecinta tato untuk menanyakan info tentang pembuatan tato pada ibu hamil.   

Berbagai Risiko Pembuatan Tato saat Hamil

Hal penting yang harus Bunda pertimbangkan saat ingin membuat tato adalah risikonya. Ada beberapa risiko yang harus mendapat perhatian serius dari Bunda karena dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, yaitu:

Infeksi

Saat membuat tato, Bunda berpotensi mengalami infeksi akibat bakteri dan virus. Infeksi akibat bakteri bisa terjadi saat luka akibat tato terpapar bakteri akibat perawatannya yang tidak optimal.

Infeksi akibat bakteri ini dapat berkembang menjadi selulitis, yaitu infeksi bakteri di jaringan bawah kulit. Bakteri kemudian bisa masuk ke aliran darah dan menjadi sepsis.

Sementara infeksi akibat virus bisa terjadi akibat penggunaan jarum dan peralatan tato yang tidak higienis.

Jarum tato yang tidak steril dapat meningkatkan risiko Bunda mengalami infeksi virus melalui aliran darah, yaitu Hepatitis B, Hepatitis C, dan HIV. Semua infeksi ini dapat ditularkan Bunda ke janin dengan tingkat yang berbeda-beda.

Reaksi kulit terhadap zat warna tato

Sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai dampak zat pewarna tato terhadap kehamilan. Ada kemungkinan bahan-bahan kimia yang terdapat di pewarna tato dapat memengaruhi tumbuh kembang janin terutama pada trimester pertama kehamilan, tapi risikonya belum diketahui.

Tidak bisa mendapatkan epidural

Jika Bunda membuat tato di punggung bagian bawah, maka ada kemungkinan Bunda tidak mendapatkan epidural saat proses melahirkan berlangsung.

Kemungkinan ini bisa terjadi jika Bunda mengalami infeksi akibat tato tersebut. Saat tato infeksi atau dalam proses penyembuhan, maka dokter kemungkinan besar tidak akan memberikan Bunda epidural.

Membuat Tato saat Hamil dengan Aman

Jika keputusan Bunda sudah bulat untuk membuat tato saat hamil, maka pastikan Bunda melakukannya dengan aman. Caranya adalah dengan:

  • Memilih studio tato yang memiliki reputasi baik, bersih, dan artis tatonya merupakan praktisi yang profesional di bidangnya.
  • Menanyakan prosedur pembuatan tato di studio tersebut, dari awal sampai akhir. Pastikan sudah memenuhi persyaratan Bunda mengenai kehigienisan tempat dan perlengkapan yang digunakan saat membuat tato.
  • Tanyakan mengenai tinta yang digunakan untuk membuat tato, apakah mengandung metal atau tidak. 
  • Sampaikan bahwa Bunda sedang hamil dan tanyakan bagaimana kebijakan mereka tentang pembuatan tato saat hamil.

Perlu juga Bunda mencari informasi yang detail dan akurat tentang perawatan luka tato setelah prosedur pembuatan tato berlangsung. Dengan demikian, Bunda dapat terhindar dari risiko infeksi.

Berkonsultasilah kepada dokter kandungan tentang apa yang harus Bunda lakukan untuk merawat tato yang baru Bunda buat.

Sumber:

Grow by WebMD. 2021. Is it Safe to Get a Tattoo While Pregnant?

American Pregnancy Association. Tattoos during Pregnancy.

Medical News Today. 2019. Getting A Tattoo While Pregnant or Breast-Feeding.

Verywell Family. 2021. Can You Get a Tattoo While Pregnant?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *